Nasihat Hidup: Jika Ingin Sukses Kuncinya Jangan Takut Gagal

Orang yang tidak pernah gagal adalah orang yang tidak pernah berbuat sesuatu hal besar.

Ada istilah menarik, lebih baik mencoba gagal dari pada gagal mencoba. Untuk menjadi sukses anda harus mencoba apapun yang ingin anda raih.

Suatu ketika saya sedang merenung di depan komputer, seperti biasa jika ada komputer dan kopi maka keduanya harus melahirkan tulisan.

Karena saat ini saya sedang merenungkan tentang kegagalan-kegagalan dalam hidup maka tercetuslah dalam benak saya untuk menulis, tulisan motivasi untuk diri saya dan siapapun yang membacanya.

Kurang lebih tulisan yang saya buat seperti ini:

***

Jangan Takut Gagal

Jangan Takut Gagal

Pernahkah anda mengalami kegagalan? Jika anda sudah melangkah menuju kesuksesan, pasti anda pernah mengalaminya. Banyak sekali orang menganggap kegagalan merupakan sebuah kondisi yang sangat menakutkan, sampai-sampai trauma dengan kata-kata itu. 

Beda sekali ketika pertama kali memulai usaha, pasti anda akan bekerja dengan sungguh-sungguh karena yang ada dalam benak anda adalah kesuksesan, namun ketika yang anda dapatkan adalah kegagalan maka mental sukses anda berubah, anda menganggap jika kegagalan merupakan sesuatu yang sangat memalukan. Apakah benar demikian?

Tidak ada ceritanya orang sukses tidak mengalami kegagalan. Terbukti dengan banyaknya buku-buku motivasi beredar di pasaran, yang kebanyakan membahas bagaimana menraih kesuksesan, bagaimana menciptakan usaha yang sukses serta di setiap pembahasannya terdapat sub tema tentang bangkit dari kegagalan, belajar dari kegagalan dan lain sebagainya, kenapa begitu? 

Karena kebanyakan orang berhenti berjuang ketika mendapatkan kegagalan, sehingga para penulis buku motivasi mencoba menggiring pembaca untuk kembali pada tujuan suksesnya, seperti halnya buku yang anda baca sekarang ini, buku ini hadir sebagai bacaan yang diharapkan mampu membuat anda tetap konsisten pada tujuan anda. Ingat ini, semua orang yang ada di dunia ini memiliki persamaan dalam meraih kesuksesasn, yakni pasti pernah mengalami kegagalan. 

Menyerah merupakan sebuah pilihan paling menggoda saat kita sedang mengalami kegagalan. Banyak orang lebih tertarik untuk berhenti melanjutkan usaha yang sudah dibangunnya lantaran hawatir akan mengalami kegagalan yang serupa. 

Bahkan ada yang lebih parah lagi. Yakni, Takut gagal sebelum berperang. Banyak orang bertanya bagaimanakah cara menghilangkan rasa takut? Pertanyaan semacam ini sulit untuk dijawab karena tidak ada obat khusus untuk menghilangkan rasa takut itu. Mungkin di sini saya akan membantu untuk mengurangi rasa takut yang sering menjadi penghalang kesuksesan anda, diantarannya.

Niatkan Karena Allah

Terkadang yang membuat kita takut adalah niat kita. Mahasiswa takut tidak memiliki pekerjaan mapan karena khawatir akan dicemooh oleh lingkungannya, seseorang yang akan merantau takut tidak sukses sehingga jadi bahan omongan orang, pada akhirnya membuat mereka tidak mau melakukan apa-apa. 

Namun ketika diniatkan karena Allah tentu akan berbeda, rasa takut dengan sendirinya akan hilang karna ia yakin jika Allah tidak akan mengecewakan orang yang bekerja keras. Jika tujuanmu bekerja hanya dunia semata maka engkau akan terpuruk, namun jika tujuanmu dunia dan akhirat maka engkau akan terus bangkit hingga sampai pada pintu kesuksesan yang engkau impikan.

Anggap Keggalan Sebagai Proses Hidup 

Jika dari awal kita menyadari bahwa dalam proses menuju sukses kita pasti melewati jalan berlobang ‘kegagalan’ tentu kita akan siap menghadapinya sehingga kita tidak terlalu takut ketika di pertengahan jalan tiba-tiba kita mengalami kegagalan. So, siapkan dirimu untuk gagal.

