Kominfo Buka Program Beasiswa Luar Negeri, Ini Cara Daftar Dan Syaratnya

Beasiswa Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa S2  di luar negeri menjadi impian yang di idam-idamkan oleh mayoritas pemuda di Indonesia ini.

Kenapa demikian? Karena mengeyam pendidikan di luar negeri adalah cara ampuh mengembangkan potensi yang kita miliki.

Bagi anda yang tertarik kuliah di luar negeri, silahkan simak tulisan ini hingga akhir. 

Tulisan ini akan memberikan kabar gembira bagi anda, yakni terkait Kominfo yang telah membuka pendaftaran beasiswa S2 di luar negeri. adapun terakhir pendaftaran yakni tanggal 25 maret 2023.

Oleh karenaya silahkan segera persiapkan perlengkapannya. pelamar dapat mendaftar diantara lima negara yang telah bekerja sama dengan Kominfo yakni negara Tiongkok, India, Hungaria, Belanda dan jepang.

Apa Itu Beasiswa Luar Negeri?

Beasiswa luar negeri adalah bantuan keuangan yang diberikan kepada individu untuk mengejar pendidikan di luar negeri. Beasiswa ini dapat mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, atau kombinasi dari semuanya. Tujuan dari beasiswa luar negeri adalah untuk memberikan kesempatan kepada individu untuk mendapatkan pendidikan tinggi atau pelatihan khusus di negara lain yang mungkin tidak tersedia atau terjangkau di negara asal mereka.

Beasiswa luar negeri dapat diberikan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, universitas, yayasan swasta, perusahaan, organisasi non-pemerintah, dan lembaga-lembaga lainnya. Syarat dan persyaratan beasiswa bervariasi tergantung pada penyelenggara, tetapi umumnya melibatkan penilaian berdasarkan prestasi akademis, kebutuhan finansial, atau kualifikasi khusus dalam bidang tertentu.

Manfaat dari mendapatkan beasiswa luar negeri antara lain:

  • Akses ke Pendidikan Berkualitas: Beasiswa luar negeri memungkinkan penerima untuk belajar di institusi pendidikan terkemuka di dunia, yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan mereka.
  • Peluang Pengembangan Diri: Studi di luar negeri memberikan pengalaman belajar dan hidup yang berbeda, memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan antarbudaya, bahasa asing, dan jaringan internasional.
  • Peluang Karir yang Lebih Luas: Gelar atau kualifikasi dari luar negeri sering kali dihargai oleh majikan global, membuka pintu bagi peluang karir yang lebih luas dan kompetitif.
  • Kontribusi Kepada Komunitas: Beasiswa sering kali memiliki kewajiban balik kepada masyarakat atau negara asal, seperti kembali dan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk mendukung perkembangan masyarakat.

Pemohon beasiswa luar negeri biasanya harus melewati serangkaian tahapan seleksi yang kompetitif, termasuk pengajuan aplikasi, wawancara, dan penilaian berkas. Penting untuk melakukan riset yang cermat tentang beasiswa yang tersedia, persyaratan, tenggat waktu, dan proses aplikasinya agar memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil meraih beasiswa tersebut.

Cara Daftar Beasiswa Luar Negeri

Berikut cara daftar beasiswa yang bisa anda lakukan:

1.  Kunjungi beasiswa.kominfo.go.id.

Langkah awal yang harus anda lakukan adalam mengunjungi website resmi kominfo dengan cara mengkilik link yang telah saya bagikan tersebut.

2. Pilih tipe beasiswa

Pilihlah beasiswa yang anda inginkan anatara beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Bagi anda yang ingin kuliah di luar negeri silah pilih "beasiswa luar negeri".

3. Lakukan Proses Pendaftaran

Langkah selanjutnya isi pendidikan terakhir anda, program beasiswa, kategori beasiswa,  universitas dan prodi yang ingin anda pilih.

4. Isi Data Diri

Langkah selanjutnya adalah Lengkapi data pribadi dan pekerjaan, pendidikan terakhir, alamat lengkap, sosial media, dan berkas-berkas yang diperlukan.

5. Cek Apakah Anda Lolos

Terakhir silahkan anda cek  apakah lolos atau tidal. Setelah juragan dinyatakan lolos silahkan lengkapi data yang  dibutuhkan sesuai dengan beasiswa yang anda lamar.