Cara Menentukan Tujuan Hidup Dan Cara Meraihnya

Tentukan tujuan hidup

Sebagai generasi bangsa ini, seperti apakah kehidupan yang anda inginkan dimasa depan? Apakah anda yakin dengan kehidupan itu? Jika jawabannya iya, maka anda termasuk orang yang beruntung, karena anda memiki sesuatu yang sangat berharga dalam hidup ini. 

Yakni impian. Kehidupan anda kedepan sangat ditentukan oleh apa yang anda impikan sekarang. Impian merupakan pandangan jauh kedepan baik jangka waktu menengah maupun panjang. So, bermimpilah karena tidak semua orang berani bermimpi.

“Tamatlah sudah harapan kami”, “Kami tidak seberuntung mereka” begitulah keluh kesah yang dimiliki orang yang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. 


Padahal kesempatan untuk memperbaiki hidup terbuka lebar untuk mereka, tapi sayang mereka enggan, bahkan untuk memikirkan impiannya saja mereka tidak berani, apalagi melakukannya. 


Ingat ini! Anda akan hidup sebagaimana yang anda fikirkan, jika anda berfikir gagal maka anda akan gagal dan jika anda berfikir sukses maka anda akan sukses. Allah tergantung prasangka hambanya. 


Mari kita belajar dari Jepang terkait hal ini. Setelah kekalahannya pada perang dunia ke-2 Jepang mengalami kondisi yang sangat sulit tepatnya pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 dimana saat itu kota Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh tentara sekutu. 


Dari kejadian itu semua sistem pemerintahan Jepang lumpuh total baik politik, ekonomi, sosial dan budaya. Namun apa yang dilakukan Jepang hingga menjadi negara maju seperti sekarang? Jawabannya adalah Jepang memulainya lagi dengan sebuah IMPIAN. 


Pada tahun 1950 semua elemen yang ada di negara Jepang berkumpul untuk menentukan cita-cita bersama terkait nasib Jepang yang akan datang. Dari pertemuan itu Jepang memutuskan untuk menjadi negara penghasil tekstil. 


Pada akhirnya, Jepang menjadi negara penghasil tekstil terbesar di dunia. Selanjutnya, mereka menetapkan untuk menjadi negara penghasill baja meski Jepang bukan termasuk negara penghasil biji besi.


Namun tekat terhadap visi mampu membuat Jepang menjadi negara penghasil baja terbesar di dunia. Pada tahun 80-an Jepang menjadi produsen mobil serta pada tahun selanjutnya Jepang mampu menjadi penghasil elektronik yang juga besar didunia. Dan semua karya itu dapat kita nikmati sekarang.


Dari hal itu, dapat kita pahami bagaimana mimpi mampu berperan sangat besar terhadap kemajuan bangsa Jepang. Dan sudah selayaknya kita sebagai manusia yang ingin memilki nasib terbaik harus memulainya. 


Banyak sekali orang merasa sudah berjuang keras, padahal mereka tidak kemana-mana. Mereka tidak memilki tujuan yang jelas yang mereka lakukan adalah rutinitas tanpa tujuan.

 

Allah sangat baik sama kita, yang mana Allah memberikan dua penglihatan, yang mampu menjadi pendorong bagi kesuksesan masa depan kita, dua penglihatan tersebut yakni:

1.      Penglihatan Mata

Cobalah anda lihat di sekeliling anda. Apakah yang anda lihat? Semua yang anda lihat itu, bentuk dari hasil penglihatan mata. 

Penglihatan mata hanya menunjukkan obyek yang ada di sekitar kita, penglihatan mata menunjukkan bentuk pohon-pohon, gedung, orang, hewan dan semua benda-benda yang berbentuk fisik lainnya. Penglihatan mata hanya membuat kita tahu keadaan disekitar (Realitas).

2.      Penglihatan Fikiran

Penglihatan fikiran tentu berbeda dengan penglihatan mata. Penglihatan fikiran melihat bukan ‘apa yang ada’ melaikan ‘apa yang bisa ada setelah dikelolanya’. 


Penglihatan fikiran berfungsi untuk bermimpi dan menentukan masa depan. Bagaimana kehidupannya kedepan?, bagaimana hubungan keluarga yang di inginkan?, serta bagaimana kekayaan yang di dambakan?. 


Jika penglihatan mata hanya melihat realitas, maka penglihatan fikiran melihat lebih dari itu yakni melihat dalam bentuk potensitas. 


