Hukum Puasa belum Mandi Junub, Bolehkah Menurut Islam

Hukum Puasa belum Mandi Junub - Berpuasa merukan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat islam di seluruh dunia. Puasa dilakukan selama sebulan punuh di bulan ramadhan.

Puasa dapat kita artikan sebagai ibadah yang dilakukan dengan cara menahan diri dari makan dan minum dan seluruh hal yang dapat membatalkan puasa.

Hukum Puasa belum Mandi Junub

Berhubungan intim di siang hari yang dilakukan oleh suami istri juga menjadi indikator batalnya puasa. Namun melakukan hubungan intim di malam hari diperbolehkan dalam Islam. 

Mungkin sekarang yang terbesit di kepala anda, Bagaimana jika kita melakukan hubungan intim di malam hari namun tidak mandi junub hingga masuk waktu subuh. Apakah puasa kita tetap sah?

Wah pertayaanmu semakin berkualitas saja, mungkin itu salah satu dampak dari bulan puasa, jadi otakmu juga ikutan bersih hehe.

Baiklah, saya akan langsung menjawabnya. Hukum berpuasa dalam keadaan junub tidak membatalkan puasa. Jadi, puasa kita tetap sah. Kenapa demikian? Karena syarat puasa tidak harus suci dari hadast kecil maupun besar.

Wah kalau urusan agama jangan dijawab pakai akal saja, hasur ada dalilnya. Kalau boleh tahu mana dalilnya?

Wah kamu ini kayak orang wahabi saja, dikit-dikit dalil, dikit-dikit dalil. Baiklah kalau kamu mintanya begitu.

Jawaban saya  sebenarnya bukan hasil dari akal pribadi saya, itu salah satu pelajaran yang saya peroleh ketika belajar di masrasah dulu.

Sebagai catatan:  Dalam keadaan junub memang tidak membatalkan puasa, namun bukan berarti anda bisa se enaknya sendiri tidak mandi junub sampai melalaikan shalat subuh. 

Intinya usahakan anda mandi sebelum subuh, jika tidak bisa karena alasan masih tidur, usahakan setelah bangun langsung mandi.

Bagaimana sudah puas? Kalau sudah, cukup sampai disini saja tulisan ini, soalnya saya mau siap-siap shalat trawih dulu, oke.