Sebelum Memutuskan, Miliki Tujuan Kuliah Terlebih dulu

Miliki tujuan kuliah - Mungkin anda akan bertanya, Seberapa pentingkah kuliah bagi masa depan? Tentu jawabannya sangat-sangat penting, karena kuliah dengan tujuan jelas akan membuat kita tahu apa yang harus kita lakukan.

Memiliki tujuan kuliah yang baik memudahkan kita menentukan prioritas sehingga kita lebih mudah memilah mana yang penting dan mana yang kurang penting, selain itu tujuan  akan membuat semangat kuliah akan bertambah, bahkan akan menjadi alarm di saat semangat kuliah anda mulai pudar.

Agama Menganjurkan Memiliki Tujuan Kuliah

Miliki Tujuan Kuliah
Miliki  Tujuan Kuliah

Selain itu memiliki tujuan merupakan anjuran agama, sebagaimana tertuang dalam firmanNya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaknya setiap diri memperhatikan sesuatu yang diperbuatnya di hari esok, dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah mengetahui apa yang sedang kamu kerjakan”, (QS. Al Hasyr: 18).

Dari keterangan ayat di atas, Allah mengingatkan kepada kita untuk memperhatikan masa depan, memperhatikan tujuan hidup kita, walaupun ayat tersebut secara tersurat mengingatkan kita untuk memperhatikan masa depan di akhirat kelak. 

Tetapi secara tersirat kita bisa menyimpulkan ayat tersebut juga mengingatkan kita bahwasannya mempersiapkan dan memiliki tujuan hidup di dunia juga penting. Seperti halnya memiliki rencana atau tujuan atas kuliah kita.

Sebagaimana Allah berfirman: “Dan carilah apa yang telah diberikan Allah kepadamu dari negeri akhirat, dan jangan lupakan bagianmu di dunia.” (QS. Al-Qashash: 77)

Buatlah Tujuan Kuliah yang Besar

Apakah kita bebas menentukan tujuan kuliah kita? Tentu saja, anda sangat bebas menentukan seperti apa tujuan yang anda inginkan saat kuliah asalkan tidak bertentangan dengan nilai, norma dan syariah. 

Perlu anda sadari, membuat tujuan adalah aktivitas yang gratis, tapi ingin saya tegaskan sekali lagi pada anda, tujuan anda kuliah akan mempengaruhi tindakan, dan tindakan akan mempengaruhi masa depan anda. 

Oleh karenanya buatlah tujuan yang besar dan mulia, janganlah mempersempit tujuan kuliah anda. Banyak saya temui mahasiswa kuliah bertahun-tahun hanya untuk lulus, ada juga mahasiswa yang kuliah hanya sebatas ingin mendapat nilai akademik yang tinggi, bahkan ada juga mahasiswa yang menjadikan kuliahnya sebatas pengisi waktu luangnya saja. 

Tentu hal ini bukanlah hal yang salah, melainkan kurang tepat jika dimiliki pemuda seperti anda yang katanya berstatus MAHASISWA.

Perlu saya ingatkan kepada anda, anda adalah pemuda pilihan yang diberi kesempatan oleh Allah untuk belajar di sebuah perguruan tinggi, coba anda lihat betapa banyak pemuda di luar sana yang ingin berada di posisi anda sekarang, bahkan mereka menangis karena tidak memiliki kesempatan ini. Lantas, apakah pantas anda menyia-nyiakan kuliah anda? 

Apakah pantas anda bermalas-malasan? Hanya orang zalim kepada sesamanya yang akan melakukan hal itu. Maka dari itu buatlah tindakan-tindakan besar yang diawali dengan sebuah tujuan besar.  

Tujuan besar anda akan mempengaruhi kualitas anda di kampus. Jika anda kuliah hanya untuk lulus, mendapat IPK tinggi dan untuk mengisi waktu luang saja, maka anda masuk kuliah dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen sudah cukup. 

Tapi jika tujuan kuliah anda jauh melebihi itu, maka ada sesuatu yang harus anda bayar, kali ini yang saya maksud bukanlah uang melainkan usaha dan tindakan anda yang harus melebihi itu.