Table of Content

Cara Menambahkan Local Disk D Pada Laptop

menambah local disk d menjadi pilihan baik bagi juragan yang ingin merapikan file dan membuat sistem keamanan pada file lebih...

Juraganbaca.com - Apakah juragan ingin memperbanyak disk penyimpanan di laptop? Jika iya maka mengetahui cara menambahkan local disk d pada laptop menjadi langkah yang penting untuk dilakukan.

Cara menambahkan local disk d windows terbilang sangat mudah dan simple, Bahkan jika laptop juragan support, juragan bisa membuat partisi mulai dari local disk C sampai Local disk Z.

Hanya saja dalam beberapa kasus hardisk hanya mengizinkan maksimal 3 partisi yang ada di laptop. Nah bagi juragan yang ingin menambahnya untuk menjaga file, supaya tidak ikut hilang saat di reset maka ikuti cara menambahkan local disk d pada laptop berikut ini.

Baca juga: Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk Tanpa Ribet

Menambahkan Local Disk D di Laptop

Menambahkan Local Disk D
Cara Menambahkan Local Disk D

Seperti yang kita ketahui saat kita membeli laptop windows, biasanya hanya terdapat satu disk saja yakni "Local Disk C" Nah tentu hal ini kurang begitu bagus untuk kesehatan laptop juragan.

Oleh karenanya juragan perlu menambahkan local disk d untuk memisahkan antara beberapa file. Tindakan ini selain membuat komputer kita lebih tertata rapi juga akan melindungi data yang kita simpan ketika terjadi eror dan lain sebagainya.

Apa Itu Local Disk D?

Sebelum kita mengulas lebih jauh terkait cara menambah local disk d alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa definisi dari Local Disk D serta Fungsinya untuk laptop kita.

Local disk D merupakan salah satu bagian dari integral yang ada di sistem penyimpanan komputer. Local disk dapat kita artikan sebagai partisi dari hardisk drive (HDD) atau Solid state drive (SSD) pada laptop juragan.

Setiap komputer memiliki beberapa partisi yang ada di perangkatnya, sedangkan untuk istilah "local disk d" itu hanya sebuah penamaan saja, jadi juragan tidak harus menggunakan nama tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas saat Main Game

Fungsi Local Disk D di Laptop

Setidaknya ada beberapa fungsi atau peran dari adanya local disk d diantaranya sebagai berikut:

Penyimpanan data tambahan

Local disk d biasanya digunakan untuk menyimpan data tambahan yang ada di laptop seperti file dan dokumentasi tertentu. Tentu saja tindakan ini untuk menjaga supaya sistem operasi yang ada di local disk c tidak kehabisan ruang.

Instalasi Program

Selain fungsi di atas, adanya local disk d juga bisa juragan maksimalkan untuk menginstall program tertentu sehingga tidak membebani kapasitas local disk c yang merupakan driver utama.

Pemulihan Sistem

Jika juragan ingin memulihkan sistem karena terjadi masalah, maka menyimpan data penting di local disk d menjadi solusi terbaik yang bisa juragan lakukan.

Baca juga: Cara Cek Spesifikasi Laptop dengan Mudah dan Cepat

Cara Menambah Local Disk D di Laptop Tanpa Tambahan Software

Untuk membuat atau menambah partisi pada laptop juragan bisa menggunakan beberapa opsi, seperti menambah dengan menggunakan software tertentu atau hanya menggunakan fungsi bawaan dari windows itu sendiri.

Nah, jika juragan ingin menambah Local disk d tanpa harus menginstall software tambahan juragan bisa melakukannya dengan menggunakan windows disk management. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Buka file explorer yang ada di laptop

2. Selanjutnya silahkan juragan klik kanan pada "This PC"

langkah 1

3. Setelah itu pilih "show more option" pada opsi yang ada

langkah 2

4. Kemudian juragan pilih "Manage" yang ada di paling atas nomor 2

langkah 3

5. Tunggu hingga proses selesai, Selanjutnya Silahkan juragan pilih "Disk management"

langkah 4

6. Langkah selanjutnya silahkan juragan klik kanan pada Windows-SSD kemudian pilih "shrink volume"

langkah 5

7. Setelah itu maka juragan akan disajikan oleh pembagian shink C silahkan tentukan berapa GB kapasitas dari Local Disk D yang ingin juragan buat untuk cara menulisnya lihat gambar dibawah, setelah itu silahkan pilih "shrink"

langkah 6

8. Selanjutnya pada kolom yang berhasil dibuat kita klik kanan lalu pilih "New Simple Volume"

langkah 7

9. Pada Welcome new simple volume Wizard silahkan juragan klik "next"

langkah 8

10. Pada Specify Volume Size kita juga klik next

langkah 9

11. Selanjutnya juga klik "next pada Assign Drive Letter or Path"

langkah 10

12. Pada Volum Label silahkan juragan tuliskan nama partisi kalau mimin pakai istilah "DATA" lalu klik "next"

langkah 11

13. Setelah itu silahkan juragan pilih finish

langkah 12

14. Selesai.

langkah 13

Setelah juragan mengikuti cara menambah local disk di pc tersebut maka juragan sudah berhasil membuat partisi D pada laptop yang dimiliki.

Tips Mengoptimalkan Local Disk D

Setelah selesai membuat lokal disk baru sekarang mimin akan membagikan beberapa tips yang bisa juragan terapkan supaya kinerja laptop lebih optimal.

Organisasi File

Organisasi file dengan sangat teratur dan rapi, buatkan folder di setiap kelompok file tertentu untuk mempermudah juragan saat mencarinya.

Bersihkan Berkala

Untuk membuat kinerja laptop lebih optimal maka mimin sarankan untuk rutin membersihkan local disk d dari file yang sudah tidak dipakai atau memindahkan ke flashdisk dan lain sebagainya.

Pantau Kapasitas

Langkah yang tak kalah pentingnya adalah memantau kapasitas penyimpanan, jika local disk d sudah dirasa hampir penuh maka pertimbangkan untuk mentransfer file ke beberapa penyimpanan eksternal lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa penjelasan mimin tentang cara menambahkan local disk d pada laptop tanpa harus menggunakan software tambahan. Bagaimana caranya sangat mudah bukan?

Supaya tulisan lebih bermanfaat mimin sarankan juragan baca artikel ini sambil mempraktekannya pada laptop juragan. Jangan lupa pantau terus situs juragan baca karena disini setiap hari mimin membagikan informasi menarik.

Saya adalah Saya

Posting Komentar