Cara Mematikan Download Otomatis WhatsApp Agar Kuota Tidak Boros

Mematikan download otomatis di wa mimin sarankan untuk juragan lakukan supaya memori hp tidak mudah penuh dan kuota internet yang dimiliki tidak cepat habis alias tidak boros.

Seperti yang kita ketahui aplikasi whatsApp kini menjadi candu bagi orang yang ingin berkirim pesan termasuk membagikan file foto, video dan lain sebagainya. Bahkan tanpa kita kontrol file yang dikirim orang lain akan secara otomatis tersimpan di memori kita.

Jika yang tersimpan adalah file penting mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jika file itu sangat tidak kita perlukan, ditambah ukurannya yang besar pastinya akan memakan kuota internet.

Lantas bagaimana cara mematikan download otomatis di wa?

Supaya paketan yang juragan miliki tidak cepat habis dan tidak boros, juragan harus mempraktekan cara mematikan download otomatis foto di wa dan file lainnya berikut ini

Baca juga: Cara Download Status WhatsApp Milik Teman Tanpa Aplikasi

Cara Menonaktifkan Download Otomatis di Whatsapp

Cara Mematikan Download Otomatis
Gambar: Mematikan Download Otomatis WA

Perlu juragan ketahui jika file yang dikirim melalui aplikasi whatsapp akan terunduh secara otomatis. Hal ini bermula pada tahun 2009 lalu. Semua file baik bentuk foto atau video yang dikirim melalui chat pribadi dan juga grup auto tersimpan di memori kita.

Aduh min, kalau begitu bisa-bisa memori internal dan kuota saya makin boros dong? Juragan jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini mimin akan membarikan cara menonaktifkan unduhan otomatis di whatsApp.

Wah Alhamdulillah kalau begitu min, jadi tidak sabar ingin mengetahui cara mematikan auto download di whatsapp haha. Baiklah jika juragan sudah tidak sabar lagi kita langsung ke langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Tolak Panggilan WA Otomatis di Hp Tanpa Aplikasi

1. Buka Setelan

Pertama, yang perlu juragan lakukan adalah membuka setelan atau pengaturan yang ada di whatsApp dengan cara mengklik titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih opsi ‘setelan’.

Gambar 1

2. Pilih penyimpanan dan data

Kedua, Setelah opsi setelan juragan klik maka juragan akan disuguhi dengan beberapa pilihan, silahkan juragan pilih pada ‘penyimpanan dan data’

Gambar 2
Baca juga: Cara Membalas Pesan Otomatis Di Whatsapp Untuk Pengguna baru

3. Menonaktifkan download otomatis di wa

Ketiga, langkah ini merupakan inti dari pembahasan yakni menghentikan auto download di whatsApp dengan cara mengatur ‘unduh otomatis media’.

Gambar 3

Silahkan juragan klik ‘saat menggunakan data seluler’ Kemudian matikan centang hijau alias jangan ada satukan yang juragan contreng seperti gambar dibawah ini.

Gambar 4

4. Ulangi Langkah ketiga

Empat, untuk bisa menghentikan download otomatis di wa secara maksimal silahkan juragan klik ‘saat terhubung ke Wi-Fi’.

Gambar 5

Setelah itu matikan semua opsi yang ada seperti gambar dibawah ini

Gambar 6

Ketika juragan melakukan langkah diatas maka file yang dikirim oleh orang lain tidak akan terunduh secara otomatis di whatsApp. 

Kemimpulan

Bagi juragan yang khawatir memori ponselnya cepat penuh atau paket datanya cepat habis, admin sarankan juragan lakukan langkah-langkah agar gambar di whatsapp tidak terunduh otomatis di hp android atau iPhone seperti yang mimin tulis di atas.

Namun jika juragan khawatir data atau file yang dikirim hilang, mungkin juragan bisa melakukan backup whatsApp terlebih dahulu, atau membiarkan fitur download otomatis di whatsapp tetap aktif.

Jadi kesimpulannya, jika juragan ingin file tidak hilang karena dihapus atau sudah kadaluarsa alangkah lebih baiknya jika cara mematikan download otomatis whatsapp tidak dilakukan.

Namun, bagi juragan yang tidak mau memori hp cepat penuh dan kuota internet tidak boros mimin sarankan untuk mengaktifkan cara mematikan download otomatis wa ini.

Mimin rasa sudah selesai pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu juragan sekalian. Pokoknya jangan pernah sampai ketinggalan informasi menarik yang mimin bagikan di situs juragan baca kesayangan kita ini.

Juragan baca adalah kiblat bacaan berkualitas bagi para juragan yang suka membaca. Jangan lupa bahagia, oke