Motif Penipuan Pinjaman Online Ilegal Menjelang Puasa

Menjelang bulan puasa anda diwajibkan lebih berhati-hati saat menggunakan hanphone jangan sampai karena kelalaian anda, anda terjerumus pada pinjaman online yang tidak anda sadari.

Pinjaman online sekarang menjadi solusi bagi orang yang butuh dana secara cepat, sehingga banyak sekali masyarakat yang lebih memilih pinjaman online dari pada ke lembaga tertentu yang berwujud, seperti bank dan koperasi.

Maraknya masyarakat menggunakan platform pinjaman online tersebut akan menjadi santapan segar bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mereka akan menggunakan motif tertentu untuk menjebak mangsanya. Oleh karenanya lebih berhati-hatilah dalam menggunakan hanphone.

Motif Pinjol Menjelang Puasa

Ilustrasi Pinjol

Berdasarkan informasi yang di publikasi oleh tempo.co dalam beritanya ia menyampaikan jika dari tahun 2018 sampai februari 2023  kemari terdapat 1.567 platform pinjaman online ilegal yang di tutup oleh Satgas Waspada Investasi (SWI).

Adapun motif yang harus kita waspadai menjelang puasa ramadhan ini adalah motif salah transfer,

Biasanya para pelaku menghubungi korban sembari memberi informasi jika dirinya telah melakukan salah transfer.

Kemudian pelaku meminta penerima untuk mentranfer kembali uangnya dengan mengirimkan buktinya.

Bukti tersebut biasanya disuruh kirim melalui aplikasi atau link yang diberikan oleh pelaku dengan cara mengunduh aplikasi ilegal  tersebut.

Jika korban mengunduh aplikasi tersebut maka besar kemungkinan pelaku akan mencuri data pribadi milik korban. Seperti, contak HP, Foto, video dan data penting yang berhubungan dengan diri korban.