Cara Mengajar yang Efektif dan Menyenangkan di Kelas

Mengajar yang efektif dan menyenangkan merupakan cara terbaik bagi anda untuk menciptakan suasana pembelajaran yang tidak membosankan. 

Jika anda ingin dicintai oleh anak didik anda, maka kuasailah cara mengajar yang efektif dan menyenangkan, karena sudah tidak jaman menerapkan proses pembelajaran D2MTP.

Apa yang dimaksud dengan D2MTP?

D2MTP merupakan sebuah singkatan Datang Duduk Menulis ngasih Tugas kemudian Pulang. Jika anda masih menerapkan metode tersebut cepatlah taubat karena metode itu sangat dibenci oleh siswa anda.

Saatnya anda mengetahui cara mengajar yang efektif dan menyenangkan, kemudian terapkan di kelas,  saya berani jamin anda akan menjadi guru yang sangat disukai oleh siswa anda.

 Namun sebelum saya berbagi cara mengajar yang efektif dan menyenangkan terlebih saya akan menceritakan sebuah kisah menarik tentang pendapat siswa terkait guru yang dicintainya.

 Mengajar yang Efektif dan Menyenangkan 

Suatu ketika saya iseng bertanya kepada siswa terkait cara mengajar seperti apa yang diinginkan dan siapa guru yang paling dicintai.

Mereka kemudian menyebutkan salah satu nama guru kemudian bercerita jika proses mengajarnya sangat monoton dan membosankan. Kemudian mereka melanjutkan jika sangat menyukai guru yang mengajar tidak terlalu serius tapi mereka paham dengan materinya.

Sedangkan ketika saya berkumpul dengan guru yang disebut namanya oleh siswa dia bercerita jika banyak siswa yang malas dan kurang semangat dalam mengikuti kelasnya, bahkan dia mengancam beberapa murid dengan nilai yang akan diberikannya.

Bagi saya tidak ada murid yang malas, semua tergantung dari bagaimana guru mengajar, jika cara mengajarnya efektif dan menyenangkan pasti siswa akan antusias mengikuti materi pembelajarannya.

Mulai sekarang mari berubah, jangan lagi mengajar dengan cara yang membosankan, Ingat seperti apapun suasana kelas anda itu tergantung anda sebagai guru.

Baca Juga: Cara Membuat Website Sekolah

Cara mengajar yang efektif dan menyenangkan 

Mengajar yang efektif dan menyenangkan bukanlah perkara sulit semua tergantung anda mau atau tidak? berikut akan saya bagikan cara mengajar yang efektif dan menyenangkan:

1. Kuasai Materi Pembelajaran 

Saya yakin anda sebagai guru sudah paham dengan materi yang akan anda ajarkan pada siswa di kelas, Namun apakah anda sudah menguasai materi pelajaran anda? Jawabannya belum tentu.

Yang saya maksud menguasai materi adalah anda tidak hanya paham materinya saja melainkan juga paham bagaimana cara menyampaikan pada siswa anda.

Contoh jika anda mengajar tentang gaya gravitasi maka lakukanlah gerakan melepaskan penghapus ke lantai kemudian tanyakan kepada siswa kenapa penghapus bisa jatuh ketanah.

2. Kenali Siswa Anda

Langkah selanjutnya untuk mengajar yang efektif dan menyenangkan adalah mengenal seperti apa siswa siswi anda.

Kalau bisa pertama kali anda mengajar tanyakan apa kesukaan mereka, dan tanyakan semua tentang kehidupan keseharian mereka.

3. Menangkan 5 menit pertama

Untuk bisa menguasai siswa anda harus memenangkannya lebih awal, jangan sampai masalah anda yang dikuasai oleh siswa siswinya.

Kalau saya menyebutnya menangkan 5 menit anda mengajar sebelum anda menyampaikan materi pelajaran, jika anda memenangkan 5 menit pertama maka anda sudah dipastikan akan menguasai proses belajar mengajar berikutnya.

Apakah yang bisa kita lakukan di 5 menit pertama?

sebenarnya banyak sekali yang bisa anda lakukan seperti bermain, cerita tentang sesuatu yang berhubungan dengan materi pelajaran yang akan anda jelaskan dan lain sebagainya.

4. Evaluasi 

Jika anda sudah memenangkan silahkan evaluasi pemahaman siswa terkait dengan materi yang telah anda sampaikan sebelumnya.

Adapun caranya sangat beragam anda bisa melakukannya dengan bertanya atau melakukan quiz dengan cara memberi hadiah pada siswa yang memiliki poin tertinggi.

5. Libatkan siswa dalam proses mengajar

Hal yang wajib anda lakukan untuk mengajar yang efektif dan menyenangkan adalah selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, jika mereka terlibat maka secara otomatis mereka merasa sangat dihargai dan dipercaya oleh anda sebagai guru. 

Adapun caranya anda bisa membagi kelompok diskusi antar siswa kemudian setiap kelompok ditugaskan untuk menjelaskan materinya kepada kelompok lainnya secara bergantian.

6. Usahakan Jangan Memberi Pekerjaan Rumah

Untuk poin ini anda tidak harus melakukannya karena setiap guru memiliki cara pandang dan cara mengajarnya masing-masing.

Kalau saya tidak pernah memberi tugas yang harus dikerjakan dirumah oleh siswa, karena akan mengurangi waktu bermainnya dan terkesan mengajarkan siswa jika punya masalah harus dibawa kerumahnya.

Sekali lagi untuk poin ini anda tidak harus sepakat untuk melakukannya, hanya saja siswa akan lebih senang jika tidak ada PR yang dibawanya pulang.

Akhir Kata

Demikianlah cara mengajar yang efektif dan menyenangkan di kelas, tentu saja untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan tidak cukup dengan menyampaikan teori pelajaran, kita juga harus bisa menguasai metode yang paling cocok diterapkan di kelas.

Salah satu metode yang sering mimin praktekkan adalah dengan melibatkan siswa dalam semua materi pelajaran, jangan jadikan mereka objek belajar melainkan juga jadikan mereka sebagai subjek belajar. Semoga bermanfaat dan teruslah menjadi guru hebat di mata siswa anda.