Tips Mencari Teman Yang Baik Supaya Semangat Hidup

 Tips mencari teman yang baik - Kamu merupkan siapa temanmu. Gambaran diri kita baik disengaja ataupun tidak, dapat ditentukan oleh siapa orang yang dekat dengan kita dan bagaimana kesehariannya mereka, jika sahabat anda orang baik kemungkinan besar diri anda termasuk orang baik, jika sahabat anda kurang baik maka besar pula kemungkinan anda termasuk salah satunya. 

Jika anda dekat dengan pemalas maka kemungkinan besar karakter sahabat kita tersebut akan diadopsi oleh diri kita dan jika kita dekat dengan seorang yang optimistis maka kita akan menjalani keseharian penuh dengan percaya diri dan semangat, oleh karenanya sangat penting mengetahui tips mencari teman yang baik.

Seekor kelinci seandainya bisa bersahabat dengan seekor singa maka iya akan menjadi hewan yang ditakuti di lingkungannya, begitupun dengan diri kita, cara mencari teman yang baik yang kita lakukan akanmenentukan masa depan kita.

Mencari Mendapatkan Teman Yang Baik

Mencari Teman Yang Baik

Cari teman yang baik adalah cara pertama saya ketika ingin menulis buku pertama, karena saya sadar, saya akan kesulitan memulainya, kesulitan konsisten, dan kesulitan untuk memasarkannya. Hal tersebut karena saya tidak berteman dengan orang yang baik dalam menulis buku.

Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari teman baik, saya dekati dia, hingga dia mau membimbing saya di dunia kepenulisan. Alhasil buku pertama saya selesai dan bisa dibaca oleh banyak orang. 

Sebenarnya yang saya lakukan sederhana sekali, yakni mencari teman yang baik yang mampu mendukung potensi yang saya miliki.

Begitupun diri anda, adakah teman terbaik yang mampu membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelum anda mengenalnya? Jika ada, janganlah pernah anda mencoba menjauhinya, bersahabatlah dengan ia. karena ia adalah teman yang bai bagi anda.

Karena besar kemungkinan seorang teman yang baik akan menjadi sumber semangat bagi diri anda. sahabat yang optimis, sahabat yang visioner, sahabat yang memiliki ilmu yang luas, sahabat yang mengatakan kekurangan kita tidak membenarkan kesalahan kita serta sahabat yang saling menasehati dalam kebaikan dan mampu semakin mendekatkan diri kita pada Allah SWT merupakan nikmat yang tiada tara.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Hidup Sukses Dunia Akhirat

Tips Mencari Teman Yang Baik Sebagai Api Semangat

Kata-kata teman yang baik

Jika anda memimiliki teman yang baik maka bersyukurlah, karena tidak mudah menemukan orang seperti itu di era sekarang ini. Saya menyebutnya mereka sebagai Api. Api yang mampu membakar semangat kita untuk mengasah potensi yang kita miliki.

Oleh karenanya, cari teman baik. Maka dapat dipastikan kehidupan anda lebih bersemangat dan penuh percaya diri, mereka akan selalu ada untuk kita, dikala senang maupun susah, dikala lapang maupun sempit. 

Bahkan mereka tidak Cuma ada, melaikan mereka akan menjadi orang pertama yang menyalakan api semangat di saat diri kita sedang dalam kondisi terpuruk.  Namun sebesar apapun api yang membakar kita jika kita memposisikan diri sebagai ‘Besi’ yang keras, maka diri kita akan sangat sulit untuk terbakar. 

Beda halnya,  jika kita memposisikan diri sebagai sebuah kapas yang lembut, sudah barang pasti api semangat yang ada dalam diri kita akan lebih mudah terbakar.

Ketidakmampuan kita memposisikan diri menjadikan ‘Api’ yang ada di sekitar kita enggan untuk membakar semangat kita. 

Sikap kita yang tidak menyenangkan, sering menyinggung, dan enggan mendengarkan nasehat merupakan salah satu penghalang bagi kita untuk memilikiteman yang baik. Bahkan orang yang memiliki karakter seperti itu sangatlah rawan dijauhi oleh orang lain bahkan di cap sebagai orang yang tidak layak di jadikan teman. 

Pernahkah anda melihat orang seperti itu? Jika iya. Anda pasti lebih cendrung berfikir untuk menjauhinya. Bukan demikian?

Mencari teman yang baik tidaklah semudah kita mencari teman yang biasa-biasa saja, tentu saja semakin baik teman yang mau kita jadikan sahabat, maka semakin baik pula upaya yang harus kita lakukan supaya bisa di terima oleh mereka. 

Mungkin setiap diri kita memiliki tips tersendiri untuk mendekati mereka, seperti bersahabat dengan sahabatnya. 

Baca juga: Meninggalkan Zona Nyaman Menuju Zona Yang Lebih Nyaman

#3 Cara Mencari Sahabat Yang Baik

Tips mencari teman yang baik

Mencari teman curhat yang baik yang mempu mengangkat motivasi kita , kita herus melakukan tiga langkah berikut:

  1. Menghormati Teman yang baik

    Cara mencari teman curhat yang baik dimulai dari menghormati setiap teman yang dekat dengan kita. Setiap manusia yang ada di dunia ini sangatlah tidak suka dipandang sebelah mata oleh orang lain, mereka pasti ingin keberadaannya diakui oleh lingkungan sekitarnya.

