Peran LSM Dalam Pembangunan Desa Yang Sesungguhnya

Artikel Peran LSM Dalam Pembangunan Desa ini berangkat dari beberapa keluhan masyarakat tentang beberapa oknum yang mengatasnamakan LSM namun tindakannya layaknya seorang lintah darat.

Dalam perbincangan mimin dengan masyarakat tersebut dia melontarkan beberapa pertanyaan yang membuat mimin harus menuliskan jawabannya supaya semakin banyak orang yang mengetahui peran LSM untuk pembangunan di desa.

Sembari menjawab peran LSM yang sesungguhnya mimin mencoba untuk mengingat kata demi kata yang mimin lontarkan supaya nantinya dapat menghasilkan tulisan yang bermanfaat bagi para pembaca blog juragan baca yang mimin dan tim kelola secara profesional.Adapun hasil tulisan yang mimin buat sebagai berikut:

Peran LSM Dalam Pembangunan Desa

Peran LSM Dalam Pembangunan Desa

Seperti yang telah kita ketahui bersama dalam membangun desa tentu saja tidak bisa dilakukan oleh pemerintah desa saja, melainkan harus ada keterlibatan masyarakat termasuk keterlibatan Lembaga Swadaya Masyarakat yang biasa disingkat LSM.

LSM akhir-akhir ini dipandang kurang baik oleh masyarakat, hal ini disebabkan oleh oknum LSM yang tidak bertanggung jawab, mereka melakukan pemerasan terhadap instansi tertentu dengan mengatasnamakan LSM serta kegiatan lain yang mencoreng nama baik Lembaga Swadaya Masyarakat.

Bahkan banyak kita temui sebuah organisasi enggan jika disebut dengan istilah LSM, karena menganggap kata LSM memiliki konotasi yang kurang baik.

Lantas apakah benar LSM itu sebuah perkumpulan yang tidak baik?

Untuk menjawab tudingan itu kita harus mengenal dulu apa itu lembaga swadaya masyarakat dan bagaimana perannya dalam membangun desa.

Pengertian LSM

Sebelum mimin jelaskan panjang lebar tentang peran LSM dalam membangun desa alangkah lebih baiknya jika juragan mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan LSM. dengan mengetahui arti yang sesungguhnya maka juragan akan mengetahui seperti apa sesungguhnya LSM harus bertindak.

LSM merupakan sebuah organisasi atau lembaga yang dibentuk oleh anggota masyarakat warga negara Indonesia secara sukarela yang bergerak dalam bidang tertentu dengan tujuan mengabdikan diri pada masyarakat.

Perlu ditegakkan jika lembaga swadaya masyarakat merupakan organisasi yang dibentuk oleh perorangan atau sekelompok orang yang secara sukarela melayani kepentingan masyarakat tanpa mengharap keuntungan.

Dari pengertian tersebut dapat kita artikan jika sebenarnya LSM merupakan lembaga yang sangat mulia dan sangat membantu masyarakat. Hanya saja ada beberapa oknum yang telah mencemarkan nama tersebut.

Peran LSM dalam Pembangunan Desa

Peran LSM dalam Pemberdayaan Masyarakat desa

Sebagai penegas jika LSM merupakan lembaga yang sangat penting dalam keberlangsungan pembangunan di desa maka simak berikut peran LSM dalam pembangunan desa;

Peran LSM dalam Pemerintahan Desa

Peran Lembaga swadaya masyarakat dalam pemerintahan desa sangatlah vital, LSM bisa menjelma sebagai mitra pemerintah dalam menjalankan rencana kerja pemerintah desa sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Pemerintah desa dalam menjalankan amanahnya sebagai pelaksana desa harus mengikut sertakan masyarakat atau dengan istilah lain ada partisipasi dari masyarakat.

Oleh karenanya LSM diharapkan hadir sebagai bentuk partisipasi masyarakat terhadap pemerintah desa, bahkan LSM juga bisa hadir sebagai kontrol atas berlangsungnya roda pemerintahan di desa.

Peran LSM dalam Pemberdayaan Masyarakat desa

Peran yang tak kalah pentingnya yang diberikan oleh LSM dalam pembangunan desa adalah keikutsertaannya dalam proses pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam konteks ini lembaga swadaya masyarakat bisa hadir dalam bentuk pemberi ide dan gagasan terkait pemberdayaan masyarakat, contoh mengumpulkan masyarakat dengan tujuan menciptakan lapangan pekerjaan dan gagasan lain yang berfokus pada pemberdayaan.

Selain itu LSM juga bisa menjembatani antara masyarakat desa dengan pemerintah desa bahkan pemerintah daerah hingga pusat dalam menjawab kebutuhan masyarakat desa di bidang pemberdayaan.

Selain diatas LSM juga memiliki banyak sekali peran yang bisa dilakukan dalam pembangunan desa, seperti mendampingi masyarakat dalam urusan kesehatan, mendampingi masyarakat dalam bidang pertanian dan lain sebagainya.

Walaupun perannya sangat penting namun banyak sekali orang yang mengartikan jika LSM merupakan lembaga yang datang untuk mengganggu pemerintah yang ujung-ujungnya minta uang. Sebenarnya pandangan tersebut tidak begitu salah namun juga tidak bisa dikatakan benar karena banyak sekali LSM yang baik yang berdiri untuk kemaslahatan masyarakat. Oleh karena mimin berharap oknum LSM untuk segera bertaubat dan mengembalikan kepercayaan orang pada LSM itu sendiri.

Akhir Kata

LSM merupakan organisasi/lembaga yang dibuat secara sukarela dengan tujuan pengabdian pada masyarakat tanpa memikirkan keuntungan pribadi.

Peran LSM dalam pembangunan desa sangatlah penting, selain sebagai mitra pemerintah juga sebagai lembaga kontrol terhadap pemerintah sehingga bisa menjalankan amanah tugasnya lebih sistematis sesuai rencana.

Peran LSM dalam pemberdayaan masyarakat yaitu sebagai pemberi ide dan gagasan serta sebagai jembatan bagi masyarakat dalam menjalin hubungan dengan pemerintah desa hingga pemerintah pusat.

Demikianlah postingan yang dapat mimin bagikan untuk juragan, semoga bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam memahami dan mengenali bagaimana seharusnya LSM di desa itu bergerak.