12 Rekomendasi Set Top Box serta cara memilih yang aman.

12 Rekomendasi Set Top Box


Rekomendasi Set Top Box ini bentuk respon dari Kebijakan pemerintah yang Secara resmi mulai terhitung dari tanggal 2 November 2022 mengalihkan siaran TV analog ke TV Digital. Hal ini berdasar pada Peraturan Menteri No. 11/2021 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 6/2021.

Alasan tersebut membuat masyarakat yang awalnya menikmati siaran TV analog, harus migrasi ke siaran TV digital dengan menggunakan set top box yang aman.

Pengertian Set Top Box

Sebelum kita membahas rekomendari Set Top Box serta cara memilih yang aman alangkah lebih baiknya kita ketahui apa pengertian Set Top Box?  

Set Top Box (STB) atau yang biasa dikenal dengan dekorder merupakan perangkat yang dapat menagkap sinyal digital yang kemudian dapat ditampilkan pada TV analog

Antena yang Digunakan Saat Menggunakan Set Top Box

Antena yang digunakan untuk menangkap siaran digital melalui Set Top Box tidak memiliki spesifikasi tertentu, berbeda dengan ketika kita memilih STB. Memilih STB spesifikasinya harus mendukung DVB-T2 oleh karenanya perlu rekomendasi Set Top Box serta cara memilih yang aman sebelum anda membeli.

Anda bisa menggunakan antena sebelumnya yaitu antena yang biasa anda pakai untuk menonton siaran TV analog yakni antena UHF (Ultra High Frequency) baik yang indor (dalam ruangan) maupun outdoor (luar ruangan) untuk hal ini tidak ada hubungannya dengan Rekomendasi Set Top Box tapi kami rasa perlu disampaikan supaya anda tidak asal ganti antena.

Yang jelas untuk antena anda tidak perlu menggantinya, jika antena yang di rumah masih bagus. Hanya saja yang perlu dibedakan antena tidak langsung dihubungkan pada TV melainkan disambungkan pada port "ANT IN" di Set Top Box.

Bisakan 1 Set Top Box untuk 2 TV?

Menjadi hal lumrah satu rumah memiliki lebih dari satu TV. lantas apakah ketika TV masih belum digital kita harus membeli Set Top Box seperti jumlah TV yang kita punya?

Disinilah pentingnya rekomendasi Set Top Box serta cara memilih yang aman. karena satu Set Top Box bisa di pakai untuk 2 TV yang belum didukung oleh sinyal digital. Sehingga anda bisa berhemat serta tidak perlu mengeluarkan banyak uang.


Cara Pasang Set Top Box untuk 2 TV

Sekali lagi sebelum kita masuk pada rekomendasi Set Top Box serta cara memilih yang aman perlu saya jelaskan pada anda cara pasang 1 Set Top Box untuk 2 TV.

1. Sambungkan kabel antena pada Set Top Box.
2. Sambungkan Kabel RCA (merah, kuning, putih) pada Set Top Box dan TV.
3. Sambungkan kabel HDMI dari Set Top BOx ke TV LED.

Sekedar informasi, metode ini dapat dilakukan jika TV di rumah merupakan TV Tabung yang menggunakan kabel RCA. dan TV LED yang menggunakan kabel HDMI.


Tips Memilih Set Top Box

Tips memilih Set Top Box ini bertujuan supaya anda tidak salah memilihnya. sehingga ketika kami memberi rekomendasi Set Top Box bisa anda gunakan dengan aman.

1. Memiliki Sertifikat Kominfo

Langkah awal untuk memilih Set Top Box adalah memperhatikan apakah memiliki sertifikat kominfo atau tidak, karena jika memiliki sertifikat berarti ada jaminan bahwa Set Top Box anda bisa di gunakan.

Selain itu, perhatikan tanda berupa DVB-T2 atau MODI pada Set Top Box sehingga bisa menangkap siaran TV digital.

2. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Sekarang banyak kita temui beberapa jenis Set Top Box dari harga murah hingga paling mahal dan nanti kami beri rekomendasi Set Top Box. Ada yang dapat di hubungkan langsung dengan internet seperti youtube, tiktok dan lain sebagainya. 

