Dampak Honor PPS Telat Dibayar Yang Harus Dihindari

Dampak Honor PPS Telat Dibayar

Dampak Honor PPS Telat - PPS merupakan panitia ad hoc  KPU yang bertugas di kelurahan atau desa. 

Dalam menjalankan tugas dan kewajibannya anggota PPS tentu harus diimbangi dengan pemberian honorarium yang sesuai dan tepat waktu.

Jika Honor PPS telat kemungkinan besar akan berakibat kurang baik terhadap keberlangsungan proses pemilihan umum 2024 mendatang.

Lantas apa saja dampak jika honor PPS telat dibayar?

Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut perlu anda ketahui jika telatnya honor pps bukanlah hal yang disengaja, memang terdapat beberapa alasan kenapa KPU masih belum mencairkan honor tersebut.

Salah satunya karena terkendala oleh pembuatan rekening. Walau demikian tentu hal ini harus segera diselesaikan secepatnya karena jika tidak, ini akan berdampak buruk kedepannya.

4 Dampak Honor PPS Telat Dibayar

Adapun dampak honor PPS telat dibayar sebagai berikut:

1. Keuangan PPS Krisis

Dampak pertama jika honor PPS telat dibayar adalah terjadinya krisis keuangan anggota PPS dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Memang uang bukan segalanya bagi anggota PPS, namun pemberian honor tepat waktu merupakan dambaan bagi seluruh PPS di seluruh penjuru negeri ini.

Apalagi jika honor telat dibayar lebih dari 1 bulan, tentu  hal ini akan menyebabkan ketidak stabilan perekonomian keluarga PPS.

Walhasil, mereka akan berupaya meminjam uang ke sana sini untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, tentu hal ini akan memicu naiknya rasa stres anggota PPS.

2. Menurunnya Semangat Kerja PPS

Ketika kondisi keuanga PPS krisis maka akan menyebabkan menurunnya semangat kerja anggota pps dalam menjalankan tugasnya.

Mereka cendrung merasa kerja kerasnya kurang begitu diperhatikan, sehingga membuat motivasi kerjanya menjadi menurun drastis. Tentu hal ini merupakan kondisi yang tidak diinginkan oleh siapapun

3. Timbul Stigma Negatif Terhadap KPU

Ketika honor PPS telat dibayar lebih dari satu bulan itu artinya ada sistem yang berjalan kurang baik.

Tentu hal ini akan membangun stigma negatif anggota PPS terhadap KPU yang merupakan induknya.

Stigma ini akan dibangun dari mulut kemulut, media sosial, dan lain sebagainya.

4. Berkurangnya Loyalitas PPS.

Dampak terakhir jika honor PPS telat dibayar adalah berkurangnya loyalitas PPS terhadap KPU.

Apalagi hal ini terjadi lebih dari satu kali, tentu PPS akan semakin tidak loyal dan akan berakibat terhadap terhambatnya proses Pemilihan Umum 2024.

Oleh karenanya, KPU diharapkan mampu memperbaiki proses pencairan honoraium sehingga kinerja PPS semakin meningkat kedepannya.

Selain itu sebagai anggota PPS janganlah motivasi bekerjanya digantungkan kepada honor, tapi gantungkanlah motivasi kerjanya pada pengabdian untuk Indonesia lebih baik kedepannya.