Cara Cek Kuota Pupuk Subsidi Secara Online Tahun 2023 Bagi Petani

Cek Kuota pupuk subsidi Secara online merupakan cara tercepat bagi petani untuk mengetahui berapa banyak kuota pupuk yang bisa di dapatkan untuk menjalankan aktivitas pertanian.

Sudah banyak kita temukan petani mengeluh karena minimnya pupuk yang di dapat, bahkan mereka merasa kesulitan memenuhi kebutuhan pupuk untuk keperluan pertaniannya.

Banyak sekali petani yang masih belum tahu bagaimana cara mengecek kuota pupuk subsidi yang di terimanya. Sebelum saya memberikan informasi terkait cara cek kuota pupuk subsidi secara online alangkah lebih baiknya jika anda faham juga cara cek kuata pupuk secara offline.

Cara Cepat Cek Kuota Pupuk Secara Online Bagi Petani

Cek Kuota Pupuk Subsidi

Ada 2 cara untuk mengetahui jumlah kuota pupuk subsidi secara offline yang bisa dilakukan oleh petani. Pertama, cek langsung ke Kios Pupuk Lengkap (KPL) dengan cara menunjukkan kartu tani yang dimilikinya. 

Kemudian Pemilik KPL akan mengeceknya melalui alat Elektronic Data Capture (EDC) setelah informasinya keluar anda bisa cek kouta pupuk subsidi melalui print out yang ditunjukkan oleh petugas kios.

cara cek kuota pupuk subsidi kedua dengan cara datang langsung ke petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) yang bertempat di Balai Penyuluh Pertanian, adapun caranya anda menunjukkan kartu tani atau identitas lain jika diminta.

Jika kedua cara tersebut dirasa terlalu memakan waktu, anda juga bisa mengeceknya secara mandiri dengan cara cek kuota pupuk subsidi secara online.

Cara Cepat Cek Kuota Pupuk Subsidi Secara Online

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya bahwasannya Cek kuota pupuk secara online merupakan cara paling cepat untuk dilakukan oleh petani.

Petani hanya membutuhkan HP, Paketan, KTP dan Kartu Tani yang dimilikinya, adapun caranya sebagai berikut:

1. Masuk pada portal SIMPI

Untuk cek kuota pupuk secara online yang perlu anda lakukan pertama kali adalah masuk pada portal Simpi yang dibuat oleh Bank BRI.

Dengan cara mengunjungi situs https://simpi.bri.co.id/ Melalui HP atau perangkat lain yang anda gunakan.

2. Pilih Informasi Kuota Petani



Pada halaman SIMPI selanjutnya anda mengklik Informasi Kuota Petani yang sudah di sediakan.

3. Masukkan Identitas

Setelah halaman informasi kuota petani terbuka selanjutnya anda masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Tani.

Setelah itu klik CARI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Cara ini bisa dilakukan oleh siapapun karena tidak harus login pada aplikasi tersebut.

Akhir Kata

Itulah cara cek kuota pupuk subsidi secara online yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat dan bisa membantu khususnya bagi petani yang berada di Indonesia ini.

Sebagai seoragn petani juragan harus terus memantau perkembangan pupuk yang di dapatnya  melalui aplikasi tersebut.

jangan lupa pantau terus situs juragan baca untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, karena hanya di situs ini mimin membagikan tulisan unik yang bermanfaat bagi juragan sekalian.