Kegagalan sepaket dengan kesuksesan, jika kita ingin membeli HP baru maka kita tidak hanya mendapatkan HPnya saja, melainkan di dalamnya juga terdapat cas, headset dan lain sebagainya. Begitu pula dengan kesuksesan yang kita inginkan, jika kita ingin sukses maka di dalam proses itu juga terdapat, tantangan, gelisah serta kegagalan. 

Karena itu merupakan satu kesatuan yang tidak akan terpisah. Makanya mulai sekarang janganlah takut dengan sebuah kegagalan. Jika anda takut gagal maka anda tidak akan berhasil. 

Anggaplah kegagalan sebagai batu loncatan menuju keberhasilan, jangan jadikan kegagalan anda sebagai batu sandungan untuk meraihnya. Kegagalan membuat kita semakin kuat namun bisa juga membuat kita lemah. 

Kegagalan yang kita terima akan bernilai manfaat jika kita mampu menyikapinya dengan baik, namun akan sangat merugikan jika kita membiarkan dan menyerah. Dalam kegagalan kita diberi dua pilihan. Pertama, bangkit lalu melanjutkan perjalanan hingga tercapainya impian kita. Kedua, kita menyerah dan berhenti di titik kegagalan kita. Tentu orang bijak akan mampu memilih yang terbaik untuk hidupnya.

Lalu apa yang harus kita lakukan di saat gagal? Setiap diri yang ingin sukses pasti diberi batu penghalang berupa kegagalan, maka dari itu ambillah batu penghalang yang sudah disediakan untuk kita, dengan kata yang lebih sederhana “Ambillah jatah gagal anda.” Tentu jatah gagal seseorang berbeda, tergantung dari sesuatu yang ingin digeluti. 

Kegagal yang kita terima merupakan sebuah ujian seberapa besar kita ingin sukses, jika satu, dua kegagalan saja kita menyerah, maka perlu dipertanyakan keseriusan kita meraih impian. 

Mari kita belajar dari Lincoln. Mungkin yang anda tahu, ia adalah seorang presiden di sebuah negara adidaya Amerika Serikat. 

Licoln merupakan presiden yang pantas dipertimbangkan oleh dunia. Berkat jasanya yang mampu menghapus perbudakan dan mempersatukan Amerika Serikat. Namun banyak orang tidak tahu jika ia merupakan presiden yang memiliki daftar kegagalan, penolakan dan kekalahan yang panjang. 

Ia kalah dalam pemilihan senat Illionis, ia mengalami kebangkrutan usaha, setahun kemudian, ia tidak terpilih dalam perebutan kursi legislatif, di tambah lagi dengan kekasih yang dicintainya meninggal dunia. 

Apakah dengan adanya kegagalan yang begitu panjang ia menyerah? Tidak, Licoln terus berusaha hingga pada akhirnya di tahun 1860 ia mampu menjadi presiden Amerika serikat.

Kisah selanjutnya yang akan menginspirasi kita semua adalah perjuangan Kolonel Sanders. Apakah anda pernah ke KFC, Kentucky Fried Chiken? Walau anda tidak pernah mencicipi langsung masakannya, namun saya yakin anda pernah melihatnyan bukan? 

KFC diciptakan oleh Kolonel Sanders dengan kemauan dan kerja keras. Di usianya yang sudah senja tepatnya pada usia 60 tahun, ia mulai menawarkan resep ayam gorengnya. Alhasil, ia mengalami penolakan sebanyak 1.009 kali. 

Namun berkat kepercayaan dirinya, Ia mampu bangkit dari kegagalan tersebut, hingga pada akhirnya dipertemukan dengan seseorang yang mau nerima resepnya.

Kedua kisah tersebut, mengajarkan kita bagaimana menghadapi kegagalan. Lincoln dan Kolonel Sanders merupakan sebagian dari orang sukses, yang mampu menyikapi kegagalannya menjadi sebuah kesuksesan yang luar biasa. 

Coba anda bayangkan seandainya Lincoln menyerah setelah dirinya tidak terpilih menjadi Anggota legislatif, mungkinkah dia akan menjadi presiden? Begitu dengan Kolonel Sanders, seandainya dia menyerah di angka 1.008 mungkinkah kita akan mendengar, melihat atau mencicipi menu makanan KFC?

Orang sukses merupakan mereka yang mampu belajar dari kegagalannya, semakin banyak kegagalan yang kita alami maka semakin banyak kita belajar, dan semakin banyak kita belajar maka akan semakin tangguh kita dalam mencapai kesuksesan. 

***

Demikianlah tulisan yang saya buat, teruslah mencoba, karena tidak ada orang sukses yang tidak mengalami kegagalan.