Tips Menentukan Jenis Usaha Bumdes Yang Menguntungkan Bagi Desa

Tips Memilih Usaha Bumdes

Ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan untuk menentukan jenis usaha Bumdes yang tepat dan bisa menguntungkan bagi desa.

Namun sebelum kita masuk kepembahasan secara detail, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terkait Bumdes.

ketika desa sedang mendirikan Bumdes ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Diantaranya ada desa sebelum mendirikan sudah memiliki usaha yang berjalan.

Adapula ketika mendirikan sudah memiliki rencana usaha dan jenis usaha namun belum dijalani dan ada desa yang sudah mendirikan Bumdes namun belum memiliki rencana usaha sama sekali.

Tentu poin ketiga merupakan masalah yang perlu diselesaikan oleh Badan Usaha Milik Desa secara cepat sehingga bisa berkonstribusi bagi perekonomian desa dan bisa menghasilkan PAD desa.

Bagaimana Tips Menentukan Jenis Usaha BUMDes?

Berdasarkan Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 terdapat klasifikasi jenis usaha yang bisa dijalankan oleh Bumdes, diantaranya:

1. Jenis usaha sosial sederhana dengan cara memberikan pelayanan umum bagi masyarakat.

2. Bisnis penyewaan barang

3. Usaha perantara yang memberikan jasa kepada masyarakat desa.

4. Bisnis produksi atau berdagang barang tertentu.

5. Bisnis keuangan yang memenuhi kebutuhan UMKM.

6. Usaha bersama yang menjadi induk dari usaha yang dilakukan oleh masyarakat desa.

Menganalisa Potensi Desa

Sebagai langkah awal menganalisa potensi yang dimiliki oleh desa adalah cara paling ampuh yang bisa kita lakukan.

Jika Bumdes menjalankan usaha berdasarkan potensi yang ada maka akan berdampak luas bagi masyarakat yang ada di desa.

Adapaun langkah yang perlu kita lakukan untuk menganalisa potensi desa dengan melakukan hal berikut.

Mendata Potensi

Salah satu anugrah yang dimiliki oleh desa adalah potensi yang diberikan Tuhan kepada masyarakat dan alam yang ada di desa. 

Oleh karenanya mendata potensi harus dilakukan sedetail mungkin dengan memetakan potensi sumber daya alam, potensi sumber daya manusia, potensi sosial budaya dan lain sebagainya

Jika desa anda memiliki keindahan alam anda bisa mendirikan desa wisata, jika potensi desa anda adalah hasil tani seperti jagung atau singkong anda bisa menjalankan jenis usaha produksi hasil tani.

Melakukan Perbandingan Dengan Kompetitor

Setelah kita melakukan pendataan pada potensi yang dimiliki oleh desa, selanjutnya kita perlu melakukan perbandingan potensi desa yang kita miliki dengan  desa tetangga yang miliki potensi yang sama.

Dengan adanya perbandingan ini kita akan lebih mudah melakukan inivasi terhadap jenis usaha yang akan dijalankan oleh Bumdes.

Lakukan Pengkajian

Setelah anda melakukan perbandingan terkait potensi yang kita miliki langkah selanjutnya kita perlu melakukan pengkajian terhadap potensi yang dimiliki dengan melihat kelemahan dan kekurangan serta celah usaha yang bisa kita jalankan dengan maksimal.

Adanya pengkajian ini diharapkan bisa menemukan ide baru yang lebih baik dan lebih strategis bagi usaha Bumdes.

Meminta Masukan Pada Masyarakat

Langkah yang tidak boleh kita lewatkan adalah mendengarkan masukan dari masyarakat terkait jenis usaha yang akan dijalankan Bumdes. 

Langkah ini tidak akan menutup kemungkinan akan membuka saran dan masukan yang dibutuhan oleh Bumdes.

Dengan harapan masyarakat yang memberikan masukan diharapkan akan mendukung usaha bumdes baik mendukung secara moral ataupun materil (investasi). 

Sehingga masyarakat juga merasa memiliki terhadap usaha yang dijalankan oleh Bumdes, dan nantinya akan membantu memberi saran atau solusi ketika terjadi permasalahan di kemudian hari.

Mengadopsi Usaha Bumdes yang Sukses

Mengadopsi usaha yang sudah dijalankan dengan sukses oleh desa lain merupakan langkah tepat jika anda masih kebingungan menentukan jenis usaha yang akan dijalankan oleh Bumdes.

Salah satu langkah yang bisa anda lakukan dengan cara studi banding denga desa yang sudah sukses menjalankan usaha Bumdesnya.

Kemudian kita melakukan pengkajian langkah apa yang bisa dijalankan, sehingga usaha yang dilakukan oleh Bumdes bisa berjalan dengan maksimal dan menguntungkan.

Itulah yang bisa kita paparkan terkait tips menentukan jenis usaha Bumdes yang menguntungkan. Semoga bermanfaat dan Bumdes yang dilajankan bisa berjalan lancar.