Hanya saja anda perlu memilihnya sesuai kebutuhan. jika anda tidak butuh yang terhubung ke internet silahkan membeli Set Top Box yang tidak memiliki fitiur internet.

3. Melihat Review 

Langkah ketiga yaiut anda harus mengetahui review produk dan toko yang akan anda beli lebih dalam sehingga anda tidak salah dalam memutuskan Set Top Box yang akan anda beli.

Jika anda membelinya melalui e-comerce maka yang harus anda perhatikan adalah komentar dari pembeli yang menuliskan responnya melaui ulasan toko.

12 Rekomendasi Set Top Box Yang Aman

1. Matrix Apple DVB-T2

Matrik Apple DVB-T2



Posisi pertama produk Set Top Box TV digital adalah Matrix Apple DVB-T2, hal tersebut berdasarkan produsen penyedianya sudah sangat populer sebagai penyedia receiver parabola.

Untuk merespon permintaan pasar Matrix dalam hal ini mengeluarkan Matrix Apple DVB-T2 yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang sangat terjangkau. anda dapat memilikinya di kisaran harga Rp. 230.000 hingga Rp. 334.000. 

2. Politron DVB-T2 PDV 600 T2

Politrin DVB-T2 600T2


Politron sebagai produsen barang elektronik tentu tidak akan kalah dengan matrix dalam meluncurkan produk Set Top Box TV digital. Salah satu produk terbaru politron yang munkin anda cari rekomendasi Set Top Box adalah Politrin DVB-T2 600T2. Masalah kualitas tentu tak perlu di perdebatkan lagi.

Set Top Box ini juga dilengkapi dengan fitur peringatan dini (EWS). sehingga dapat berfungsi akan jadi pengingat ketika akan terjadi bencana di wilayah anda. anda bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp. 375.000.

3. STB Tanaka DVB-T2 

STB Tanaka DVB-T2


Rekomendasi Set Top Box berikutnya adalah STB yang dikeluarkan oleh produsen Tanaka yaitu STB Tanaka DVB-T2 seperti Set Top Box yang diluncurkan oleh politron di sini juga terdapat peringatan dini jika terjadi bencana. dan sudah memiliki sertifikat dari KOMINFO. Harga di kisaran Rp. 235.000.

4. Visat U1 DVB-T2 

Visat U1 DVB-T2

Walau set topbox TV digital ini tidak lumrah di telinga, Namun Visat U1 adalah salah satu rekemendasi set top box yang tidak bisa kita kesampingkan. Karena fiturnya lengkap dan biayanya tidak menguras kantong.

Alasan selanjutnya pada set top box ini telah didukung oleh DVB-T2, MPEG-2, MPEG-4 serta dapat merekam siaran TV favorit di saat anda tidak bisa melihatnya secara langsung dengan menggunakan fitur PVR, dalam set top box TV digital ini sudah dilengkapi dengan resolusi full HD, dan dapat menyimpan hingga ribuan channel TV dan program radio. Anda dapat memilikinya dengan harga Rp. 280.000an.

5. Evercoss STB DVB-T2


Evercoss STB DVB-T2

Rekomendasi set top box selanjutnya adalah evercoss STB DVB-2. dalam TV digital ini sudah dilengkapi dengan kualitas gambar yang sudah full HD, sehingga dapat memanjakan mata anda saat menonton siaran TV digital ini.

Alasan selanjutnya  smengapa saya memberi rekomendasi set top box ini karena STB ini juga bisa meekam siaran yang sedang berlangsung, dan dilengkapi dengan beberapa port yaiutu port HDMI, USB, dan WIFi dongle. Jika anda membeli set top box anda cukup mengeluarkan harga Rp. 189.000-Rp. 229.000an saja.


6. Kaonsat 899 HD DVB-T2

 
Kaonsat 899 HD DVB-T2


Jika anda ingin memiliki STB yang berkualitas sedangkan TV anda masih jadul? Maka rekomendasi set top box kaonsat 899 HD DVB-T2 menjadi pilihan paling tepat. Selain untuk TV Tabung set top box ini juga bisa digunakan untuk TV yang lebih modern seperti TV LED dan LCD.

Untuk antena anda bebas mau menggunakan jenis anda seperti apa, asalkan antena yang anda gunakan masih berfungsi. seperti set top box sebelumnya, STB ini juga bisa merekam siaran yang yang sedang berlangsung dengan menggunakan HDD atau flashdisk. Rp. 270.000an saja.

