12 Kriteria Blog Disukai Oleh Google, Blogger Pemula Harus Baca

Kriteria blog disukai google - Bersaing di mesin pencarian google tidaklah mudah, karena banyak sekali postingan per detik yang masuk pada mesin pencarian tersebut. Oleh karenanya supaya konten yang kita buat bisa berada di halaman 1-5 kita harus mengetahui kriteria blog yang disukai google.

Kriteria Blog Seperti Apa yang Disukai Google?

Kriteria Blog Yang Disukai Oleh Google
 Kriteria Blog Yang Disukai Oleh Google

Pertanyaan itu biasanya sering dilontarkan oleh para blogger pemula yang masih kebingungan memilih tipe blog yang akan ditekuninya.

Jika kita memahami kriteria blog yang paling disukai google, maka besar kemungkinan postingan kita berada di page one dan dibaca oleh orang lain. Buat apa kita menulis kalau tidak ada yang membaca, iya kan?

Seorang blogger akan lebih memprioritaskan tulisannya untuk dibaca oleh pengunjung secara organik. Karena alasan inilah, membuat blogger mati-matian mengoptimasi blognya agar bisa bersaing di search engine google dan artikel blog yang dibuatnya dapat disukai oleh google.

Baca juga: Cara Membuat Blog Pribadi di Hp Gratis (Untuk Pemula)

Kriteria Blog Yang Disukai Google

Blogger disukai google

Sebelum kita melanjutkan pada pembahasan kriteria blog yang disukai oleh mesin pencari google, Alangkah lebih baiknya anda sediakan snack dan kopi  untuk menemanimu membaca tulisan ini hehe. 

Berikut daftar kriteria blog yang harus anda patuhi supaya postingan yang anda buat bisa disukai oleh google: 

Baca juga: Cara Membuat Terms of Service (TOS) Di Blog Paling Mudah

1. Custom Domain

Memiliki domain khusus membuktikan jika anda betul-betul serius untuk mengelola blog yang dibuatnya. Tentu saja hal ini menjadi alasan penting kenapa google lebih menyukai blog yang memiliki domain khusus.

Apa yang dimaksud dengan memiliki domain khusus?

Jadi begini supaya anda lebih mudah memahami saya akan memberi contoh. Blog yang memiliki domain khusus seperti www.juraganbaca.com, jika blog ini tidak memiliki domain khusus biasanya akan berbunyi www.juraganbaca.blogsport.com atau www.juraganbaca.wordpres.com

Adanya custom domain selain disukai oleh google juga akan berpengaruh terhadap pengunjung yang ingin membaca, biasanya mereka akan menganggap blog yang memiliki domain khusus lebih profesional dan lebih terpercaya.

2. Konsisten Upload Artikel

Selalu menulis dan upload artikel di blog menjadi salah satu penyebab blog anda disukai oleh google. Semakin banyak anda menulis maka akan semakin banyak pula artikel yang terindeks oleh google.

Maka akan membuka peluang blog anda untuk dikunjungi oleh visitor secara organik. Usahakan anda setiap hari upload artikel minimal 1 saja, dan upayakan jangan ada hari dimana anda tidak memposting tulisan. 

Analoginya begini semakin kita sering memberi pada orang, maka besar kemungkinannya penerima akan jatuh cinta pada kita. Begitu juga dengan google semakin sering kita upload maka akan semakin besar blog kita disukai. 

3. Blog Berumur

Tentu saja google tidak bisa disamakan sepenuhnya dengan kita, jika kita akan lebih mencintai orang yang lebih muda daripada yang sudah tua, tapi google tidak begitu, mereka akan lebih menyukai blog yang lebih tua dari pada yang masih muda (alias baru).

Coba anda perhatikan setiap postingan yang berada di halaman page one dengan kompetitor raksasa seperti detik, kumparan dan lain sebagainya bisanya mereka yang memiliki umur blog di atas 2 tahunan. 

4. Memiliki Artikel yang Banyak

Kriteria selanjutnya adalah blog yang memiliki artikel yang banyak. Tentu saja poin ini tidak bisa terlepas dari pengaruh poin kedua dan ketiga. Jika kita konsisten menulis maka stok artikel yang berada di blog anda semakin tua umurnya akan semakin banyak.

Usahakan anda jadwal setiap hari ingin posting berapa. Perbanyaknya artikel di blog anda supaya semakin banyak kemungkinan trafik blog anda meningkat.

5. Tulisan yang Berkualitas

Membuat tulisan berkualitas tidaklah mudah dan juga tidak terlalu sulit anda hanya butuh komitmen terhadap tulisan anda sendiri. Buat apa artikel yang ada di blog kita banyak tapi semua tidak berkualitas alias hasil plagiasi dan bukan karya kita.

Perlu anda ketahui google sangat selektif dalam mengidentifikasi artikel yang masuk, dan hanya artikel yang relevan dengan keadaan yang akan tampil di halaman pertama.

Untuk membuat artikel yang berkualitas setidaknya ada memperhatikan beberapa hal ini:

- Artikel orisinil

- Memuat Isi yang lengkap dan mudah dipahami pembaca

- Menggunakan Keyword yang tepat

-dll

Setidaknya artikel yang anda buat memenuhi 3M penting yaitu Membaca, Meniru dan Memodifikasi.

