Alasan Mengapa Anda Harus Menemukan Potensi Diri

Ilustrasi potensi diri

Menemukan potensi diri merupakan alasan yang harus kita pertahankan. Banyak sekali orang yang rela mencarinya hingga ke tempat-tempat yang diyakininya mampu menjawab sesuatu itu. 

Sehingga sulit untuk mengembangkan, padahal jika kita mampu menemukan potensi dan bisa mengembangkannya, maka sungguh akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Setiap orang yang ada di dunia ini pasti memiliki potensi, baik kaya atau miskin, baik pejabat tinggi maupun rakyat kecil, semuanya memilikinya. Lantas sebenarnya apa potensi itu?

Potensi merupakan sebuah energi yang ada pada diri kita yang sangat mendukung kesuksesan masa depan kita. 

Apa yang kita lakukan dalam proses tersebut? yang harus dilakukan adalah mencari potensi diri dan memolesnya.

Setiap yang ada pada diri kita memiliki potensi yang luar biasa, misalkan tangan kita, coba  lihat tangan kita. Amatilah betapa banyak potensi yang ada pada tangan kita, banyak bukan?

Seperti menulis, memetik gitar, main bola volley dan lain sebagainya. Sebagai generasi harapan bangsa, sudahkah anda merenungkan akan hal itu?

Karena potensi yang kita miliki ada yang kelihatan dan ada yang terpendam, jika potensi kita kelihatan maka dengan mudah kita akan menjawabnya, bahkan orang lain pun bisa memberi penilaian pada diri kita. 

Tapi jika kita termasuk orang yang masih belum bisa menjawab apa potensi yang ada pada diri kita, maka yang bisa kita lakukan adalah menggali dengan tekun hingga potensi itu kelihatan.

Jika anda masih juga kesulitan menemukan potensi terpendam anda, jangan khawatir, memang menemukan potensi diri itu tidaklah semudah membalik telapak tangan. 

Menggali potensi diri membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Bersabarlah dan terus berjuang.

Ada kisah menarik yang pernah saya alami saat saya duduk di bangku kuliah, tepatnya saat saya semester 3 (tiga). 

Selesai saya kuliah, saya menghampiri salah seorang dosen yang tak lain merupakan seorang motivator, dalam kebimbangan saya berkata;  “Pak, saya sampai sekarang belum tahu potensi yang ada pada diri saya” dan beliau menjawab; “terus cari, karena menggali potensi itu tidak mudah terus lakukan sesuatu yang positif maka nanti dengan sendirinya kamu akan menemukan apa yang kamu cari itu”. Kata-kata itu tetap saya ingat sampai sekarang.

Membuka potensi diri merupakan cara yang sangat penting bagi kita untuk menemukan potensi yang ada dalam diri ini. 

Adapun caranya dengan membuat dasar-dasar keterampilan dan menambah wawasan kita untuk menghasilkan nilai tambah. Misalnya, membuat karya yang berguna bagi diri kita maupun orang lain. 

Namun ingat, jangan pernah puas dengan kemampuan yang kita miliki sekarang, teruslah asah semaksimal mungkin. Mungkin anda adalah orang yang sering memenangkan beberapa perlombaan, menjadi orang yang selalu peringkat satu di kelas, atau menjadi orang yang paling berprestasi di tempat kerja. 

Jangan pernah puas tetaplah lenturkan tanganmu pada kebaikan-kebaikan selanjutnya. Apa yang bisa kita lakukan setelah mendapat keberhasilan?

Potensi yang ada pada diri kita masih sangat banyak teruslah cari potensi itu dengan melakukan beberapa hal baru, yang belum pernah anda atau orang lain lakukan.