Niat dan Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan

Bagi anda yang sudah berhubungan intim dengan pasangan atau anda sudah mengalami nifas dan junub tentunya anda harus melaksanakan mandi wajib.

Melaksanakan mandi wajib tentu berbeda dengan mandi biasa karena ada tatacara dan doa mandi wajib.

Mengapa tulisan ini penting, karena pada umumnya setiap muslim dan muslimah jika sudah menginjak remaja harus faham terkait tatacara mandi wajib.

Kenapa demikian? karena sudah menjadi hal pasti seorang laki-laki akan mengalami keluar mani dan bagi perempuan mengalami haid.

Dalam islam mandi wajib juga disebut mandi besar, oleh karenaya praktiknya harus dilakukan dengan benar supaya tidak merusak praktik ibadah lainnya salah satunya seperti shalat.

Karena alasan tersebut tentu saja anda sebagai umat muslim harus mengerti dan faham terkait tatacara dan doa yang dibaca ketika akan melaksanakan mandi wajib.

Niat mandi wajib setelah berhubungan dengan pasangan

Niat Doa Mandi Wajib Serta caranya


Bagi anda yang sudah berumah tangga pasti akan melakukan hubungan suami istri, yang membuat anda harus mandi wajib. Apalagi jika anda pengantin baru, bisa jadi anda mandi wajib sebanyak 10 kali dalam sehari hehe.

Nah bagi anda yang tidak tahu seperti apa lafat dan bacaan saat mandi wajib karena junub mari simak penjelasan berikut ini.

Tata Cara Mandi Wajib

Apakah mengetahui niatnya saja sudah cukup? Tentu saja tidak. anda harus tahu pula tata cara melakukan mandi wajib. 

Adapun caranya sebagai berikut:

- Sebelum anda masuk kamar mandi usahakan membaca doa dam masuk dengan kaki kiri

- Ucapkan niat mandi wajib di atas dalam hati sembari menyiramkan air ketubuh. Untuk niat anda bisa menggunakan bahasa arab atau bahasa apapun.

- Mengalirkan air dari kepala sebanyak 3x

- Mengalirkan air dari bagian pundak sebelah kanan sebanyak 3x

- Mengalirkan air dari bagian pundak kiri sebanyak 3x

- Mandilah seperti biasa, usahakan anda mandi dengan membasuh seluruh tubuh secara merata.

- Cara terkhir membasuk kaki kanan 3x dan kaki kiri 3x

- Selesai

Penyebab Mandi Wajib Serta Doanya

Baiklah, sebelum kita jelaskan lebih jauh, alngkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa saja yang menyebabkan mandi wajib.

Penyebab Mandi Wajib

Mengetahui penyebab mandi wajib adalah keharusan bagi kita orang muslim, karena jika kita tidak faham akan berakibat sangat fatal. Kenapa demikian? Tentu saja karena akan mengganggu ibadah lainnya.

Berikut penyebab kita harus mandi wajib:

Berhubungan Intim/Senggama/Jimak

Berhubungan intim menjadi keharusan bagi pasangan suami istri, karena hal tersebut termasuk nafkah bathin. Bahkan hubungan intim juga berpengaruh pada tingkat keharmunisan keluarga.

Hubungan intim menjadi penyebab pertama untuk melakukan mandi wajib. Kenapa kita harus mandi wajib setelah melakukan jimak? Jawabanya karena anda manusia bukan hewan hehe.

Hubungan intim juga merupakan cara bagi pasangan suami istri untuk memiliki keturunan dengan tujuan untuk melangsungkan hidup kedepannya.

Walau demikian kita jangan sampai hanya tahu cara jimak saja tanpa mengerti bagaimana tata cara mandi wajib setelahnya.

Keluar mani sengaja atau tidak

Sebab kedua yang membuat kita harus mandi wajib yaitu mengeluarkan mani baik sengaja atau tidak. Maksutnya walau kita mengeluarkan mani tanpa disengaja harus tetap melakukan mandi wajib.

Emangnya bisa keluar mani tanpa disengaja?

Pertanyaan macam apa itu, tentu saja bisa contohnya seperti kita saat mengalami mandi basah dll.

Haid dan Nifas 

Jika keluar mani hanya dirasakan oleh kaum adam, maka keluar darah haid atau nifas hanya dialami oleh seorang perempuan.

Keluar darah haid pada wanitia merupakan sesuatu yang wajar, bahkan jika seorang wanita tidak mengalami haid perlu dipertanyakan kewanitaanya hehe. Jangan-jangan dia adalah mahluk transgender hehe.

Masa haid seorang wanita paling cepat hanya 1 hari dan paling lama adalah 15 hari. Darah haid wanita akan datang setiap satu bulan sekali dengan periode haid seperti yang telah saya jelaskan.

Bagi anda yang pernah melahirkan pasti mengalami keluar darah nifas. Darah nifas setelah melahirkan paling cepat satu semburan, Waktu sedang 40 hari dan paling lama 60 hari. Lama juga ternyata hehe.

Apa yang harus seorang wanita lakukan setelah selesai haid dan nifas?

Setelah mengalami haid dan nifas langkah selanjutnya adalah mandi wajib, sebagaimana yang diperintahkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW dalam hadist Bukhori dan Muslim.

Rasulullah menganjurkan kepada kita ketika dalam kondisi haid untuk tidak shalat, dan kita dianjurkan ketika haid sudah selesai untuk melakukan mandi wajib.

Artinya: “Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta’ala.”

Mualaf Atau baru Masuk Islam

Selain faktor di atas yang menjadi penyebab harus mandi wajib adalah orang pertama masuk islam atau dengan kata lain mualaf.

Oleh karenanya jika anda memiliki kerabat atau siapapun yang baru masuk islam ajari meraka untuk melakukan mandi wajib sebelum melaksanakan ibadah lainnya.

Orang Meninggal

Seorang yang sudah meninggal atau mayyid atau sebutan lainnya adalah janazah, harus dilakukukan mandi wajib. 

Emangnya bisa janazah mandi wajib?

Wah, pertanyaanmu semakin lucu, tentu saja bukan mandi sendiri tapi dimandikan oleh kaum muslimin yang masih hidup.

Setelah melaksanakan mandi wajib janazah kemudian dikafani, dishalatkan dan dikuburkan. Jika hal itu tidak dilakukan maka orang satu kampung akan mendapatkan dosa. Karena hal itu hukumnya fardhu kifayah.

Sebagai catatan hal tersebut menjadi tidak wajib apabila kondisi badan yang meninggal tidak memungkinkan untuk dilaksanakan mandi wajib. Selain itu yang meninggal bukan sedang mati syahid.

Nah, Ini perlu dipaparkan dalilnya?

Anda terlalu tidak percayaan ternyata, dikit-dikit dalil. baiklah, bagi ummat muslim yang meinggalnya secara syahid maka tidak diwajibkan mandi sebagaimana perintah Rosulullah dalam sebuah haditsnya :

Selain itu ada yang perlu kamu ketahui yaitu penyebab mandi wajib kita tidak sah

Penyebab Mandi Wajib Tidak Sah

1. Air yang digunakan Najis

2. Tidak melakukan tata caranya dengan benar

3. Tidak melafalkan niat mandi wajib

4. Tidak membasuh seluruh tubuh

Demikianlah tulisan yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat dan anda yang awalnya kurang faham tentang mandi wajib sekarang bisa lebih mengerti.