Cara Clear Cache Google Chrome di Laptop dengan Mudah

mengetahui cara clear cache google chrome di laptop mejadi salah satu langkah yang penting untuk juragan lakukan, hal in bertujuan untuk...

Tulisan cara clear google chrome ini sebenarnya terinspirasi saat mimin selesai mengantar orang tua belanja di pasar. Mungkin sekitar jam 09.00 padi mimin lagi ingin browsing melihat perkembangan blog.

maklumlah sebagai seorang blogger mimin selalu ingin tahu seberapa berkembang situs yang telah mimin bagun sekian lama ini. Hanya saja saat mimin membuka browser lemotnya minta ampun, jadi terpaksalah mimin Membersihkan cache di chrome laptop.

Walaupun caranya sangat mudah namun mimin rasa masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara clear cache di chrome supaya laptop tidak lemot. Salah satunya adalah orang yang klik postingan ini haha.

Clear Cache Google Chrome Laptop

Jika juragan bertanya apakah penting hapus cache di laptop khususnya sampah di aplikasi chrome milik kita? Sebenarnya pertanyaan ini pernah mimin pertanyakan pada diri sendiri. namun semua terjawab setelah mimin mempraktekkannya secara langsung.

Intinya sebelum mimin mengulas lebih jauh seputar bagaimana cara mudah clear cache google chrome browser alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu jika kita mengetahui apa yang dimaksud dengan cache dan kenapa kita harus membersihkannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime

Apa Itu Cache Google Chrome?

Cache merupakan ruang penyimpanan sementara yang ada di google chrome dengan tujuan untuk mempermudah kita saat mengunjungi situs atau website kembali. Jadi ketika kita membuka aplikasi atau situs tertentu di chrome maka cache akan mendownload dan menyimpan data tersebut, jadi ketika juragan membukanya kembali maka data sudah ada di tampilan paling awal.

Walau adanya cache membuat kita lebih mudah saat mengunjungi situs atau website namun jika terlalu banyak cache yang disimpan maka akan membuat laptop atau browser kita menjadi lemot, bahkan di beberapa kejadian ketika juragan melihat youtube tampilannya akan tersendat-sendat.

Jenis Cache yang Perlu Diketahui

Untuk memperkaya pengetahuan kita tentang cache izinkan mimin untuk menjelaskan terlebih dahulu beberapa jenis cache yang perlu juragan ketahui. Namun jika juragan merasa tidak membutuhkan penjelasan ini silahkan langsung scroll ke pembahasan inti terkait cara Menghapus cache chrome dengan mudah dan sederhana.

Nah bagi anda yang sangat tertarik dengan pengetahuan mimin sarankan untuk memahami beberapa jenis cache beriktu ini:

1. Cache Software

Jenis pertama yang bisa kita jelaskan adalah cache software. cache ini berada di aplikasi atau program yang ada di komputer yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat juragan saat akan mengunjungi program yang biasa dilihat.

jenis cache ini terdapat beberapa jenis diantaranya adalah disk cache, web cache dan memoization cache. Untuk cache google chrome yang akan juragan hapus nantinya adalah cache jenis ini.

2. Cache Hardware

Jika cache software berada pada aplikasi atau program maka cache ini terdapat di mikroprosesor, cache ini tergolong sebagai ruang penyimpanan sementara yang berada di komponen fisik dari processor laptop tersebut.

Cache jenis ini terdiri dari beberapa cache salah satunya dalam CPU cache, GPU cache (hampir sama dengan CPU cache hanya saja fokus penyimpanan pada grafik atau gambar) dan DSP cache.

Baca juga: 3 Cara Hapus Virus Laptop Tanpa Aplikasi

Apakah Cache Google Chrome harus Dihapus?

Waduh, pertanyaan yang sangat bagus untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya tergantung pada kondisi dan situasi yang dialami oleh juragan , oleh karena jawabannya bisa harus dan juga bisa tidak.

Seperti yang telah mimin jelaskan diatas jika sebenarnya cache ini sangat bermanfaat bagi juragan yang sering mengunjungi google chrome, juragan tidak perlu lama-lama saat akan mengakses website atau situs tertentu. jika memori internal laptop juragan masih banyak ruangnya alangkah lebih baiknya jika juragan jangan menghapusnya.

