Cara Mengetahui dan Mengatasi email Diretas Orang Lain

Mengetahui dan Mengatasi email diretas

Mengetahui dan mengatasi email diretas - Hai Juragan, di era sekarang kejahatan tidak hanya berbentuk fisik, seperti perampokan tas, begal dan lain sebagainya.


Tapi kejahatan juga terjadi di dunia internet seperti pencurian identitas yang dilakukan oleh hacker yang tidak bertanggung jawab, dengan cara meretas email kita.


Bagaimana cara kita mengetahui jika email kita diretas?

Wah, pertanyaan yang sangat bagus. Namun sebelum saya menjawab pertanyaan para juragan sebelumnya mari kita kenali seperti apa ciri-ciri email kita diretas oleh hacker.


Ciri ciri Email Diretas

Mengetahui dan Mengatasi email diretas 1

1. Kata sandi berubah


Ciri pertama email diretas adalah berubahnya kata sandi tanpa sepengetahuan kita, biasanya peretas melakukan hal ini untuk mengamankan dirinya supaya lebih bebas memanfaatkan email kita.


2. Mendapatkan peringatan dari google


Ciri selanjutnya kita mendapatkan peringatan dari google dengan cara memberi konfirmasi kepada kita jika email kita akan digunakan oleh pengguna lain. Hal ini mempermudah kita untuk mengetahui jika email kita diretas.


3. Peraturan keamanan telah berubah 


Biasanya yang dilakukan oleh peretas adalah mengubah peraturan keamanan yang telah kita buat sebelumnya, dengan cara mengubah email pemulihan di akun yang anda punya Hal ini bertujuan supaya mereka bisa tetap masuk walau kata sandi anda rubah.


4. Layanan lain telah diretas


Jika akun media sosial dan perbankan yang anda miliki telah diretas maka kemungkinan besar mereka telah meretas email anda.


5. Melihat kontak email


Lihatlah kotak masuk di email anda apakah ada orang terdekat anda yang menanggapi email dari peretas. Biasanya peretas akan mengirimkan email kepada kontak terdekat untuk meminta uang dan lain sebagainya.


Cara Mengetahui Email Diretas

Mengetahui dan Mengatasi email diretas 2

1. Kunjungi Website https://www.avast.com/

2. Masukkan email anda

3. Klik check now

4. Kemudian avast akan menampilkan hasil apakah email kita di hack atau tidak, dengan detail memberikan rinciannya.


Bahaya email diretas

Mengetahui dan Mengatasi email diretas 3

Mungkin sekarang yang anda tanyakan apa saja bahayanya jika email kita diretas? Tentu saja jawabannya sangat berbahaya karena email berhubungan dengan beberapa data pribadi kita.


Jika email kita diretas maka besar kemungkinan media sosial kita juga diretas bahkan akun perbankan kita juga akan diretas oleh seorang hacker.


Selain bisa menguras rekening peretasan email juga dilakukan untuk melakukan penipuan di internet dengan mengatasnamakan diri kita. Sangat berbahaya bukan?


Cara Mengatasi Email yang sudah diretas

Mengetahui dan Mengatasi email diretas 4

Untuk mengatasi email yang diretas maka langkah yang harus anda lakukan adalah memulihkan email anda dengan cara berikut:


1. Pelajari pemulihan akun yang di hack, pahami apa saja langkah-langkah yang harus anda lakukan.


2. Pastikan anda terkoneksi dengan internet di tempat yang sering anda gunakan sebelumnya.


3. Isilah semua yang terdapat pada formulir pemulihan akun (kata sandi, yang pernah dipakai, email dan nomor ponsel).


4. Tunggu hingga proses pemulihan akun anda selesai.


Demikianlah yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan semoga sukses. Jangan lupa mengganti kata sandi dan alamat pemulihan email anda untuk mengantisipasi terjadinya peretasan selanjutnya.