5 Ciri-Ciri Wartawan Bodrex Serta Cara Mengatasinya.

Wartawan bodrex adalah sebuah panggilan yang diberikan kepada oknum wartawan yang telah menyalah gunakan profesi sebagai seorang wartawan.

Oknum Wartawan jenis ini biasanya tidak hanya mencari berita namun juga memeras narasumber yang dikunjunginya. Atau dengan bahasa lain tak ada uang, beritapun jadi hehe.

Kenapa kok dinamakan wartawan bodrex?

Wartawan bodrex

Sebenarnya wartawan bodrex juga dikenal dengan wartawan abal-abal dan wartawan amplop. Kenapa demikian? Karena mereka hanya sibuk mengumpulkan uang dengan cara memeras korbannya.

Istilah wartawan bodrex muncul sekitar tahun 1980-an. yang terinspirasi dari sebuah iklan obat sakit kepala bodrex. Dalam iklan tersebut terdapat sebuah pasukaan bodrex yang kerjanya secara beramai-ramai.

Selain itu ada slogan menarik yang terdapat dalam iklan tersebut yaitu bodrex datang, bodrex  menyerang.

Nah, wartawan jenis ini cara kerjanya mirip dengan pasukan tersebut yakni datang kemudian menyerang dan meminta uang hehe.

Apakah semua wartawan seperti itu?

Tentu saja tidak. Banyak sekali diluaran sana wartawan yang kerjanya murni untuk mendapatkan informasi yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Intinya jika seorang wartawan menjalankan tugasnya berdasarkan kode etik jurnalistik pasti dia adalah wartawan sesungguhnya.

Tapi jika ada main, dan sukanya datang membahas kasus kemudian diakhiri dengan istilah "ada uang semua beres". Nah, itu yang dinamakan wartawan bodrex.

Ciri-ciri Wartawan Bodrex

Ciri-Ciri Wartawan bodrex

Untuk lebih jelasnya mari kita kenali ciri-ciri wartawan bodrex:

1. Perusahaan Pers Tidak Terdaftar

Seorang wartawan asli pasti perusahaan pers-nya memiliki legalitas yang jelas. sedangkan wartawan bodrex legalitas perusahaannya masih belum jelas dan patut dipertanyakan.

Mereka biasanya membuat media sendiri baik online maupun cetak, namun perusahaannya tidak terdaftar dalam data resmi perusahaan pers di basis data dewan pers.

2. Tidak Tahu Etika Jurnalistik.

Ciri kedua adalah mereka tidak tahu etika jurnalistik, mereka bekerjanya asal-asalan. tidak berpatokan pada kode etik jurnalistik yang seharusnya di pegang oleh seorang wartawan.

Dalam menulis berita biasanya menggunakan bahasa yang tidak baku dan terkesan tidak profesional.

3. Nama Media Menyeramkan

Ciri ketiga yakni nama medianya menyeramkan, hal ini biasanya bertujuan untuk menakut-nakuti calon narasumber yang akan di kunjunginya.

Contoh nama media tersebut seperti Malaikat keadilan, media sidak laporkan dan istilah lain yang terkesan menakutkan.

4. Organisasinya Tidak Diakui Dewan Pers

Banyak sekali kita temui media yang sudah berbadan hukum baik berbentuk CV ataupun PT. namun tidak bergabung dan tidak berafiliasi dalam organisasi pers resmi.

Adapun organisasi yang diakui oleh dewan pers meliputi:

  • Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)
  • Aliansi Jurnalis Independen (AJI)
  • Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (AJTI)
  • Pewarta Foto Indonesia (PFI)
  • Serikat Parusahaan Pers (SPS)
  • Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI)
  • Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI)
  • Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI)
  • Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)
  • Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

5. Mengolek berita tentang Kesalahan

Mengolek berita tentang kesalahan orang lain menjadi ciri yang paling tampak dari seorang wartawan bodrex. 

Seorang wartawan bodrex biasanya datang ke sebuah instansi atau sejenisnya dengan alibi ingin wawancara. Namun yang dibahas keluar dari subtansi yang akan diliput.

Mereka akan fokus pada kesalahan rasa sumber yang kemudian dijadikan senjata untuk memeras korbannya tersebut.

Cara Mempidanakan Wartawan Abal-Abal

Mungkin sekarang yang anda tanyakan, apakah wartawan abal-abal bisa dipidanakan?

Tentu saja bisa, tidak ada dinegara ini yang dapat kebal hukum mereka semua harus tunduk pada Undang-undang yang berlaku termasuk seorang wartawan, apalagi wartawan abal-abal.

Seorang wartawan yang asli biasanya akan menyajikan berita yang faktual, sedangkan seorang wartawan bodrex lebih fokus memeras narasumbernya.

Tentu tindakan ini sangat mencoreng nama baik wartawan yang bertugas mencari berita. Bagi anda yang memiliki bukti kuat terkait tindakan pemerasan yang dilakukan oleh seorang wartawan bodrex maka anda bisa melaporkan tindakan tersebut pada pihak berwajib.

Cara Mengatasi Wartawan Bodrex

Bagi anda seorang jejabat atau siapapun yang pernah didatangi oleh seorang wartawan bodrex atau wartawan abal-abal namun masih bingung apa yang harus dilakukan, maka simak cara ini.

Cara Mengatasi wartawan boderx yaitu Cari tahu asal usul wartawan tersebut. Langkah yang harus anda lakukan adalah mencari dari perusahan apa orang yang sedang anda hadapi dengan cara mengecek di website resminya, jika perusahaannya tidak terdaftar kemungkinan orang yang sedang anda hadapi adalah wartawan bodrex.

Usahakan anda jangan memberi informasi apapun dan jangan takut menghadapi wartawan gadungan seperti mereka. Jika mereka meminta sebuah uang jangan pernah memberinya, karena jika diberi mereka akan semakin leluasa. Biarkan saja.

Jika mereka tetap memaksa dengan mengancam akan memberitakan yang tidak bagus maka segeralah melapor kepolisi, sembari merekam pembicaraan anda dengan wartawan bodrex tersebut. Rekaman itu akan menjadi bukti bagi anda nantinya.

Sejatinya membedakan wartawan bodrex dengan bukan cukuplah mudah. Seorang wartawan yang profesional tidak akan melakukan pemerasan dengan cara mengancam korban melalui berita.

Sedangkan wartawan bodrex melakukan pekerjaanya dengan tujuan mengancam dan memeras narasumber untuk kepentingan kantong pribadinya.

Intinya seperti ini seorang wartawan jika tidak melakukan pemerasan dan penipuan  berarti dia adalah seorang yang profesional. Karena banyak orang yang memiliki kegemaran dibidang jurnalistik kemudian melampiaskan dengan cara membuat website sendiri.

Ada juga institusi memiliki bagian tim jurnalistik tersendiri dan mereka tidak melakukan tindakan mencoreng nama baik jurnalistik maka mereka adalah wartawan yang asli.

Demikianlah tulisan yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat. Ayo lawan wartawan bodrex.