Pentingkah Pendamping Desa? Ini Penjelasan Singkatnya

Pentingkah pendamping Desa

Pentingkah Pendamping Desa? Ini Penjelasannya

Mungkin sebagian orang mempertanyakan apakah penting adanya pendamping desa? ada juga yang yang beranggapaan jika kerjanya pendamping Lokal Desa hanya berfoto dan kemudian membuat laporan untuk kepentingan dirinya?

Apakah hal tersebut benar?

Oke, untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus tahu terlebih dahulu apa tugas seorang pendamping lokal desa.

Tugas Pokok Pendamping Lokal Desa

Adapun tugas pendamping desa sebagai berikut:

Fasilitasi dan pendampingan terhadap kegiatan pendataan

Tugas pertama seorang pendamping lokal desa adalah menfasilitasi dan pendampingan terhadap desa dalam melakukan pendataan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan desa yang kemudian di buktikan dengan membuat laporan.

Pendamping Lokal Desa diharapkan mampu mendampingi pemerintah desa dalam meninjau ketersediaan dan ketepatan waktu dokumen-dokumen perencanaan, pelaksanaan, pertanggung jawaban dan pengawasan pembangunan desa. hal ini juga di buktikan dengan Laporan.

Percepatan Pencapaian SDGs Desa

Tugas pokok selanjutnya adalah melakukan fasilitasi dan pendampingan dalam rangka mempercepat tercapainya SDGs Desa.

Dalam melakukan pendampingan ini pendamping Lokas Desa diharapkan menfokuskan pada data SDGs dan Indeks Desa terapdate setiap tahun, yang kemudian dibuktikan dengan laporan.

Fasilitasi dan Pendampingan pengembangan ekonomi lokal

Dalam tugas ini maka pendamping lokal desa bertugas untuk menfasilitasi dan mendampingi desa dalam pengembangan ekonomi lokal dan Bumdes/Bumdesma.

terlebih dalam melakukan pendaftaran, pemutakhiran data dan terakreditasi sesuai jadwan. Dalam menjalankan tugas tersebut dibuktikan dengan laporan.

Meningkatkan partisipasi masyarakat

tugas selanjutnya adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa yang dibuktikan dengan meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa.

Melakukan aktivasi kelembagaan masyarakat

Tugas selanjutnya adalah aktivasi kelembagaan masyarakat dalam mendukung pembangunan desa seperti karang taruna dan lain sebagainya.

Dalam tugas ini diharapkan lembaga yang diaktvasi mampu tumbuh dan berkembang serta terlibat aktif dalam mendukung pembangunan desa.

Meningkatkan kapasitas Diri

Tugas pokok selanjutnya adalah meningkatkan kapasitas diri baik secara mandiri atau melalui komunitas belajar.

Selain meningkatkan secara mandiri diharapkan pendamping lokal desa aktif melibatkan dirinya dalam komunitas pembelajaran yang diadakan oleh pemerintah ataupun non pemerintah dan pihak lainnya.

Melaporkan Pelaksaan Tugas

Tugas seanjutnya adalah melaporkan pelaksanaan tugas yang telah dilakukannya melalui aplikasi Daily Report Pendamping Des, terlebih laporan elektronik tugas PD.

Dan melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Kementrian.

Setelah kita mengetahui tugas pokok tersebut barulah kita dapat menyimpulkan jika adanya pendamping desa sangatlah penting. terlebih untuk pengawasan dana desa yang telah digelontorkan oleh pemerintah pusat.

Jika di derahmu pendamping tidak bekerja sebagaimana mestinya itu murni kesalahan dari pribadi sosk pendamping tersebut.