Nasehat Hidup: Anak Muda Sibuklah Mengasah Potensi Diri

Anak muda sibuklah

Siapa yang tidak ingin sukses dan memiliki prestasi di usia muda? Tentu semua orang yang ada di dunia ini menginginkannya, termasuk anda. Namun terkadang keinginan kita hanyalah berupa angan-angan di siang hari lalu hilang di malam hari. Sebenarnya mimpi yang anda cadangkan sungguh layak untuk anda bawa pulang lalu anda hadiahi pada orang-orang yang anda sayang. 

Namun, apakah menggapai semua itu cukup dengan bermimpi? Memang mimpi itu penting tetapi yang lebih penting adalah usaha anda untuk menggapai mimpi itu. Oleh karenanya selagi masih muda SIBUKLAH untuk mengasah potensi yang ada pada diri anda, hingga potensi itu berbuah prestasi yang luar biasa.

Kesibukan meraih mimpi merupakan bentuk keseriusan anda pada masa depan. Mungkin anda sering mendengar istilah “masa sekarang adalah cerminan masa depan” jika hari ini anda sibuk dengan kebaikan, maka sudah pasti kelak anda akan menerima kebaikan itu, apa yang anda tanam hari ini akan anda panen esok. 

Orang yang cendrung bermalas-malasan sebenarnya ia sedang menabur duri diperjalanan hidupnya, yang akhirnya akan merugikan dirinya sendiri.

Bahkan kesibukan kita sekarang akan menjadi pembeda dengan orang yang lebih bersantai riya. Jika anda tidak percaya dengan hal ini, silahkan anda cari 2 orang yang ada di sekitar anda, di antaranya: pertama, orang yang anda anggap orang sukses. Kedua, orang yang anda anggap kurang beruntung, silahkan anda wawancai mereka, tanyakanlah masa mudanya, mereka habiskan untuk apa. 

Saya yakin orang yang lebih sukses akan menjawab bagaimana ia disibukkan oleh aktivitas yang penuh dengan perjuangan, sedangkan orang yang kurang beruntung pasti ia hanya disibukkan oleh sesuatu hal kurang bermakna dalam hidupnya.

Kesibukan kita memperjuagkan impian merupakan investasi diri paling berharga. Investasi dalam bentuk ini tidak ada istilah untung rugi, yang ada adalah untung, untung dan untung. Suatu kebaikan yang kita lakukan pasti akan menghasilkan kebaikan pula. jika tidak di dunia, tentu akan dibalas di akhirat kelak. 

Lantas kesibukan apakah yang dapat mengantarkan anda pada kesuksesan? Banyak sahabat saya sibuk tapi mereka tidak sukses? Selama kesibukan yang kita lakukan bernilai manfaat pasti kesibukan itu akan membawa kita pada kesuksesan.

4 Kesibukan Untuk Meraih Kesuksesan

Selagi masih muda sibuklah mengejar impian yang anda canangkan. Berikut 4 kesibukan yang saya sarankan untuk anda:

Mengembangkan Ilmu Pengetahuan

Mengembangkan ilmu pengetahuan merupakan kesibukan yang sangat dianjurkan bagi pemuda karna semakin dalam ilmu yang kita miliki maka akan semakin mudah kita menggali potensi yang kita tekuni.

Kita ibarat berjalan di tempat yang gelap maka ilmu merupkan sebuah cahaya yang menyinari gerak langkah kita, dengan ilmu itulah kita akan lebih cepat sampai pada suatu tujuan yang kita inginkan.

Membangun Jaringan

Selain mengembangkan ilmu pengetahuan kita sangat dianjurkan mencari sahabat sebanyak-banyaknya, semakin banyak sahabat yang dekat dengan kita maka semakin mempermudah gerak langkah kita meraih sukses. 

Kenapa demikian? Karena mereka akan menjadi mitra kita dalam berupaya menggaapai sesuatu yang kita impikan atau mungkin mereka yang akan menjadi sumber informasi bagi kita tentang sesuatu yang mendukung masa depan kita, baik pekerjaan, Ilmu, dan lain sebagainya.

