Meningkatkan motivasi Semangat Hidup untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki

Ilustrasi Motivasi Semangat Hidup Untuk Mengembangkan kemampuan Diri

Motivasi semangat hidup sangat kita butuhkan sebagai acuan  ketika semangat kita sedang menurun, Dengan motivasi semangat hidup kita akan senantiasa berfikir positif  terkait hidup ini dan lebih yakin untuk bertindak melakukan suatu perubahan.

Orang yang tidak memiliki motivasi semangat hidup akan cendrung pesimis dan takut dalam menjalani hidupnya. Oleh karenanya tulisan ini akan membantu anda untuk meningkatkan motivasi semangat hidup anda.

Oleh karenanya saya anjurkan anda membaca tulisan ini sampai selesai, jika tidak. Maka pesan motivasi terkait meningkatkan semangat hidup dalam tulisan ini akan anda terima kurang maksimal.

Tulisan ini berangkat dari cerita sahabat saya. Dalam ceritanya Ia sedang terpuruk dan motivasi semangat hidupnya berada pada titik yang paling rendah.

Ia menyampaikan jika Ia sudah tidak percaya bisa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Masalah dalam hidupnya sangat beragam, seoalah hanya ia yang memiliki masalah di dunia ini hehe.

Setelah mendengarkan ceritanya yang penuh keluh kesah, kemudian saya memberinya nasehat sehingga mampu membangkitkan motivasi semangat hidupnya kembali.

Belajar dari "Pisau" Untuk Meningkatkan Motivasi Semangat Hidup

Belajar Dari Pisau Untuk Meningkatkan Motivasi Semangat Hidup

Siapa yang tidak tahu pisau? Tentu semua orang tahu benda ini. Apalagi ibu-ibu yang sering di dapur. Pisau dapat digunakan untuk mengiris bumbu masakan, pisau juga bisa di gunakan untuk memotong daging. 


Mungkin yang kurang anda perhatikan adalah pisau memiliki dua sisi, sisi yang tajam dan sisi yang tumpul dengan adanya sisi tajam itu pisau bisa berguna bagi kehidupan dan jika dimaksimalkan akan menjadi alat untuk meningkatkan motivasi semangat hidup bagi dirinya.


Jika anda memiliki dua sisi yang berlawanan yakni kelebihan dan kekurangan diri, dari kedua sisi itu manakah yang paling dominan dan menghabiskan waktu anda lebih banyak? 


Apakah anda sibuk mengasah sisi tumpul pisau hidup anda atau anda sibuk mempertajam sisi satunya? Terkadang orang memiliki potensi di bidang olahraga namun kurang di bidang akademik, ada orang yang mahir bernyanyi namun tidak bisa melukis dan begitu sebaliknya.


Jika anda ibarat pisau, maka fokuslah pada sisi tajam (kelebihan) hidup anda, sisi tumpul yang anda miliki akan memperlambat kesuksesan anda, jika anda mahir di bidang olahraga maka pelajarilah tehnik olahraga dan seringlah mempraktikkannya, jika anda mahir bernyanyi maka gunakanlah waktumu untuk melatih suara anda, dan jika anda memiliki potensi di bidang melukis maka, asahlah kemampuan itu, kenapa demikian? karena sisi pisau yang tajam dapat lebih mudah mengiris bumbu di banding sisi pisau yang tumpul.


Setajam apapun pisau yang kita miliki apabila tidak diasah dengan tekun maka akan berkarat. Begitu pula kemampuan kita, apabila tidak diasah dengan baik, tidak dipelajari sungguh-sungguh maka tidak akan berfungsi, banyak di kalangan kita yang hidup biasa-biasa saja lantaran enggan mengasah kemampuan yang dimilikinya. 


Perlu kita ingat, hidup adalah proses dan proses akan menentukan hasil akhir. Kemampuan yang kita miliki merupakan modal untuk menjemput kesuksasan yang kita dambakan. Namun syarat supaya kita bisa menjemputnya yakni harus mengasah terlebih dahulu. Siapa yang lebih sering mengasah maka ia akan lebih tajam.


Lantas apa yang harus dilakukan setelah pisau kita tajam? Fungsi pisau yakni untuk mempermudah kita dalam sebuah urusan tertentu, setajam apapun pisau yang kita miliki jika tidak digunakan maka tidak akan pernah bernilai manfaat. 


Jika anda memiliki kemampuan bermain sepak bola yang handal, namun anda tidak menggunakannya untuk bertanding maka kemampuan yang anda miliki akan hilang di telan zaman. 


