Jadwal Puasa Ramadhan Muhammadiyah, NU Dan Pemerintah

 Bulan puasa sudah semakin dekat, bahkan tinggal menghitung hari saja nih, Siapa saja yang sudah merindukan bulan penuh berkah ini? Saya yakin semua umat muslim yang beriman sudah merindukannya dari dulu kan?

Bulan ramadhan memiliki banyak sekali keutamaan yang jangan sampai kita lewatkan. Jadi jangan heran di bulan ini banyak sekali orang yang tidak-tiba jadi sangat baik.

Kenapa bisa begitu?

Sudah barang pastilah, karena dibulan ramadhan semua amalan dilipat gandakan. oleh karenanya ayo kita berlomba-lomba dalam kebaikan.

Wah jadi semakin tidak sabar nih, ingin cepat puasa dibulan ramadhan, Tapi kapan jadwal puasa ramadhan?

Baiklah biar anda tidak penasaran saya akan menjelaskan jadwal puasa ramadhan menurut dua  organisasi terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama .

Namun sebelum saya lanjut menulis izinkan saya nyeruput kopi terlebih dahulu ya, biar semakin Betah lama-lama di depan komputer hehe.

Jadwal Puasa Menurut Muhammadiyah, NU dan Pemerintah

Pamflet Ramadhan 

Sebentar dulu saya potong, Kenapa harus membahas ketiganya? Bukankah cukup memberi informasi satu saja, dari pemerintah misalnya, Kenapa harus ada embel-embel Muhammadiyahdan NU?

Wah kamu ini, kurang mengenal Muhammadiyahdan NU kayaknya. Selain pemerintah, Mereka adalah organisasi yang setiap tahun dijadikan acuan dan pedoman umat muslim Indonesia untuk menjalankan ibadah puasa.

Jadi harus kita bahas pada tulisan ini. Bagaimana sudah fahamkan? Oke, jika sudah faham saya lanjut pembahasannya.

Jadwal Puasa Menurut Muhammadiyah

Pamflet Ramadan Keren

Seperti yang sudah kita ketahui dalam menentukan jadwal puasa organisasi Muhammadiyah menggunakan metode hisab. Yakni dengan menghitung secara matematis dan astronomis.

Dari hasil hisab Pimpinan Pusat Muhammadiyah menentukan jadwal puasa bertepatan pada tanggal 23 Maret 2023.

Sedangkan untuk syawal Pimpinan Pusat Muhammadiyah menentukan pada tanggal 21 April 2023.

Jadwal Puasa Menurut NU

Jika kita melihat kalender bulan puasa antara tanggal 22 - 23 Maret 2023. Walau demikian Nahdlatul Ulama dalam menentukan jadiwal puasa harus melihat hilal terlebih dahulu.

Setelah melihat hilal kemudian NU melakukan sidang isbat untuk menetapkan jadwal bulan puasa ramadhan.

Jadi untuk jadwal puasa bagi NU masih menunggu hasil sidang isbat nantinya. Sampai sini faham kan?

Jadwal Puasa Pemerintah

Sama halnya dengan Nahdlatul Ulama, Pemerintah menentukan jadwal puasa ramadhan melalui melihat hilal dan melakukan sidang isbat.

Setelah melihat hilal dan sudah melakukan sidang isbat, kemudian pemerintah melalui Menteri Agama Memberikan pengumuman kepada masyarakat muslim Indonesia kapan awal bulan puasa ramadhan.

Setelah mendapatkan informasi secaa resmi dari pemerintah, mayoritas umat muslim menjalankan ibadah puasa ramadhan secara serentak sesuai instruksi pemerintah.

Sebentar, kenapa ada istilah mayoritas, bukankah itu berarti tidak semuanya?

Memang benar, bagi umat muslim diperbolehkan mengikuti pemimpin yang beriman dari organisasinya, tidak harus dari pemerintah terkait kapan puasa ramadhan dilakukan.

Dari sini kita faham jika Islam merupakan agama damai dan sangat menghargai perbedaan. Jika hadir kita tidak membuat orang lain merasa nyaman dan damai maka patut dipertanyakan keislaman kita hehe.