6 Pondok Pesantren Di Bangkalan Yang Paling Rekomended

Pondok Pesantren Di Bangkalan menjadi tempat paling cocok bagi putra-putri kita untuk menimba ilmu, Baik ilmu agama atau ilmu umum.

Kenapa harus Bangkalan?

Sebenarnya tidak harus di Bangkalan, dimanapun anda ingin memondokkan anak yang penting tujuannya adalah untuk mencari ilmu dan mencari barokah.

Jika sebelumnya saya mengulas tentang kampus di Bangkalan, kali ini saya akan memberikan ulasan beberapa pondok yang ada di Bangkalan.

Rekomendasi Pondok pesantren Di Bangkalan Madura

6 Pondok Pesantren Di Bangkalan Yang Paling Rekomended
Daftar Pondok Pesantren Di Bangkalan

Sebenarnya di Kabupaten Bangkalan terdapat banyak sekali pondok pesantren, Namun pada tulisan ini saya hanya akan mengulas tentang 10 Pondok Pesantren di Bangkalan Madura.

1. Pondok Pesantren Nurul Cholil, Bangkalan

Pondok pesantren Nurul Cholil Bangkalan didirikan oleh KH. Muntashor pada tahun 1957. Awal berdirinya pondok ini bertempat di mushola dan hanya memiliki satu santri bernama syafi'i.

Pondok yang berlokasi di Jalan KH. Moh. Kholil III Nomor 10, Demangan Barat, Bangkalan, Jawa Timur diberi nama Nurul Cholil pada tahun 1992

2. Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Demangan, Bangkalan

Pondok ini berlokasi di Jl. KH. Moh, Kholil I No, 6, Demangan Bangkalan Madura. Sebelum mendirikan pondok ini Syaikhona Moh. Kholil mendirikan pondok yang berlokasi di Jengkebuan Bangkalan.

Kemudian pondok tersebut diserahkan pada menantunya. Pada tahun 1861 Syaikhona kholil mendirikan pondok lagi di kademangan yang sekarang dikenal dengan nama PP Syaikhona Moh Kholil.

3. Pondok Pesantren Al-Hikam

Pondok pesantren Al-Hikam didirikan pada tahun 2003 oleh KH. M. Nuruddin A. Rahman. Pondok ini didirikan berdasarkan keinginan untuk membangun sebuah pesantren yang mampu mendidik santri menguasai IPTEK dan IMTAQ.

Pondok ini berlokasi di Jalan Raya  Perumnas No. 1, Tunjung, Burneh, Bangkalan, Jawa Timur.

4. Pondok Pesantren Asshomadiyah

Pondok ini didirikan oleh santri Syaikhona Kholil Bangkalan yaitu Kiai Abdus Shomad. Di tahun 1950 pondok ini pimpin oleh putranya yakni KH. Makki Sarbini.

Pondok yang berlokasi di Desa Mortorang, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur sekarang diasuh oleh KH. Abdullah Muhaimin.

5. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy

Pondok pesantren selanjutnya adalah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy yang berlokasi di Jalan KH. A. Dahlan Patereman, Modung, Kedungdung Bangkalan.

Pondok ini didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan Pada Tahun 1871. Pada awalnya pondok ini hanya mengajarkan ilmu agama dengan metode sorogan. 

6. Pondok Nurul Amanah

Pondok pesantren Nurul Amanah didirikan oleh Drs. KH. M. Jazuli Nur, Lc dan Nyai Hj. Siti Ma'rifah Makki. Pondok ini secara yuridis didirikan pada tahun 1994 sedangkan diresmikan pada tahun 1996.

Pondok ini berlokasi di dua kecamatan antara kecamatan tragah dan kecamatan tanah merah tepatnya di desa Pamorah dan desa Basana.

Demikianlah daftar pondok yang ada di bangkalan semoga bermanfaat dan teruslah menjadi bagian dari penegak agama Allah.