7. Advance STB DVB-T2

Advance STB DVB-T2

Rekomendasi set top box ke-7 adalah Advance STB DVB-T2 produk ini memiliki resolusi yang sangat tinggi dengan output STB sangat jernih membuat anda betah berlama-lama di depan TV.

Untuk jenis antena yang bisa digunakan pada set top box ini tidak ada batasan, hanya saja jika tempatmu minim sinyal alangkah lebih tepatnya jika menggunakan antena outdoor. alasan kenapa produk ini menjadi rekomendasi set top box karena mimiliki port, USB, HDMI, AV, dan WIFi. anda bisa memilikinya dengan harga Rp. 200.000an saja.

8. NGY Digital STB DVB-T2

NGY Digital STB DVB-T2

Rekomendasi set top box lainnya adalah NGY Digital STB DVB-T2. Seperti Set Top Box lainnya produk ini bisa menangkap siaran digital sehingga dapat anda gunakan untuk jenis TV tabung. Sehingga anda tidak perlu membeli TV baru.

Set top box ini memiliki fitur antara lain personal video recorder dengan kualitas resolusi yang tinggi dalam set top box ini juga menyediakan fitur Media Player, dan Yuotube, namun jika anda ingin menggunakan youtube anda harus memiliki USB WIFi receiver. harga produk ini di kisaran Rp. 230.000an.


9. Xtreamer Bien 3 DVB-T2

 Xtreamer BIEN 3 DVB-T2

Rekomendasi set top box selanjutnya adalah Xtreamer Bien 3 DVB-T2. Set top box ini seperti set top box lainnya yang sudah menggunakan resolusi 1080p. jika anda ingin menonton saluran TV yang banyak mulai dari saluran TV lokal hingga Internasional mungkin ini menjadi rekomendasi set top bok paling terdepan.

Selain itu Set Top Bok ini memiliki fitur yang sangat beragam seperti, parental lock(mengunci chanel dewasa supaya tidak di tonton oleh anak dibawah umur), Early warning system (peringatan prabencana), time shifing (menjeda siaran). harganya lumayan murah Rp. 334.000an saja.


10. Skybox DVB-T2

Skybox DVB-T2

Rekomendasi set top box kesepu;luh adalah Skybox DVB-T2. Set top box ini menjadi paling banyak dicari dan paling laris di pasaran karena menawaarkan gambar dan suara yang lebih jernih karena di dukung oleh resolusi yang tinggi.

Seperti bberapa set top box sebelumya pada set top box ini juga bisa digunakan untuk merekam, dan jika anda ingin memutar media dengan format .mp4 dan lainnya, maka produk ini menjadi terdepan yang kami rekomindasi set top box untuk anda miliki. Harganya di kisaran Rp. 410.000an saja.


11. Venus DVB-T2

Venus DVB-T2

Selanjutnya rekomendasi set top box adalah Venus DVB-T2. Set top box ini merupakan produk terbaik di kelasnya karena mampu menawarkan tuner yang lebih sensitif dari set top box lainnya. 

Produk asli indonesia ini sama halnya dengan beberapa set top box sebelumnya yakni juga menyediakan fitur early warning system namun untuk ke akuratan datanya jauh lebih baik dari pada yang lain. selain itu produk ini juga memiliki ketahanan sinyal yang bagus sehingga bisa digunakan dimana saja. Harganya Rp. 205.000an.

12. Welhome Set Top Box DVB-T2

Welhome Set Top Box DVB-T2

Rekomendasi Set Top Box terakhir adalah Welhome Set Top Box DVb-T2. Produk ini memiliki tampilan jernih dengan harga yang sangat terjangkau. selain itu bagi anda yang suka menonton youtube dan tik tok dalam set top bok ini memiliki fitur yang cocok dan akan sangat memuaskan anda. Rp. 200.000an.


Kesimpulan

Demikian artikel yang membahas tentang rekomendasi set top box dan cara memilih yang aman. carilah set top box yang sesuai dengan kebutuhan anda dan lihat pula review dari orang yang sudah membeli di koto tersebut sehingga anda bisa berada di itik lebih aman.