Cara Mengirim Pesan berwaktu di WhatsApp Tanpa Aplikasi (Terbaru)

Sekarang WhatsApp sudah semakin canggih, hal ini dibuktikannya dengan adanya pesan berwaktu yang sudah diluncurkannya. Ingin tahu penjelasan lebih lanjutnya? Silahkan simak tulisan mimin berikut ini.

Apa itu pesan berwaktu di wa? Berdasarkan dari penelusuran mimin terdapat dua arti yang berhubungan dengan hal tersebut yang pertama pesan berwaktu sementara dan pesan yang bisa dijadwalkan pengirimannya. Namun pada tulisan ini mimin akan lebih fokus pada pesan berwaktu sementara.

Sebelum ke tutorial mengirim pesan berwaktu di whatsApp tanpa aplikasi tambahan  alangkah lebih baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu fitur yang telah disediakan oleh whatsApp hal ini selain memperpanjang tulisan juga bertujuan untuk meningkatkan kualitasnya supaya saat anda membacanya lebih berfaedah dan bermanfaat.

Beberapa Fitur di WhatsApp

Chat Wa Berwaktu

Seperti yang kita ketahui whatsApp merupakan aplikasi media sosial yang sangat populer digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi hijau ini. Berikut beberapa fitur yang bisa anda gunakan di whatsApp

1. Pesan

Sebagai aplikasi  chatting whatsApp bisa digunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk tulisan, Namun jika juragan malas mengetiknya karena pesan yang akan disampaikannya sangat panjang sepanjang tulisan mimin, juragan bisa mengirim dalam bentuk pesan suara. 

2. Fitur Panggilan

Selain dapat mengirim pesan, aplikasi whatsApp juga bisa juragan gunakan untuk melakukan panggilan, baik panggilan suara atau panggilan video. Tentu hal ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah pengguna dalam berinteraksi dengan orang lain

Selain di atas masih ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh whatsApp untuk penggunanya, salah satunya adalah fitur pesan berwaktu, dengan fitur ini juragan bisa menjadwalkan pengiriman pesan yang akan diterima oleh orang lain.

Mengenal Fitur Pesan Berwaktu Di WhatsApp

Pesan berwaktu merupakan fitur baru yang dirilis oleh aplikasi whatsApp, fitur ini dapat dimanfaatkan oleh juragan untuk mengirim pesan baik berupa pesan teks, pesan suara, foto, video atau dokumen lainnya dengan jangka waktu tertentu.

Fitur ini bekerja dengan cara penerima hanya bisa melihat pesan ketika waktu yang digunakan masih ada, dengan bahasa lain pesan hanya bersifat sementasa dan akan hilang sesuai dengan jangka waktu yang diberikan.

Hal ini sangat cocok jika juragan gunakan di grup whatsApp yang anggotanya sering spam tidak jelas. Sehingga akan menghemat penyimpanan internal hp anda. Lantas bagaimana cara kirim pesan berwaktu di whatsApp?

Cara Membuat Pesan Berwaktu di WhatsApp

Setelah juragan memahami fitur dan cara kerja pesan berwaktu di wa selanjutnya mari kita masuk pada pembahasan inti yakni cara mengirim pesan wa berwaktu, berdasarkan pada postigan website resmi whatsApp dan pengalaman mimin berikut caranya

Masuk pada aplikasi whatsApp

Silahkan anda masuk pada aplikasi whatsApp (terbaru), bagi anda yang masih menggunakan wa versi lama silahkan perbarui aplikasinya.

Pilih salah satu chat 

Buka whatsApp

Langkah kedua silahkan anda pilih salah satu chat yang ada di kontak whatsApp anda

Pilih more option 

Pilih titik tiga

Silahkan anda masuk pada opsi lebih banyak dengan cara mengklik titik tiga di sebelah kanan atas.

Pilih pesan sementara

Klik pesan sementara

Anda akan menemukan banyak opsi silahkan anda pilih opsi pesan sementara

Tentukan timer pesan

Tentukan timer pesan

 Langkah selanjutnya silahkan anda pilih timers pesan yang tersedia diantaranya:

  • 24 jam (Pesan akan dihapus setelah satu hari)
  • 7 hari (Pesan akan terhapus otomatis selama satu minggu pengiriman)
  • 90 hari (pesan yang anda kirim akan terhapus selama 3 bulan)
  • Mati (berarti anda tidak mengaktifkan pesan berwaktu)

Kelebihan dan kekurangan Pesan berwaktu

Sebelum anda mengaktifkan pesan berwaktu, pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan pesan berwaktu

setidaknya ada beberapa kelebihan saat anda menggunakan settingan ini pada aplikasi whatsApp

1. Lebih Praktis

Menggunakan pesan berwaktu anda tidak perlu menghapus pesan chat orang lain dengan cara manual, karena pesan tersebut akan hilang dengan sendiri tentu hal ini akan lebih praktis anda gunakan.

2. Terhindar dari chat spam

Banyak sekali grup whatsApp yang isinya hanya chat spam yang tidak berguna, jika anda sebagai admin menyeting setelan group menjadi pesan berwaktu (pesan semntara)  maka semua pesan spam akan hilang setelah jangka waktu yang ditentukan.

3. Mengosongkan memori hp

Kelebihan selanjutnya yang dapat dirasakan adalah memori hp tidak mudah penuh karena chat dan kiriman lainnya akan terhapus secara otomatis.

Kekurangan Pesan berwaktu di whatsApp

Setelah kita mengetahui cara kerja chat dengan jangka waktu tertentu, sebenarnya kita sudah paham apa kekurangan chat wa berwaktu

1. Tertinggal Informasi

WhatsApp seringkali digunakan sebagai media penyampaian informasi tertentu seperti info rapat dan info penting lainnya. Jika anda mengaktifkan setingan pesan berwaktu maka orang yang belum sempat membuka namun anda jangka waktu sudah habis maka mereka akan ketinggalan informasi.

2. Kehilangan Data Penting 

Selain dapat menyebabkan ketinggalan informasi, pengaktifan pesan berwaktu juga akan menyebabkan penerima kehilangan data penting yang sudah dikirim oleh anda.

Baca juga:

Penutup

Bagaimana apakah anda sudah mengetahui cara mengirim pesan berwaktu di whatsApp? Sangat mudah bukan? 

Selain tips ini mimin juga memiliki banyak sekali tips dan trik seputar whatsApp, silahkan anda pantau terus update tulisan mimin kedepannya.