Jika anda memiliki bakat mengajar namun anda tidak pernah mengajar alias berbagi ilmu pada generasi setelah anda maka kemampuan mengajar anda akan tumpul dengan sendirinya.


Oleh karenanya asah dan manfaatkanlah potensi kita. kenapa demikian? karena potensi diri merupakan transportasi paling mudah dan cepat mengantarkan kita pada kesuksesan. 


Coba anda bedakan disaat anda lewat jalan raya untuk mengunjungi tempat tertentu yang letaknya jauh dari anda, lebih cepat manakah naik sepeda motor dengan dengan jalan kaki? Tentu orang awampun menjawab naik sepeda motor. 


Begitu pula dengan kesuksesan, anda akan lebih mudah menggapai mimpi anda jika menggunakan tranportasi yang lebih cepat namun anda akan lama menggapai kesuksesan itu jika hanya sibuk mengasah kekurangan anda.


Menurut anda apa persamaan dari semua orang yang saya sebut ini?  Lionel Messi, Madonna, Tiger Woods, Valentino Rossi, Warren Buffett dan Nick Vujicic. 


Mungkin anda akan kebingungan menentukan kesamaan dari mereka semua. Leonel Messi merupakan pemain sepak bola terkenal, Madonna merupakan penyanyi yang sangat terkenal, Tiger Woods berprofesi sebagai pegolf professional, Velientino Rossi merupakan Pembalap sepeda motor, Werren Buffett adalah seorang investor saham dan Nick Vujicik merupakan motivator tanpa tangan dan kaki.


Mereka semua memang memiliki profesi yang berbeda, latar belakang yang berbeda, usia yang juga berbeda. Namun kesamaan yang mereka miliki adalah mereka FOKUS pada kelebihan yang dimilikinya, mereka terus mengasah kemampuannya hingga menjadi seperti saat ini. 


Coba anda bayangkan ketika Lionel Messi mencoba untuk menjadi pembalap motor sedangkan ia tidak memiliki kelebihan disana, Valentino Rossi mencoba untuk bermain sepak bola, mungkinkah mereka akan sukses seperti sekarang? tentu saja kemungkinan terbesarnya tidak. Maka dari itu,. Fokuslah pada pisau tajam anda.


Apakah dengan begitu saya melarang anda untuk mengasah kekurang anda? Tentu saja tidak. Silahkan jika anda ingin mengasah kekurangan yang anda miliki menjadi lebih baik, namun anda harus mempertimbangkan jika anda fokus pada kekurangan untuk di asah, sejauh manakah anda akan sukses? 


Jika suara anda kurang enak (untuk tidak mengatakan tidak enak) coba anda fikirkan, berapa besarkah peluang anda untuk sukses di dunia tarik suara? Tentu saja kecil. Bedakan jika anda memiliki kemampuan melukis kemudian mengasahnya, bukankah begitu kemungkinannya lebih besar?


Semakin anda fokus pada kelebihan yang anda miliki serta anda mau bersungguh-sungguh untuk menggapainya maka anda akan mendapatkan ide-ide yang brilian, peka pada lingkungan, tidak mudah berputus asa, hati yang lapang serta kesabaran yang hebat. 


Bukankah hal itu merupakan kunci dari kesuksesan? Lantas nunggu apa lagi teruslah asah pisau tajam anda, jangan berhenti untuk mempergunakan pisau itu hingga engkau di hadiahi sebuah kesuksesan oleh sang Pemilik kesuksesan itu sendiri.


Namun kita harus ingat, ketika kita dalam memperjungkan sebuah kesuksesan diri banyak sekali terdapat bisikan-bisakan pada diri ini untuk berhenti mengasah pisau tajam kita, untuk berhenti menggunakan pisau kita bahkan banyak sekali godaan yang menjerumuskan kita pada kerendahan diri seperti menganggap diri ini hanya memiliki kekurangan, dan lupa pada kelebihan yang sangat luar biasa.


Jika hal itu sudah merasuk dalam fikiran anda silahkan lawan, jika anda takut melawan maka sejarah kehidupan tidak akan mencatat anda sebagai manusia yang dipertimbangkan oleh zaman. 


Dari tulisan ini dapat kita simpulkan tidak ada alasan untuk membiarkan hidup kita dalam keterpurukan, ayo bangkit dan biasakan motivasi semangat hidup hadir secara otomatis dalam hidup anda.


Sehingga membuat anda lebih mudah untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki sehingga menghasilkan nilai yang besar.