Nasihat terbaik untuk mengatasi stres Karena Masalah Hidup

Nasihat mengatasi stres

Nasihat mengatasi stres ini saya tulis dengan tujuan membangkitkan kembali semangat yang mulai rapuh karena pecahan puing-puing maasalah yang menimpa hidup kita.

Nasihat mengatasi stres ini terinpirasi oleh salah satu sabahat yang sedang di rundung oleh masalah hidupnya. Adapun kejadiannya seperti ini.

Tatkala saya sedang duduk sendiri, tiba-tiba datang seorang sahabat dengan membawa raut wajah yang kurang elok dipandang oleh mata.

Karena penasaran saya bertanya "kenapa alismu sampai mau bertengkar, kayak mau saling jotos-jotosan gitu?"

Dengan nada kurang semangat ia sampaikan "Saya sekarang banyak masalah. Masalah itu datang karena saya memiliki kekurangan, coba seandainya saya jadi orang kaya, memiliki jabatan, memiliki keahlian yang bisa dijual pasti tidak akan seperti ini kejadiannya".

Mendengar kalimat yang penuh pesimis tersebut, tentunya diri ini harus pasang badan untuk membantu membangkitkan kembali semangat hidupnya.

Layaknya seorang ustadz yang viral meskipun tidak memiliki ilmu agama yang mempuni saya mulai menceramahinya dengan nasehat-nasehat untuk mengatasi stres yang menimpanya.

Kurang lebih seperti ini nasihat yang saya berikan pada sahabat terbaik saya ini:

***

Kita sudah mengetahui jika dalam diri ini memiliki dua hal yang berlawanan yakni potensi dan kekurangan, banyak orang menderita stres lantaran kekurangan yang dimilikinya. 


Ada orang tidak diterima kerja karena tinggi badannya yang kurang, ada pula ditolak lantaran wawasannya yang masih minim. Permasalahan seperti itulah yang sangat menggoda diri kita untuk stres yang berkepanjangan. 


Apakah dengan stres kekurangan yang kita miliki mampu membaik dengan sendirinya? Tentu saja tidak. Lantas kenapa kita harus stres?


Dale Carenegie membagi makna stress menjadi dua. Pertama, setres secara umum adalah ketegangan atau tekanan fisik, mental, atau emosional. 


Kedua, definisi secara popular dimasyarakat, stress merupakan suatu kondisi atau perasaan ketika seseorang menganggap tuntutan melampaui sumberdaya personal dan sosial yang bisa ia mobilisasi.


Namun di masyarakat kita sendiri mengenal setres sebagai sesuatu yang menyebabkan kita menjadi menderita. Coba berfikir, ketika kita sedang  stres,  apakah saat itu kita menderita? 


Pasti jawabannya iya. Namun tidak jarang stres juga meningkatkan produktivitas kehidupan kita, stres juga mengundang kebaikan bagi kita. Stres merupakan bukti jika kita berfikir untuk mencari jalan keluar dari kekurangan yang kita miliki. 


Seperti halnya kita stres karena mempersiapkan diri untuk memenangkan sebuh perlombaan atau kita stres lantaran mempersiapkan acara seminar nasional. Jika anda stress semacam itu maka sangat di anjurkan. Namun ingat, stres yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan fisik dan mental.


Terkadang kita merasa sangat menderita lantaran sepatu yang kita miliki tidak bagus, sedangkan dibalik penderitaan kita masih ada orang yang masih mampu tersenyum meski tidak memiliki kaki. 


Kita terkadang sangat hobi membesarkan permasalahan yang sebenarnya tidak terlalu besar, jika anda mampu mengecilkan masalah besar, maka engkau akan tenang, tapi jika anda membesarkan masalah kecil maka anda akan berpotensi stress.


Stres yang berlebihan membuktikan jika kita bukanlah orang hebat, orang hebat pasti pernah mengalaminya, tetapi apkah ia membiarkan stres menghantuinya?

 

Tentu tidak, orang hebat sangatlah cerdik membelokkan stresnya menjadi sebuah anugarah. Jika anda terus memikirkan kekurangan anda, memikirkan permasalahan hidup anda dan semua hal negatif pada diri anda, maka anda akan menjadi orang yang sangat berpotensi untuk stress. 


Jadilah pahlawan minimal bagi anda sendiri, jadikanlah kekurangan sebagai sumber kekuatan anda, jangan malah jadikan kekurangan menjadi alasan stres anda.


Tidak jarang, stres disebabkan atau bahkan diperparah oleh sikap kita sendiri. Pernahkah engkau merasa cemas, ketika guru/dosen menganjurkan anda untuk ikut lomba? 


Kemudian  anda berfikir jika diri anda tidak memiliki keterampilan apa-apa. Atau bahkan anda khawatir akan mengecewakan orang lain. 


Padahal semua itu merupakan produk fikiran dan sikap negtif anda. ingat! kualitas diri anda di tentukan oleh fikiran dan sikap anda. kontrollah fikiran dan sikap anda dengan begitu anda akan menjadi lebih yaman.


Jika anda berkataHidup tak semudah itu” dan anda berfikir setiap orang yang bermasalah dengan kekurangan dirinya pasti akan stres, kali ini saya katakan “silahkan anda stres dan silahkan anda menangis. 


Namun setelah itu bangkitlah lihat dirimu dari sudut pangdang yang berbeda, hingga engkau menemukan alasan untuk tersenyum. Stres itu manusiawi, namun apakah cukup dengan bermodal manusiawi kita akan sukses?


Sangat dianjurkan bagi anda yang mungkin sekarang sedang stres karena masalah yang menumpuk sehingga anda tidak mampu mengerjakannya sendiri, silahkan meminta bantun pada orang lain yang lebih ahli dari anda.


Jika anda sedang stres lantaran aktivitas anda yang sangat membosankan setiap hari maka solusinya silahkan anda kunjungi tempat yang paling anda sukai, atau lakukanlah aktivitas yang membuat anda merasa lebih nyaman seperti main sepak bola, lari pagi dan lain sebagainya. 


Namu perlu anda ingat, aktivitas itu hanya mampu menghilangkan stres anda sementara waktu.


Solusi paling mujarap untuk menenangkan diri kita yakni mendekat pada Sang Pemilik Ketenangan, banyak orang menyikapi stresnya dengan minum-minuman keras, sabu, dan jenis narkoba lainnya. 


Padahal sebenarnya hal itu hanya menambah penderitaan bagi kita. Janganlah ragu untuk meminta solusi pada pemilik alam ini, jika engkau mampu mendekat padaNya.


Maka ketenangan akan mendekat padamu, ingatlah jangan lupa tersenyum di sela kekurangannmu, karena harga termahal di mata orang lain terletak pada senyum tulusmu. Tersenyumlah karena Allah selalu bersama kita.


***

Nasihat tersebut mampu membangunkan motivasinya sehingga membutnya tersenyum kembali, ia semakin semangat untuk menjalankan hidupnya dengan sudut pandang yang lebih baik.


Oleh karenanya saya tulis dan saya bagikan di blog saya ini, dengan harapan nasihat mengatasi stres ini bisa membuat orang hidup lebih bahagia dan lebih baik kedepannya.