6. Memiliki Kecepatan yang Bagus

Sebelum saya jelaskan terkait point ini saya ingin bertanya pada anda, tolong jawab dengan jujur. Apa yang anda lakukan ketika sedang mengklik artikel namun proses loadingnya lama?

Saya sangat yakin anda akan meninggalkan artikel tersebut dan beralih ke artikel yang lain yang prosesnya lebih cepat. 

Tentu saja tindakan itu akan berpengaruh pada google, Mereka akan menganggap blog itu tidak potensial karena sebelum terbuka sudah ditinggalkan oleh calon pembacanya. Oleh karenanya buatlah blog yang prosesnya cepat.

7. Memiliki Tampilan yang Menarik 

Template yang menarik menurut mimin harus mengandung dua unsur penting yang pertama enak dilihat (elegan, responsive dan simple) sehingga pengunjung betah baik saat mengunjungi menggunakan komputer atau laptop. Kedua Fastloading.

Selain disukai oleh pengunjung, template yang menarik dan mudah untuk dijangkau juga disukai oleh google, jadi jangan harap situs anda diterima adsense jika menggunakan template dan navigasi situs yang sulit dijangkau.

8. Disukai Pembaca

Masak google bisa tahu jika tulisan kita disukai oleh orang lain, bukannya rasa suka itu ada di hati iya? 

Hahaha lucu juga kamu ini, sebelum saya menjawab pertanyaanmu izinkan saya bertanya terlebih dahulu, Jika ada 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan, salah satu laki-laki itu selalu memberikan bunga dan coklat sedangkan satunya tidak. Menurutmu siapa yang mencintai perempuan itu? 

Pati jawabanmu laku-laki yang memberi bunga dan coklat, bukan? Nah, sama halnya dengan itu, google juga memiliki caranya menilainya sendiri yakni dengan cara melihat panjang postingan dan lama pengunjung membaca.

Jika postingan anda di kisaran 100 kata namun mayoritas pengunjung keluar kurang dari 2 menit maka dapat dipastikan mereka tidak menyukai tulisan anda.

9. Memiliki Backlink yang Sehat

Sebelum google mengupdate algoritma pinguin, dulu banyak sekali orang yang sampai membeli backlink dari orang lain. bahkan penyedianya juga sangat banyak sekali.

Bahkan ada yang hobi spam di kolom komentar website-website besar, dengan cara mengirim link pribadinya dengan tujuan rame pengunjung, sekarang langkah itu sudah tidak relevan lagi.

Google sekarang sudah sangat selektif ketika terdapat tautan link masuk ke situs tertentu. Beberapa backlink dengan kualitas rendah akan besar kemungkinan menyeret blog turun dari serp. 

Alasan inilah yang kemudian membuat blogger-blogger besar tumbang ketika google memperbarui algoritmanya. oleh karenanya gunakanlah backlink internal dan eksternal secara sehat. 

10. Konten Original

Seperti yang telah kita singgung, google akan lebih menyukai konten atau artikel yang memiliki tingkat orisinalitas yang tinggi,  konten copy paste akan disingkirkan oleh google dengan caranya sendiri.

Sebanyak apapun postingan yang anda buat jika semua hasil copy paste aka jangan harap anda memiliki pengunjung organik yang banyak.

Konten dengan tingkat plagiat yang banyak merupakan konten yang paling tidak disukai oleh google. Bagi anda yang belum mengetahui cara menurunkan plagiasi pada tulisan yang dibuatnya silahkan baca artikel Cara cek dan Mengurangi Plagiarisme Online Mudah 100% Gratis

11. Blog Berniche

Niche yang fokus lebih dicintai oleh google daripada niche gado-gado. Apa maksud dari niche fokus dan niche gado-gado?

Niche fokus merupakan blog dengan satu kategori pembahasan contoh blog teknologi, blog pendidikan dan lain sebagainya.

Sedangkan niche gado-gado merupakan blog dengan berbagai macam pembahasan contohnya blog milik saya ini. Selain ada kategori teknologi juga terdapat niche pendidikan dan lain sebagainya.

Jika memang blog dengan niche khusus lebih dicintai kenapa anda membuat blog gado-gado?

Wah pertanyaan yang kritis nih, Tentu saja setiap blogger memiliki keputusannya masing-masing. Saya memilih niche gado-gado karena mempermudah saya dalam mencari ide tulisan.

12. Bukan Blog Spam

Jangan harap google akan menyukai blog yang berisi spammer. Oleh karena itu, Usahakan anda jangan membuat blog spam seperti yang sudah-sudah. Betapa banyak blogger yang ditendang oleh google karena alasan spam ini.

Apalagi sekarang dengan adanya algoritma pinguin yang menangani terkait backlink spam yang ada di setiap blog. Tentu akan menjadi momok menakutkan bagi blogger backlink spam.

Selain itu tindakan spam biasa terjadi dengan mengulang-ulang pembahasan dengan menggunakan kata yang hampir sama itu akan meningkatkan nilai spam score blog anda.

Usahakan saat membuat konten, anda perhatikan postingan terdahulu jangan sampai membuat duplikat konten karena itu termasuk kategori spam.

Itulah pembahasan yang dapat saya bagikan, silahkan anda membuat blog yang disukai oleh google dengan memperhatikan 12 faktor tersebut. Terus semangat menjadi penulis go blog.