Meninggalkan Zona Nyaman Menuju Zona Yang Lebih Nyaman

Meninggalkan Zona Nyaman

Meninggalkan Zona Nyaman - Apakah anda merasa nyaman dengan kondisi saat ini? Jika jawabannya ‘iya’ maka anda sedang terkurung dalam zona nyaman. Zona nyaman merupakan zona yang membuat diri kita merasa damai dalam kondisi yang sebenarnya tidak mendamaikan.

 Banyak orang terjebak dalam zona ini, atau mungkin diri anda yang sedang mengalaminya sekarang. Zona nyaman merupakan zona anti resiko, orang yang berada pada zona ini ibarat singa yang tertidur pulas dan lupa siapa jati dirinya.

Ada kisah menarik saat saya pulang kerumah, seperti biasanya setiap malam banyak orang berkumpul di warung kopi depan rumah, dari kalangan muda hingga orang tua. Pernah suatu ketika saya ikut bergabung dengan mereka. 

“Gimana kuliahnya lil lancar?” tanya pemuda yang tak lain merupakan teman kecil dulu, usai saya menjawab ia melanjutkan pembicaraannya “Enak ya jadi anak kuliahan bisa punya banyak teman dan masa depannya lebih terjamin” saya hanya mendengarkan sembari mengaminkan dalam hati, kemudian ia melanjutkan lagi “Kalau saya yang penting bisa makan dan tidak menyakiti hati orang tua itu sudah cukup”

Mungkin pernyataan itu tidak ada salahnya, tetapi karena pernyataan seperti itulah yang membuat ia enggan keluar dari zona nyamannya, saya perhatikan hidupnya hingga sekarang tidak ada perubahan. Saya berharap semoga ia diberikan kehidupan dan rezeki yang cukup, jika kita bisa lebih berkembang kenapa puas dengan kondisi yang stagnan? 

Ingatlah saudaraku, zona nyaman akan membunuh potensi yang kita miliki, kenapa demikian? Karena zona ini membuat kita malas bertindak, membuat kita enggan berubah, dan membuat kita tidak mau berusaha lebih keras.

Jika memang satu porsi nasi cukup untuk kita, kenapa kita tidak mencari seratus porsi lagi buat orang lain, bukankah banyak orang yang sedang kelaparan? 

Jika dengan tidak menyakiti orang tua membuat kita cukup, kenapa kita tidak berupaya untuk membanggakannya dengan prestasi-prestasi besar kita? sekali lagi saya katakan  “Jika masih ada zona yang lebih nyaman kenapa kita hanya puas dengan zona yang hanya nyaman?”

Oleh karenanya, mari melangkah dari zona nyaman menuju zona yang lebih nyaman atau biasa kita sebut dengan zona sukses. Namun untuk sampai pada zona itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, anda harus mengawalinya dengan keputusan yang matang (tidak setengah-setengah), dan anda harus siap melewati zona yang tidak nyaman (zona proses).

Kenapa saya katakan harus keputusan matang? Supaya anda tidak kaget dengan resiko yang akan anda hadapi. Jika anda sudah mulai tidak berkembang dengan pekerjaan anda sekarang atau kehidupan yang anda rasakan semakin monoton, kenapa tidak mencoba hal baru yang lebih menantang dan juga lebih bermanfaat?

Seperti halnya yang dilakukan oleh pemilik bengkel tempat langganan saya. sebut saja namanya Roni, awalnya ia bekerja di sebuah bengkel resmi dengan gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap hari ia harus berangkat jam tujuh dan pulang jam lima sore, hingga ia merasakan ‘jenuh’ karena aktivitasnya yang monoton, dan hidup hanya mengandalkan gaji.

Hingga suatu ketika ia memutuskan keluar dari tempat kerjanya dan membuka bengkel sendiri di depan rumahnya, memang di awal-awal ia merasakan susahnya mencari pelanggan, tetapi lama kelamaan bengkelnya mulai dikenal oleh banyak orang dan pelanggannya semakin banyak. 

Alhasil ia memiliki pendapatan yang jauh lebih banyak dari pada sebelumnya, selain itu ia tidak terikat kontrak dengan perusahaan dan bebas mengatur usahanya sendiri.

Dari kisahnya tersebut dapat kita simpulkan, jika kita ingin menuju zona yang lebih nyaman kita harus berani berhadapan dengan zona tidak nyaman (zona proses), zona proses merupakan syarat mutlak untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. 

Perlu kita ingat, tidak ada proses yang tidak menyakitkan, sebuah tepung harus digoreng terlebih dahulu untuk menjadi kerupuk yang lezat, sebuah batu harus dipahat dahulu sebelum menjadi patung yang indah dan sebuah bibit harus ditanam dan diberi kotoran sapi supaya tumbuh menjadi jagung yang bagus. Jika kerupuk, patung dan jagung harus merasakan sakit itu, apalagi kita?

Supaya diri anda tidak terjebak lagi pada zona nyaman, silahkan anda membuat target yang harus anda capai setiap hari, setiap minggu, setiap bulan dan setiap tahun. Dengan target itu hidup anda tidak akan monoton dan aktivitas-aktivitas baru anda jauh akan lebih menyenangkan.

Mulai hari ini, janganlah anda terjebak oleh zona yang sangat melenakan diri,  dan membuat anda lupa dengan target-target yang sudah anda canangkan, kesuksesan tergantung pada keberanian anda untuk bangkit dari aktivitas yang biasa menuju aktivitas yang luar biasa. 

Silahkan putuskan untuk keluar dari zona nyaman menuju zona yang lebih nyaman lagi. Ingatlah, zona nyaman itu akan terus menghampiri diri anda, oleh karenanya, bangkit dengan karya yang lebih baik merupakan pilihan terbaik bagi diri anda. Selamat mencoba…