Apakah Wahabi Sesat? Ini Jika Dilihat Dari 10 Kriteria Ajaran Sesat MUI

Pada Sore hari tepatnya saat saya membuka HP tiba-tiba ada notifikasi dari google terkait ajaran sesat yang ada di Indonesia. Kalau tidak salah, artikel tersebut berjudul apakah wahabi sesat?

Setelah saya membacanya, kemudian timbullah pertanyaan dalam diri ini, bagaimana supaya tahu jika ajaran yang dianut oleh wahabi itu sesat?

Kemudian saya mencari dan mencari referensi yang berhubungan dengan ajaran sesat dan saya tertarik dengan 10 kriteria ajaran sesat yang dibuat oleh Majelis Ulama Indonesia.

Setelah saya memahaminya kemudian saya membuka laptop dan mulai menulisnya dengan sangat hati hati.

Kurang lebih seperti ini hasil tulisan tentang apakah wahabi sesat, jika dilihat dari 10 kriteria ajaran sesat oleh MUI.

Ajaran Sesat

Apakah Wahabi Sesat? Jika dilihat dari 10 Kriteria Ajaran Sesat MUI

Dalam tulisan yang saya buat saya awali dengan pengertian ajaran sesat. Seperti apa tulisanmu tentang itu?

Oke, saya jelaskan secara ringkas saja, iya. Ajaran sesat merupakan ajaran atau doktrin teologis yang dipandang berlawanan dengan ajaran yang benar secara umum.

Sampai di sini anda faham? Saya rasa anda sudah faham terkait pengertian ajaran sesat, jika belum faham silahkan anda cari referensi lain untuk memahaminya, oke.

Sejarah Singkat Wahabi

Setelah saya selasai merangkai kata terkait ajaran sesat kemudian jemari ini melanjutkannya dengan memahami sejarah singkat wahabi.

Kurang lebih seperti ini yang saya fahami dari beberapa bacaan terkait sejarah singkat wahabi:

Wahabi merupakan gerakan atas nama pembaharuan islam yang dipelopori oleh Muhammad Bin Abdul Wahab bin sulaiman at-Tamimi (1703-1792 M)

Untuk membahas terkait sejarah wahabi maka ada salah satu buku menarik yang pernah saya baca yakni buku yang di tulis oleh Ahmad Mansur Surya Negara yang berjudul "Api Sejarah".

Kanapa harus merujuk pada buku tersebut?

Kamu memang banyak tanya kayak Bani Israel, hehe. Sebenarnya yang menjadi alasan kenapa buku tersebut menjadi rujukan saya, karena dalam buku tersebut menguak sejarah Islam yang disembunyikan oleh para penulis sejarah. 

Selain itu ada fakta sejarah yang sangat menarik untuk kita kaji ulang setelah kita membacanya.

Sudahlah, tak perlu saya beri alasan lebih panjang nanti saya dikira lagi promosi buku tersebut hehe.

Dalam buku tersebut dijelaskan jika kaum wahabi dan Abdul Aziz bin Saud menjadi antek asing yang berkolaborasi dengan zionisme dan kerajaan protestan anglikan Ingris untuk menggulingkan Raja Husen dan putranya Raja Ali yang berfaham Ahlussunnah Wal Jamaah.

Yang mengangkat dirinya menjadi khalifah setelah runtuhnya Sultal Turki Usmani pada tanggal 3 Maret 1924.

Raja Husen dan Raja Ali mengklaim beberapa wilayah seperti palestina dan Syiria yang merupakan bekas kesultanan Turki Ustmani. 

Karena alasan tersebut maka Raja Husen dan putranya di Makzulkan dan kemudian Kerajaan Protestan anglikan Ingris mengakui Abdul Aziz bin Saud sebagai raja. Karena Ia yang berfaham Wahabi tersebut tidak mengklaim wilayah palestina dan syiria yang karenanya berdirilah Negara Israel sesudah perang dunia ke II.

Oleh karenaya sampai sekarang, itulah alasan mengapa orang wahabi sangat berkuasa di Arab Saudi.

10 Kriteria Ajaran Sesat di Indonesia

Setelah saya menulis sejarang singkat Wahabi kemudian saya membuka Buku Himpunan Fatwa MUI tentang Faham Keagamaan di Indonesia. 

Dalam buku tersebut dijelaskan 10 Kriteria Ajaran Sesat yang ditentukan oleh MUI dan jika terpenuhi salah satunya maka golongan tersebut dinyatakan sesat.

Wah saya jadi penasaran seperti apa sih kriteria yang ditentukan oleh MUI?

Wah sabar dulu lah, izinkan saya minum kopi terlebih dahulu biar otak semakin fres dan penjelasannya semakin mudah hehe.

Inilah 10 kriteria ajaran sesat:

  1. Mengingkari dari salah satu rukun iman yang 6 (Enam) dan rukun Islam yang 5 (Lima)
  2. Meyakini atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan dalal syar'i (Al-Qur'an dan Assunah).
  3. Meyakini turunnya wahyu setelah Al-Qur'an.
  4. Mengingkari otentisitas dan kebenaran isi Al-Qur'an.
  5. Melakukan penafsiran Al-Qur'an yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah tafsir.
  6. Mengingkari hadist nabi sebagai sumber ajaran Islam
  7. Menghina, melecehkan dan merendahkan para nabi dan rasul
  8. Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir
  9. Merubah, menambah atau mengurasi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syar'i , seperti haji tidak ke Baitullah dan shalat fardu tidak 5 waktu
  10. Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar'i, seperti mengkafirkan orang muslim karena bukan kelompoknya.
Ajaran Wahabi berdasarkan 10 kriteria jaran sesat MUI Setelah anda membaca bagian tulisan ini, apakah wahabi itu sesat berdasarkan 10 kriteria ajaran sesat tersebut?

Silahkan anda analisis dari poin 1 sampai 10 adakah ajaran wahabi yang menyesatkan dan termasuk dari salah satu kriteria tersebut?

kok kamu malah nanyak ke saya, kan kamu yang nulis tulisan ini, Kalau menurutmu bagaimana?

Wah, kamu memang tidak bisa diajak diskusi, iya. Kalau memang harus saya yang berpendapat terkait itu, Baiklah.

Setelah saya mengkaji dan merenungi isi pengajian dan dakwah yang dilakukan oleh kelompok wahabi saya berpendapat jika wahabi adalah faham yang sesat.

Karena mereka sering mengkafirkan sesama muslim, tanpa dalil yang terperinci dan hal ini termasuk dari 10 kriteria tersebut.

Sebenarnya masih banyak alasan kenapa wahabi itu saya katakan sesat, Namun tidak bisa saya jelaskan lebih detail karena dalam tulisan ini saya membatasi berdasarkan 10 kriteria ajaran sesat yang di buat oleh MUI saja.

Menurut anda apakah wahabi itu sesat?

Silahkan anda analisa sendiri, Jika anda masih penasaran kenapa saya mengatakan  wahabi itu sesat, silahkan anda membaca buku "Ulama Sejagat Menggungat Salafi Wahabi" yang ditulis oleh syaikh Idahram, oke.