Penglihatan fikiran melihat sesuatu yang belum terjadi atau belum ada, jika kita mampu melihatnya dari kedua hal tersebut maka akan melahirkan tujuan hidup yang sangat luar biasa, mata untuk mengetahui kondisi sedangkan fikiran menentukan tindakan terbaik yang bisa dilakukan.


Tidak semua orang mampu memilah tujuan hidupnya dengan baik. Banyak sekali orang menderita karena salah menetapkan tujuan hidupnya. 


Coba anda lihat orang di sekeliling anda, adakah orang yang kelihatannya sukses tapi disetiap detiknya penuh dengan frustasi dan tidak memiliki waktu yang menenangkan? Tentu saja ada. Saya membagi tujuan hidup menjadi tiga yakni:


a.      Tujuan Hanya Di Dunia

Banyak sekali di sekitar kita yang mengejar dunia sampai melupakan kehidupan yang kekal, yakni akhirat. Mereka bekerja tidak mengenal waktu, bahkan sampai menuhankan kekayaannya. 


Mereka merasa hanya dengan uang dan harta benda yang lain dia akan mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan, padahal semakin kita berfikir untuk dunia maka kita semakin jauh dengannya.

 

b.      Akhirat

Tipe yang kedua adalah orang yang hanya fokus pada kehidupan akhirat. Mereka enggan untuk menjadi orang kaya. Mereka sangat takut dengan kekayaannya, ia takut gila harta. Orang seperti inilah yang menyebabkan kenapa orang islam tertinggal. 


Bukankah islam Berjaya diantaranya karna para sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki kekayaan luar biasa? Bukankah Abu Bakar dan Sayyidina Ustman merupakan orang kaya dikala itu. 


Bagaimana mungkin islam bisa maju jika orang sholehnya enggan untuk kaya dan orang kayanya enggan sholeh.

 

c.       Dunia dan Akhirat

Dan jenis tujuan ini merupakan tujuan yang sangat dianjurkan oleh islam. Islam mengajarkan sebuah konsep keseimbangan (Balance)  yakni sukses dunia dan akhirat. 


Orang dengan tipe ini selain merasakan kenikmatan dunia juga tidak melupakan kehidupan akhirat, mereka menganggap dunia ini merupakan jembatan menuju akhirat, setiap kegiatannya selalu karena Allah. 


Jika anda masih juga kebingungan untuk menentukan tujuan hidup. Maka ikutilah 4 langkah berikut


Pilihlah Benih Impian Terbaik


Impian itu ibarat benih jagung semakin baik benih yang ditanam maka semakin baik pula hasil yang dipanen dan apapun yang anda panen tergantung apa yang anda tanam, jika anda menanam benih jagung maka akan tumbuh jagung.


Jika anda menanam benih kacang maka akan tumbuh kacang dan jika anda menanam benih kedelai maka akan tumbuh kedelai juga, hal itu tidak akan tertukar. Maka dari itu carilah benih impian terbaik anda, dan benih impian terbaik adalah yang mencakup dua tujuan yakni dunia dan akhirat.


Siapkan Fikiran Anda Menerima Benih


Fikirin ibarat sebuah tanah yang apabila di kelola dengan baik  maka akan membantu benih anda tumbuh dengan sangat berkualitas.


Jika fikiran anda telah siap menerima benih, dia akan bicara “Saya sangat yakin jika hal itu akan tercapai” orang yang sudah siap menerma benih Ia sangat yakin  jika proses tidak akan mengecawakan hasil. 


Tanamlah Benih Anda


Benih jagung yang berkualitas, tidak akan pernah menjadi sebuah jagung jika tidak kita tanam. Impian tidak akan menjadi kenyataan tanpa kita laksanakan dengan sungguh-sungguh. 


Bukankah perusahaan besar dunia seperti Honda, Coca cola, Microsoft dan lain sebagainya berawal dari sebiah impian yang kemudian mereka tanam dengan sebuah tindakan.

 

Logika sederhananya begini, jika anda sedang lapar, anda tidak akan pernah kenyang tanpa melakukan aktifitas yang namanya makan.


Rawatlah Tanaman Anda


Benih yang sudah anda tanam tidak akan tumbuh dengan baik  jika anda tidak merawatnya dengan sungguh-sungguh. 


Begitu pula dengan impian anda, sebuah impian yang sudah anda tanam tidak akan seperti yang anda  inginkan jika anda tidak melakukannya secara Contineu dan penuh ke iklasan. Jika benih jagung butuh air untuk tumbuh maka impian butuh keseriusan.


Maka dari itu tetapkanlah impian terbaikmu, buanglah keraguan yang ada pada hidupmu, engkau akan berkualitas ketika engkau mengimpikan dan melakukan hal-hal yang berkualitas.