50+ PELUANG USAHA DI DESA BAGI PEMULA

Pembuatan Carang Mas yang di lakukan oleh warga desa

Sudah menjadi permasalahan umum di desa yang berada di Indonesia yakni minimnya lapangan pekerjaan, hal ini menyebabkan pemuda yang berada di desa hidup menganggur tanpa pemasukan sedikitpun.

Karena alasan tersebut banyak sekali kita temui anak muda yang lebih memilih merantau ke kota dengan alasan lapangan pekerjaan lebih terbuka luas. 

Ada juga yang menyebutnya dengan istilah ngadu nasib. entah apapun sebutannya fenomena tersebut sudah sangat lumrah di negara ini.

Alasan Usaha Di Desa Sangat Potensial

Ada banyak alasan mengapa anda harus membuka usaha di desa. hal ini di karenakan membuka usaha di desa sangatlah potensial bagi anda. Berikut salah satu alasan mengapa anda harus membuka usaha di desa. 

1. Minimnya kompetitor. Alasan mengapapa peluang usaha di desa sangat besar adalah karena minimnya kompetitor atau pesaing. tidak seperti di kota hampir setiap titik rumah memiliki usaha yang beragam.

2. Kebutuhan warga tidak sepenuhnya tercukupi. Alasan selanjutnya mengapa peluang usaha di desa sangat potensial adalah banyak masyarakat kebutuhan hidupnya tidak sepenuhnya dapat tercukupi, sehingga mereka harus keluar desa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tips Memilih Peluang Usaha Di Desa Bagi Pemula

Menganalisa kebutuhan Masyarakat

Bagi anda seorang pemula untuk memilih peluang usaha di desa yang perlu anda lakukan adalah menganalisa kebutuhan masyarakat. 

Contoh jika anda hidup di lingkungan pertanian mungkin warga akan membutuhkan pupuk atau obat-obatan pertanian jadi anda bisa buka toko pertanian.

Jika lingkungan anda dekat dengan sekolah atau perkantoran anda bisa membuka tempat percetakan dll.

1     Melihat Potensi Desa

     Setiap desa tentu memiliki potensi yang berbeda, hal ini menjadi alasan mengapa peluang usaha di desa berbeda. Contoh Jika di desa anda memiliki potensi singkong mungkin anda bisa mengolahnya menjadi kripik (usaha kripik kingkong)

3.      Memilih Usaha Yang Cocok di Desa

Tips selanjutnya memilih usaha yang cocok di desa. kenapa kita harus memilih usaha yang cocok di desa? 
Hal ini dikarenakan usaha yang dilakukan berdasarkan hobi, dan pengetahuan kita biasanya akan lebih serius di jalankan. 
Contoh jika anda hobi main futsal mungkin peluang usaha di desa anda adalah menyewakan lapangan untuk main futsal, atau jika anda hobi main bulu tangkis anda bisa usaha raket dan lain sebagainya.

4.       Memilih Usaha Yang Tidak Sepi Di Desa

Memilih peluang usaha di desa yang tidak sepi tentu tidaklah mudah dan juga tidak sulit. namun jika kita sudah melakukan analisa kebutuhan dan potensi usaha di desa saya yakin bisnis anda tidak akan sepi.

Daftar Peluang Usaha Di Desa

1. Usaha pupuk Pertanian
2. Toko Sembako
3. Usaha Cukur Rambut
4. Pertashop
5. Jual Pulsa
6. Kedai Makanan
7. Laundry
8. Warung Kopi
9. Ternak Sapi
10. Ternak Ayam
11. Ternak Lele
12. Ternak kambing
13. Tempat Fotocopy
14.Bengkel Motor
15. Les Bahasa Ingris
16. Les Pelajaran
17. Bengkel Motor
18. Rental PS
19. Penjahit
20. Usaha kripik Singkong
21. Pengepul Hasil Tani
22. Sewa Pesta Pernikahan
23. Tukang Pijat
24. Usaha Kayu atau mebel
25. Toko Kelontong
26. Toko Sayuran
27. Usaha Produksi Hasil Tani
28. Jasa Rias Pengantin
29. Jualan Pentol Keliling
30. Bertani
31. Berkebun
32. Jadi Jasa Pembuatan KTP.
33. Membuka Jasa Perpanjangan STNK
34. Koperasi Simpan Pinjam
35. Pencucian Motor dan Mobil
36. Menyewakan Alat Pertanian
36. Menyewakan Mobil Pick Up.
37. Jualan Ice Cream
38. Service HP 
39. Jasa Bidan
40. Buka Warnet
41. Studio Foto Sederhana
42. Jualan Online
43. Jualan Burung
44. Usaha Oleh-oleh Khas Desa
45. Usaha Tusuk Sate
46. Jualan Pakaian
47. Jual Beli Motor
48. Jual Beli HP
49. Toko Alat Sekolah
50. Jasa Tour Guide
51. Jadi Youtuber
52. Jadi Blogger

Selain daftar di atas tentu masih banyak lagi peluang usaha di desa yang bisa anda lakukan. Adapun yang perlu anda ketahui jika anda memulai bisnis anda harus tekun dan tidak cengeng karena dunia usaha tentu sangat berbeda dengan duanya seorang karyawan.

Teruslah berinovasi dan melihat celah dari keadaan sebaik mungkin sehingga usaha di desa yang anda kembangkan bisa menghasilkan kesuksesan.

Selanjutnya jangan lupa memperhitungkan besaran modal, tempat, dan target pemasaran seperti apa yang di butuhkan karena hal ini sangat penting di jadikan kiblat bagi anda seorang pemula yang ingin membuka bisnis di desa dari nol.

Itulah Asalan mengapa Peluang Usaha di desa sangat potensial dan tips memilih usaha serta daftar Usaha yang cocok anda lakukan di desa. segeralah menentukan keputusan dan tekunlah mengembangkan bisnis anda.