Berbisnis

Berbisnis merupakan sesuatu kebutuhan bagi pemuda yang ingin mandiri, dengan berbisbis kita bisa mengurangi beban orang tua yang sejak kecil membiayai seluruh kebutuhan kita. Mungkin mereka tidak pernah mengeluhkan penderitaannya pada kita. 

Namun hanya pemuda hebatlah yang mampu membaca kondisi orang yang kita sayang (orang tua). Berbisbis merupakan kesibukan yang akan menjawab semua itu. 

Meski banyak sekali alasan yang membuat kita berfikir dua kali untuk memulainya, seperti sibuk ngerjakan tugas sekolah/kuliah dan lain-lain. Namun tidak sedikit pemuda yang mampu mengatur waktunya sehingga ia memiliki penghasilan sendiri. Saya berharap anda termasuk pemuda yang seperti itu.

Sibuk Mendekatkan Diri Pada Allah

Dari sekin banyak kesibukan yang kita lakukan, mendekatkan diri kepada Pemilik kehidupan ini merupakan kesibukan yang mendasar dan paling utama. 

Apalah arti kita memiliki pengetahuan yang luas jika pada akhirnya kita menyalahkan ajaran agama yang kita anut. Apalah arti memiliki sahabat yang banyak jika sahabat kita semakin menjauhkan hubungan kita denganNya dan apalah arti memiliki kekayaan yang banyak jika kita merasa sombong dan tidak mau bersyukur pada Pemilik kekayaan itu sendiri. 

Apapun kesibukan yang anda lakukan akan lebih bermakna jika diniatkan karna Allah SWT.

Jika diusia muda kita sudah dipenuhi kesibukan-kesibukan yang positif maka di usia senja kita akan penuh dengan kebahagiaan, kenapa demikian? Karna sesuatu yang baik tidak akan mendatangkan keburukan. 

Sesuatu yang kita tanam akan kita panen. Oleh karenanya selagi kita muda, perbanyaklah amal kebajikan sebagai bekal kita menjelang masa depan. 

Namun ingat, setan tidak akan tinggal diam, mereka lebih menginginkan kita terjerumus pada jurang kebinasaan. dengan membuat kita sibuk oleh sesuatu yang tidak bermanfaat.

Kesibukan yang tidak bermanfaat merupakan tanaman negatif yang akan menghasilkan buah kehancuran diri kita. Apalagi di usia muda yang perjalanan hidup masih panjang. 

Siapapun yang terjebak oleh lingkaran setan akan membuat ia terpenjara oleh kegiatan yang merusak masa depannya. Betapa banyak pemuda yang mengonsumsi narkoba, melakukan seks bebas, dan kegiatan negatif lainnya. Padahal semua itu merupakan sesuatu yang dilarang oleh agama.

Apa sebenarnya yang membuat pemuda lebih memilih bersantai riya di usianya? Dari hasil pengamatan penulis, yang membuat demikian merupakan pola fikir yang salah “Selagi muda bersenang-senanglah, nanti terserah nanti”.

Bahkan timbul semboyan “Muda foya-foya, tua bahagia dan mati masuk surga” sungguh bagi orang yang memiliki pola fikir yang normal pernyataan itu sangatlah tidak masuk akal, tidak ada ceritanya kesuksesan masa depan didapat dengan kegiatan foya-foya, melainkan kesuksesan didapat melalui kerja keras dan penuh ketekunan.

Oleh karena itu, janganlah anda sibukkan usia muda anda dengan kegiatan yang tidak menuai manfaat, kegiatan yang menjerumuskan anda pada masa depan yang kurang baik dan pada akhirnya membuat anda kehilangan sesuatu yang sangat berharga dalam hidup ini yakni MIMPI. 

Isilah usia muda anda dengan sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri anda, keluarga anda, masyarakat di sekitar anda serta untuk negara anda. Mengingat di tangan pemudalah masa depan bangsa ini dipertaruhkan. 

Jika pemudanya hanya sibuk dengan sesuatu yang membunuh mental bangsa ini maka sudah jelas bangsa ini akan menjadi bangsa yang tertinggal, namun jika pemudannya sibuk menanam benih manfaat buat sesamanya maka bisa kita prediksi bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar. Sekali lagi, Sibuklah dan raihlah mimpi anda.