Cara Memperbaiki Panggilan WA Tidak Ada Suara di iPhone dan Android

Memperbaiki panggilan wa tidak ada suara - Bagaimana perasaanmu ketika sedang melakukan panggilan whatsApp tapi suara lawan bicara kita tidak muncul alias tidak bersuara? Pasti sebel bin kesel kan?

Apalagi ketika itu kita sedang ada perlu yang sangat mendesak, dan harus segera disampaikan, seperti urusan pekerjaan, urusan tugas kuliah dan urusan lainnya yang sangat urgent.

Lantas bagaimana cara memperbaiki panggilan whatsApp tidak ada suara di iPhone dan android? Caranya sangat mudah, anda tak perlu menyelenggarakan selamatan atau tahlilan dan sejenisnya hehe.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp Tanpa Matikan Data

Cara Memperbaiki Panggilan WA tidak Ada suara

Memperbaiki panggilan whatsapp tidak ada suara

Mengatasi mikrofon wa tidak ada suara saat melakukan panggilan bisa anda lakukan dengan beberapa cara.

Dalam hal ini mimin telah mengumpulkan cara paling jitu mengatasinya bahkan tutorial ini juga akan menjawab pertanyaan anda kenapa status wa tidak ada suara di iPhone dan Android.

Cara yang akan saya paparkan hampir mirip dengan cara mengatasi whatsApp tidak bisa video call, pada tulisan mimin sebelumya.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pastikan anda punya paketan

Cara Memperbaiki Panggilan WA Tidak Ada Suara
Cara Memperbaiki Panggilan WA Tidak Ada Suara

Langkah paling dasar yang harus kita pastikan sebelum melakukan langkah berikutnya adalah memastikan punya paketan atau tidak.

Jika anda tidak memiliki paketan silahkan beli, kalau gak punya uang usaha dengan cara  menangis banting pintu rumah kemudian minta sambil teriak teriak hehe, jangan dianggap serius loh.

Tapi jika paketan anda masih banyak cukup buat tujuh keturunan anda perlu membaca cara berikutnya.

2. Gunakan Headset/Handsfree

Memperbaiki Panggilan WA Tidak Ada Suara

Terkadang yang menyebabkan whatsApp kita tidak bersuara saat di telepon adalah mikrofon hp yang rusak.

Bagi anda yang mengalami hal ini saran mimin beli hp lagi yang lebih bagus hehe. Tapi jika anda tidak punya uang silahkan teleponan dengan menggunakan headset atau handsfree.

Telponan menggunakan headset selain lebih rahasia juga lebih enak untuk diterapkan apalagi telpon nya sama pacar atau gebetan.

3. Matikan Bluetooth

Faktor lain yang membuat panggilan masuk tidak ada suara adalah kita lupa mematikan bluetooth sedangkan bluetooth tersebut sedang terhubung ke handsfree (tanpa disadari). 

Seperti yang kita ketahui dahulu jika ingin mendengarkan lagu atau telponan supaya tidak didengar orang lain  menggunakan headset dengan bantuan kabel. Sekarang kita menghubungkannya hanya menggunakan bluetooth.

Oleh karenanya silahkan matikan bluetooth supaya suara kembali muncul di mikrofon hp.

4. Cek Izin Akses Mikrofon

Penyebab selanjutnya, karena  kita tidak memberi izin whatsApp untuk mengakses mikrofon di telepon anda.

Oleh karenanya silahkan anda aktifkan supaya panggilan telepon yang anda lakukan bisa muncul suaranya. 

Adapun caranya silahkan anda buka pengaturan telepon> aplikasi> whatsApp> Izin> Mikrofon> dan izinkan whatsApp mengakses mikrofon anda.

5. Hapus cache

Banyaknya file cache yang berada di aplikasi whatsApp selain membuat whatsApp tidak bisa vc juga akan bermasalah pada panggilan telepon.

Oleh karenanya silahkan anda hapus cache dengan cara masuk pada pengaturan telepon kemudian pilih aplikasi dan pilih whatsApp lalu pilih penyimpanan data dan cache setelah itu silahkan anda hapus cache yang tersedia.

6.  Update WhatsApp

Faktor lain yang menyebabkan tidak muncul suara saat melakukan panggilan whatsApp adalah kita masih menggunakan aplikasi versi lawas.

Jika itu yang anda alami silahkan perbaharui aplikasi whatsApp anda dengan cara mengeditnya di playstore atau app store.

7. Instal Ulang Aplikasi

Jika langkah sebelumnya sudah anda lakukan namun tidak berfungsi, silahkan anda hapus aplikasi whatsApp.

Kemudian instal ulang aplikasinya menggunakan play store atau app store yang ada di hp iPhone dan android anda.

Kemudian buka whatsApp dan coba lakukan panggilan seperti yang sudah anda lakukan.

8. Restart Hp

Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan namun belum juga membuahkan hasil, coba anda restart ulang hp anda.

Dengan cara ini maka semua aplikasi yang ada di hp anda akan segar kembali. Adapun cara restart sangat mudah anda hanya butuh menekan tombol power kemudian pilih opsi restart.

Setelah membaca tulisan ini benarkan pendapat mimin jika cara memperbaiki panggilan whatsApp tidak ada suara sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

Penutup

Demikian tutorial yang dapat mimin bagikan, jangan hanya dibaca iya, karena membaca tanpa praktek sama aja bohong.

Semoga tulisan langkah-langkah memperbaiki panggilan whatsApp tidak ada suara bisa bermanfaat dan dapat membantu anda menyelesaikan masalah hidup anda, kecuali masalah hutang iya haha.