Namun jika memori sudah menipis alangkah lebih baiknya jika juragan pertimbangkan untuk menghapus cache chrome tersebut karena akan membuat laptop lemot bahkan juragan saat ingin mengakses google akan terasa sangat lelet.

Cara Clear Cache Google Chrome PC

Baiklah setelah juragan mengetahui beberapa keterangan terkait cache, bagaimana jika kita langsung ke pembahasan inti yakni cara clear cache di chrome mudan dan tanpa ribet. Untuk selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi google chrome yang ada di PC atau laptop juragan

2. Setelah berhasil masuk ke beranda silahkan juragan klik titik tiga di pojok kanan atas

langkah 1

3. Selanjutnya adalah klik clear browsing data

langkah 2

4. Silahkan juragan centang file yang ingin dihapus yang pilihannya terdiri dari:

langkah 3

Browsing history

Cookies and other site data

Cache Image and Files

5. Setelah juragan memilih salah satu atau bahkan semuanya selanjutnya silahkan klik clear data.

6. Silahkan tunggu hingga proses pembersihan cache selesai, kemudian masuk ke chrome kembali dan nikmati kecepatannya dibandingkan sebelumnya.

Selain menggunakan cara yang telah mimin jelaskan tersebut juragan bisa melakukannya dengan lebih cepat dan mudah yakni dengan menekan tombol secara bersamaan ctrl+Shift+delete, namun jika juragan pengguna Mac OS silahkan tekan Command+shift+delete.

Cara Membersihkan Cache di Browser Lainnya

Selain google chrome biasanya orang menggunakan beberapa browser seperti opera mini, mozilla, dan Microsoft Edge. Untuk caranya silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

Membersihkan Cache di Opera Mini

Opera mini menjadi salah satu browser yang sering sebagian orang gunakan, nah jika juragan ingin menghapus cache-nya silahkan ikuti berikut ini:

  • Buka Opera Mini
  • Kemudian Klik titik tiga pada pojok kanan atas
  • Selanjutnya silahkan juragan cari opsi privasi & Security
  • pada pilihan Browsing data silahkan juragan pilih Clear
  • Selanjutnya silahkan juragan pilih antara basic atau advanced
  • Kemudian centang cache yang ingin dihapus lalu pilih cache data.

Hapus Cache Pada Mozilla

Browser selanjutnya yang paling sering digunakan oleh pengguna selain chrome adalah mozilla Firefox. Untuk cara menghapus cache sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Mozilla di Komputer
  • Pilih garis tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Selanjutnya silahkan juragan menu Library
  • Pada opsi selanjutnya silahkan klik History
  • Lalu pilih Clear Recent History
  • Silahkan contreng semua opsi kemudian pilih clear now.

Membersihkan Cache di Microsoft Edge

Setelah mimin menjelaskan terkait beberapa cara membersihkan cache di browser tampaknya ada yang kurang jika mimin tidak menjelaskan bagaimana cara hapus cache di microsoft Edge. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama silah juragan buka microsoft Edge yang terdapat di laptop.
  • Selanjutnya silahkan pilih titik tiga pada pojok kanan atas
  • lalu pilih History
  • Cari opsi Clear Browsing Data
  • Setelah muncul pop-up silahkan juragan pilih salah satu atau semua opsi
  • Kemudian pilih Clear Now.

Sekali lagi mimin ingatkan jika juragan ingin performa browser atau chrome meningkat lebih cepat maka menghapus cache menjadi pilihan yang cukup baik.

Akhir Kata

Demikianlah postingan mimin terkait bagaimana cara clear cache di google chrome dengan mudah. bahkan cara yang telah mimin jelaskan sangat rinci dan mudah dipahami. 

Bahkan mimin juga telah memaparkan cara menghapusnya di browser yang lain yang tentunya sangat familiar bagi kita.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam menyelesaikan masalah chrome lemot karena disebabkan oleh menumpuknya cache di aplikasi tersebut.

Saya adalah Saya