Download Anggaran Dasar BUMDes Untuk Daftar Badan Hukum

 

Download Anggaran Dasar Bumdes

Pengertian Anggaran Dasar BUMDes

Anggaran Dasar BUMDes atau yang biasa disingkat dengan (AD BUMDes) merupakan kumpulan pasal-pasal umum yang mengatur tentang sebuah BUMDes yang terhimpun dalam sebuah dokumen. 

Dalam Anggaran Dasar BUMDes akan dipaparkan semua persoalan yang memuat nama, tempat kedudukan. 

Maksut pendirian, modal, jenis usaha, nama dan jumlah penasehat, hak, kewajiban, tugas, dan wewaenan, ketentuan pokok penggunanan dan bagi hasil yang kemudian akan menjadi acuan dasar dalam pembentukan BUMDes.

Oleh karenanya, Anggaran Dasar BUMDes menjadi salah satu syarat bagi BUMDes diseluruh Indonesia untuk mendaftar badan hukum.

Siapa yang Membuat Anggaran Dasar Bumdes

Dalam menjalankan roda organisasi BUMDes tentu perlu yang namanya Anggaran Dasar BUMDes. Lantas siapa yang membuatnya?

Anggaran Dasar BUMDes tidak dibuat oleh perorangan melainkan melalui Musawarah Desa yang dihadiri oleh Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Pelakssana Operasional Bumdes serta Masyarakat.

Hal ini berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa Bab III pasal 11 poin 1 yang berbunyi "Anggaran Dasar BUM Desa/BUM Desa Bersama dan perubahannya dibahas dan ditetapkan melalui Musyawarah Desa/Musyawarah Antar Desa.

Ketua BUMDes dipilih oleh siapa?

Seperti halnya dengan Anggaran Dasar BUMDes, ketua BUMDes tidak boleh hanya dipilih oleh Kepala Desa saja melainkan harus dipilih melalui Musyawarah Desa.

Begitupun jika ingin memberhentikannya harus sesuai dengan aturan yang berlaku yakni melalui musyawarah. hal ini bertujuan supaya tidak ada siakap arogansi seorang kepala desa terhadap BUMDes.

Siapa yang Bertanggung Jawab Atas BUMDes

Dalam pelaksanaannya yang memiliki tanggung jawab atas BUMDes adalah Direktur BUMDes karena seorang direktur merupakan sosok pemimpin, yang mengendalikan dan bertanggung jawab atas keseluruhan aktivitas BUMDes mulai dari perencanaan, pembagian tugas, pelaksanaan hingga pelaporan keuangan.

Mengapa BUMDes Harus Memiliki Anggaran Dasar

Maka jawabannya adalah karena anggaran dasar berfungsi untuk menggambarkan suatu organisasi, selain itu anggaran dasar merupakan acuan utama dalam menjalankan roda organisasi 

Anggaran dasar Bumdes merupakan aturan yang mengikat pelaku usaha bumdes sehingga dalam menjalankan kewajibannya tidak sembarangan (asal-asalan).

Selain untuk keperluan menjalankan roda organisasi bumdes, anggaran dasar bumdes juga menjadi salah satu syarat untuk mendaftar Badan Hukum.

Dalam proses pendaftaran badan hukum banyak kita temui pengelola bumdes atau operator yang bertugas mendaftarkan badan hukum mendapati koreksi khususnya di kode KBLI, dan penetapan gaji untuk pengawas bumdes, penasehat bumdes sampai ke pengelola bumdes.

Baca juga Artikel : Download Contoh Proposal Penyertaan Modal Bumdes

Berikut contoh Anggaran Dasar Bumdes 




Jika anda membutuhkan file Anggaran Dasar Bumdes dalam bentuk wort silahkan download disini