Mengenal 11+ Ciri Ciri Wirausaha Sukses Disekitar Kita

ciri ciri wirausaha

Ciri-ciri wirausaha - Menjadi seorang wirausaha bukanlah sesuatu yang mudah, hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang mencoba gagal kemudian menyerah dan memilih banting setir menjadi karyawan.

Menjadi seorang wirausaha membutuhkan mental yang kuat layaknya sebuah baja yang tak mudah bengkok karena dihantam oleh beberapa masalah.

Untuk mengenal ciri ciri wirausaha saya akan mengenalkan anda dengan seseorang yang terbilang sukses di dunia wirausaha, sebut saja namanya Jojon.


Di suatu waktu saya bertemu dengan Jojon di sebuah acara dan saya menggunakan momen itu untuk mewawancarainya terkait kesuksesannya menjadi seorang wirausaha.


Ciri - ciri wirausaha sukses


Dari hasil wawancara yang saya lakukan saya menyimpulkan jika terdapat beberapa ciri ciri yang dimiliki oleh jojon sehingga bisa sukses seperti sekarang:


1. percaya diri

Jojon memiliki suatu modal yang sangat besar sehingga bisa sukses seperti sekarang yakni memiliki kepercayaan diri yang sangat besar pada diri dan produknya. bagi Jojon uang bukanlah syarat mutlak sukses berwirausaha.


Ketika kita percaya pada diri dan produk kita maka orang lain akan berpotensi besar percaya pada produk kita. Jika kita tidak percaya dengan kemampuan diri maka jangan berharap orang lain akan percaya pada anda dan produk yang anda jual.


2. Berorientasi Pada Hasil

Ciri kedua Jojon adalah berorientasi pada hasil, oleh karenanya dia sangat bersemangat ketika menjalankan tugasnya dan selalu menekankan pada karyawannya untuk bekerja dengan berorientasi pada hasil.


3. Berani mengambil resiko

Saya teringat dengan pesan yang disampaikan oleh jojon “dalam hidup kegiatan yang paling berisiko adalah tidak mengambil resiko itu sendiri”.


Bagi seseorang  yang ingin bisnisnya berkembang maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah keluar dari zona nyaman menuju zona yang lebih berisiko karena dalam zona nyaman tidak akan anda temukan sebuah perkembangan.


4. Memiliki Kemampuan Memimpin 

Selain tiga ciri diatas jojon dikenal sebagai seorang pemimpin yang hebat hal itu terbukti dengan cara dia memotivasi karyawannya untuk bekerja dengan hati.


Kemampuan memimpin itu berarti mampu mempengaruhi orang lain untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya.


5.  Berprestasi Pada Masa Depan

Sebagai seorang wirausaha Jojon pasti pernah mengalami kegagalan, namun jojon selalu berprinsip jika kegagalan adalah masa lalu.


Dia akan fokus pada masa depan dengan cara melakukan sesuatu dengan baik di masa sekarang.


6. Tanggap Terhadap Perubahan

Ciri selanjutnya kenapa Jojon menjadi pengusaha sukses adalah dia selalu tanggap dengan perubahan yang terjadi. Hal itu terbukti dengan caranya selalu mempelajari perubahan zaman yang sangat pesat ini.


Sebelum adanya internet jojon memasarkan produknya dengan cara mengirimkan ke pasar-pasar terdekat, namun setelah adanya internet ia memasarkan produknya secara online dan offline.


7. Memiliki kreativitas yang tinggi

Ciri selanjutnya kenapa Jojon bisa sukses menjadi seorang wirausaha adalah dia selalu kreatif dalam melakukan inovasi terhadap produknya.


Sehingga membuat produk milik jojon selalu laku di pasaran, dia selalu berpikir supaya bisa lebih baik dari produk yang dipasarkan oleh kompetitornya.


8. Keorisinilan

Ciri selanjutnya adalah Jojon selalu melakukan kegiatan usaha berdasarkan dari hasil pemikirannya bukan hasil meniru orang lain. Karena seorang wirausaha sejati adalah dia yang mampu memasarkan idenya bukan ide orang lain.


9. Memiliki Inisiatif 

Jojon sangat sadar jika minat pasar akan selalu berubah oleh karenanya dia selalu berinisiatif untuk memenuhi kebutuhan pasar, sehingga produknya bisa selalu diterima oleh pasar.


Jika seorang wirausaha tidak memiliki inisiatif yang tinggi maka usahanya akan lebih cepat mengalami kebangkrutan .


10. Tidak Boros

Seorang wirausaha tidak akan membelanjakan uangnya pada kebutuhan yang bersifat konsumtif. Dia akan membelanjakannya hanya ketika butuh saja.


Ciri seorang wirausaha adalah ia akan fokus membelanjakan uangnya pada sesuatu yang produktif sehingga mampu meningkatkan perekonomiannya.


Jika anda ingin tahu perbedaannya orang miskin dengan orang kaya lihatlah bagaimana cara mereka membelanjakan uangnya.


11. Jujur

Ciri selanjutnya adalah Jojon selalu jujur dalam menjalankan wirausahanya, dia tidak pernah membohongi mitranya hanya demi keuntungannya pribadinya.


Sebagai catatan sifat jujur merupakan ciri paling utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha jika bisnisnya ingin sukses dalam jangka panjang.


Demikianlah ciri ciri wirausaha yang dapat kami bagikan untuk anda semoga bermanfaat dan selamat berjuang untuk menjadi seorang wirausaha sukses berikutnya.