    Mereka sangat senang jika kita hormati, menghormati teman yang baik merupan cara terbaik untuk menghormati diri kita. Ketidakmampuan kita menghormati orang lain hanya menjadi bumerang bagi kesuksesan kita. 

    Jika anda ingin dekat dengan teman yang baik, maka hormatilah ia dengan tulus. Karena menghormati orang lain dengan cara yang tidak tulus hanya menghasilkan penderitaan bagi diri kita.

  2. Mau Belajar Dari Teman Yang Baik

    Cara mendaatkan teman yang setia adalah dengan cara sudi mendengar dan siap belajar padanya. Salah satu bentuk penghormatan terhadap teman yang baik adalah kesediaan kita untuk belajar darinya. Silahkan anda katakana padanya jika anda mengaguminya dan anda ingin sekali belajar darinya. 

    Saya yakin sekali, mereka tidak akan mengusir anda atau bahkan membenci anda, karena pada dasarnya setiap manusia akan merasa senang, bangga dan bergengsi jika ada orang lain yang ingin belajar darinya. 

    Oleh karenanya bukalah hati kita, bukalah fikiran kita, serta bersikap rendah hati, tampakkan jika anda betul-betul ingin berteman dengannya.

  3. Sediakan Apa yang Disukai Teman Baik Kita

    Cara cari teman yang baik terakir adalah sediakan apa yang mereka inginkan. Langkah yang ketiga merupakan sediakan apa yang disukai oleh teman terbaik kita. jika anda ingin memancing ikan janganlah kasih apa yang kita sukai pada ikan melainkan berilah apa yang disukai oleh ikan. 

    Jika anda menyukai roti goreng dan ikan menyukai udang, maka janganlah anda kasih roti goreng anda pada ikan, tentu akan ditolak mentah-mentah, tapi berilah ia udang maka ia dengan sendirinya akan dekat dengan kita.

Gunakan Teman Yang Baik Sebagai Penggali Potensi Diri

Mencari teman terbaik

Setelah teman yang baik dekat dengan kita janganlah anda mencoba untuk menjauhinya. Dekatilah ia, karena dia akan menjadi sumber semangat untuk mengembangkan potensi yang anda miliki. 

Jika anda ingin berbisnis, maka mencarilah teman yang baik dibidang bisnis, jika anda ingin menjadi politisi maka carilah teman yang baik di dunia organisasi atau politisinya langsung, dan jika anda ingin menjadi seorang penulis maka dekatilah teman yang baik di dunia kepenulisan. 

Baca juga: Jadilah Sukses dengan Bersyukur

Setelah anda dekat dengan teman yang baik silahkan pergunakan dengan baik untuk belajar darinya menggali pengetahuannya, atau jika orang yang kita dekati adalah sama seperti anda yakni masa berjuang maka berjuanglah bersamanya.

Dalam proses menggali potansi diri memang dibutuhkan kesabaran dan kerja keras untuk bisa memoles potensi kita menjadi berlian yang sangat luar biasa. Jangan biarkan masa depanmu busuk karena kesibukan yang tidak bermanfaat, nongkrong dengan sahabat-sahabat yang tidak memilik arah akan membuat kita bingung menantukan langkah untuk menjalani hidup ini. 

Oleh karenanya kita membutuhkan teman yang baik yang memiliki api semangat yang luar biasa, kita butuh mereka sebagai partner berjuang dan mengembangkan potensi diri.

Akan tetapi, janganlah kita selalu bergantung dengan teman baik kita, ingat kita memiliki hidup sendiri, adakalanya kita membutuhkan mereka adakalanya hanya diri kitalah yang mampu menjadi teman terbaik bagi masa depan kita. 

Teman yang baik hanya memberi saran atau hanya menjadi contoh bagi kita, mereka tidak bisa mengbuat diri kita seperti mereka atau bahkan lebih baik dari mereka, kecuali diri kita sendiri. 

Mereka merupakan simbol bagi kita untuk dijadikan petunjuk atau bahkan pendamping untuk mencapai kesuksesan yang kita inginkan. 

Sekali lagi saya katakan jika kita mau belajar dan mau berjuang maka teman yang baik yang berada disekitar kita akan menjadi manfaat yang luar biasa bagi kita.

Maka dari itu, selain kita mencari teman yang baik, kita juga harus menjadi sumber semangat bagi diri kita sendiri. 

Teman yang baik hanya membantu kita dari luar, sedangkan diri kita merupakan eksekutornya, sebaik apapaun teman kita, jika kita menutup rapat hati kita maka akan sulit untuk terpengaruh olehnya. Jadi, belajarlah dari teman yang baik, bersahabatlah dengan mereka, setelah itu janganlah anda bergantung padanya, jadilah api bagi diri anda sendiri.