Jadikan Kekurangan Sebagai Sahabat Sukses

 

Kekurangan Sahabat Sukses

Dalam diri kita selain terdapat potensi  luar biasa juga mengandung kekurangan yang secara teratur menyandung langkah kita. Meskipun kekurangan kita belum menjadi masalah Psikologis mendalam. 

Yang jelas tanpa kita pungkiri pasti kita memiliki kekurangan. Jika ada orang merasa tidak memiliki satupun kekurangan maka itulah kekurangannya. 

Mungkin anda tidak memiliki keberanian seperti teman anda, mungkin anda memiliki berat badan yang tidak ideal seperti orang di sekeliling anda. Namun ingatlah, merekapun memiki kekurang yang mungkin tidak engkau ketahui.

Banyak orang berfikir jika kekurangan merupakan pintu menuju kegagalan. Karena paras kita tak secantik dan setampan orang lain, lantas kita berkata Aku tak seberuntung kamu” atau bahkan merasa jika Allah tidak adil pada diri kita. 

Begitu sering kita memperlakukan kekurangan sebagai musuh yang menakutkan, kita menganggap kekurang adalah akar dari kemerosotan karir yang selama ini kita bangun. Apakah begitu cara anda menyikapi kekurangan?

Jika anda menganggap kekurangan adalah sumber masalah dalam hidup, maka minta maaflah pada diri anda sendiri, kenapa minta maaf? Karna anda sudah menganiaya dan mencoba membunuh masa depanmu dengan mendatangkan virus persepsi yang kurang tepat. Ingat, tanpa kekurangan engkau tidak akan memiliki kelebihan.

Kekurangan merupkan sebuah anugrah yang harus kita terima dengan baik, bukan malah menyesal yang berkepanjangan pada diri sendiri. 

Orang hebat diluar sana bukan berarti mereka tidak memiliki sedikitpun kekurangan. Anda tahu siapa pencipta lampu pertama di dunia? Iya, Thomas Alva Edison. 

Coba anda bayangkan bagaimna seandainya ia tidak mampu menciptakan lampu?, mungkinkah dunia seperti sekarang? Edison merupakan anak yang dicap bodoh, idiot oleh lingkungannya. 

Sampai ia harus keluar dari sekolah umum. Namun apa yang di buktikannya. Ia menjadi orang yang mampu berperan besar untuk menciptakan tatanan dunia seperti yang kita rasakan sekarang. 

 Kekurangan yang ada pada diri kita ibarat api yang berguna untuk memasak di dapur, kekurangan adalah motivator kita yang setiap hari mendorong kita untuk maju. Berikut manfaat kekurangan yang mungkin tidak kita sadari;

Kekurangan Mengajak Kita Terus Belajar

Kalau saya bertanya kepada anda, kenapa anda belajar? Jika anda menjawabnya dengan hati nurani, mungkin anda akan berkata ingin menghilangkan kebodohan, ingin menciptakan hidup yang lebih baik atau ingin mendapatkan ridho Allah.


Karena anda kurang pintar, kurang baik serta kurang dekat dengan Allah akhirnya anda terdorong untuk belajar. Apakah semua orang mau belajar dari kekurangannya?


Kita terkadang enggan untuk memacu semangat membenah kekurangan yang kita miliki, kita lebih suka menyendiri dan memikirkannya. 


Jika anda kurang pintar, maka solusinya bukan diam dan meratapi kekurangan itu. Jika anda terlahir tidak normal maka bukan solusi jika memikirkan kekurangan itu tanpa mempelajari apa hikmah dibaliknya. 


Ingat, jika kita mampu belajar dari kekurangan, maka kekurangan itu akan menjadi sumber kekuatan luar biasa bagi kita.

         Kekurangan Mengajak Kita Tidak Sombong

Kekurangan memang tidak boleh membuat kita manjadi randah diri. Kita harus tetap percaya diri. kekurangan membuktikan jika kita adalah mahluk yang lemah, sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk bersikap sombong. 


Apa yang bisa kita banggakan dengan kekurangan kita? Disinilah kita di ajarkan untuk selalu rendah hati. Karena sikap itulah yang paling bijak tuk kita tampakkan dalam perjalan hidup ini.


Sombong merupakan penyakit hati yang sangat kronis. Orang mulia akan menjauhi sifat tersebut. Saya yakin, anda pasti sangat membenci orang yang menyombongkan dirinya di depan anda, begitupun orang lain terhadap anda. disinilah sebuah kekurangan yang kita miliki selalu mengajak kita untuk senantiasa bersikap rendah hati dan tidak sombong.

   Kekurangan mengajak kita berinteraksi dengan orang lain

Bayangkan, sekarang anda sedang ditagih oleh ibu kos, keluarga anda ada yang dirawat di rumah sakit dan anda sendiri sedang membutuhkan uang untuk membayar kuliah. 


Sedangkan anda tidak memiliki uang sepeserpun, apa yang anda lakukan saat itu? Pasti pilihan paling bijak adalah mencari pinjaman pada orang yang diberi kelebihan uang.


Berkat kekurangan, kita dapat berinteraksi dengan orang di sekitar kita, kurang ilmu pengetahuan membuat interaksi antara murid dengan guru atau mahasiswa dengan dosennya, kekurangan ekonomi membuat interaksi antara pembeli dan pedagang di pasar, kurang sehat membuat interaksi antara pasien dengan dokter dan begitu seterusnya.


Sesungguhya yang menjadi masalah dalam kekurangan, bukanlah kekurangan itu sendiri, melaikan cara kita menyikapinya. 


Banyak orang menyikapi kekurangan dengan keliru, ketika kita kurang beruntung karena orang lain lebih berprestasi dari kita, maka diam bukan pilihan tepat, apalagi mencari cara untuk menjatuhkannya. 


Sikap paling bijak adalah kita siapkan waktu lebih banyak untuk menambah wawasan kita hingga kita mampu berprestasi seperti mereka atau bahkan melebihinya. 


Ketika Allah memberi berat badan atau kondisi fisik yang tidak ideal maka mengeluh bukan pilihan, syukuri dan teruslah berjuang. Kekurangan yang kita miliki dapat disikapi dengan dua hal. pertama sikap positif, kedua sikap negatif. Bagaimana dengan anda?


Sebelum anda menyikapi kekurang dengan bijak, silahkan anda catat semua kekurang yang anda miliki. Lalu berjanjilah pada diri anda.

 

Jika akan memperbaiki kekurangan yang ada. apakah dengan memperbaiki diri, kita akan menjadi orang yang sempurna? Tentu tidak, kita tidak akan sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah, tetapi jangan pernah berhenti berjuang untuk sempurna.


Mulai hari ini, janganlah anda merasa jika kekurangan adalah musuh anda, kekurangan bukan bumerang bagi hidup anda, tetapi jadikan kekurangan sebagai sahabat anda. 


Kekurangan adalah sahabat yang selalu menasehati anda untuk berbenah menjadi pribadi yang lebih baik, kekurangan adalah sahabat yang selalu mengajarkan kita pentingnya menghargai sesama. Catat ini dalam hati anda, KEKURANGAN ADALAH SAHABAT SUKSES ANDA.