Kunci Sukses, Jangan Sia-siakan Peluang di Depan Mata

Jangan Sia-siakan Peluang

“Jangan sia-siakan peluang di depan mata” merupakan nasihat yang sangat penting bagi seseorang yang ingin kehidupannya lebih baik. Mengambil kesempatan yang datang adalah salah satu kunci kesuksesan.

Ada seorang pemuda, sebut saja namanya Fikri ia kuliah di salah satu perguruan tinggi ternama di daerahnya. Mengingat perekonomian keluarganya yang tidak mampu, memaksa ia terancam akan berhenti kuliah. Bukan tidak jarang ia mencari hutangan untuk biaya hidup sehari-harinya.

Hingga suatu ketika ia mengikuti ‘seminar bisnis’ yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa di fakultasnya, saat itu ia mendengar penyampaian pemateri yang sangat menggugah nya “jika anda terlahir miskin itu bukan salah anda, tetapi jika anda mati dalam keadaan miskin itu baru salah anda” kemudian pemateri menyampaikan pengalamannya waktu kuliah. 

Lika-liku kehidupan sudah ia rasakan dari berjualan kopi keliling, berjualan buku, dan berjualan apapun yang bisa mendukung keberlangsungan kuliahnya.

Apa yang disampaikan oleh pemateri tersebut sesuai dengan yang dirasakan oleh fikri, jadi wajarlah jika fikri tidak mau kalah dengannya. Ia mulai bertekad akan mencoba berwirausaha, ia coba belajar usaha dari nol. 

Kebetulan di suatu waktu ia berada di tempat kopi dan ia melihat mahasiswa sedang kebingungan mencari cemilan untuk disandingkan dengan kopinya. Sejak itu ia mencoba usaha cemilan yang kemudian dikirimkan ke beberapa warung kopi yang ada di sekitar kampusnya, karena jualan itulah fikri tidak hanya bisa membiayai kuliahnya melainkan juga memberi jatah uang buat orang tuanya di rumah.

Kisah selanjutnya datang dari sahabat saya. ia memiliki ide bisnis yang sangat luar biasa, ia mampu membaca peluang yang ada di sekitarnya. Bukan tak jarang ia berdiskusi dengan saya terkait bisnis yang akan dijalankan. 

Maklumlah dia bercita-cita ingin menjadi pengusaha sukses, tapi sayangnya cita-cita yang dibangunnya tidaklah sesuai dengan tindakannya. Ia sering menunda-nunda peluang, di saat ia berbicara peluang bisnis, ia hanya menjadikan ‘peluang’ itu sebagai pemanis bibirnya saja. Alhasil ia tidak mendapatkan perubahan yang berarti dalam hidupnya.

Suatu ketika ia berkeinginan membuka usaha buku, ia ingin menjadi distributor buku bagi para mahasiswa yang ada di kampus. Siapapun yang ingin memesan buku diharapkan bisa menghubunginya, setelah itu ia akan mencarikan buku tersebut lalu menjualnya kembali pada mahasiswa yang memesannya. 

Tapi sayangnya itu hanya rencana. Pada akhirnya ide itu digunakan oleh mahasiswa yang lain, untuk kesekian kalinya ia kehilangan peluangnya.

Mari kita Analisa kedua kisah tersebut, kisah pertama, menggambarkan seorang mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial namun tidak menyia-nyiakan peluang yang ada. Alhasil ia meraih apa yang diinginkan. 

Sedangkan kisah yang kedua, menggambarkan seorang yang memiliki rencana hidup yang bagus tapi selalu menyia-nyiakan peluang yang dimilikinya, berkat sikapnya ia hanya bisa hidup dengan angan-angannya, dan bahkan tidak jarang sering idenya selalu dipakai oleh orang lain. Ingat! Hidup ini cepat, so, sekecil apapun peluang yang anda miliki manfaatkanlah.

Peluang adalah salah satu nikmat yang Allah berikan untuk kita. Peluang merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi kita, salah satu bukti kebaikan Allah pada kita adalah kita diberi peluang untuk meraih kesuksesan. 

Tapi sayangnya peluang yang Allah berikan hanya kita jadikan sebagai lagu sebelum tidur, yang mana setelah kita membuka mata kembali kita lupa dengan lagu itu. Lantas apa yang harus kita lakukan?

Sebelum kita melakukan banyak hal, hal utama yang harus kita mulai adalah hargailah peluang yang anda miliki. Jika anda bekerja untuk uang maka ubahlah pola pikir anda, bekerjalah untuk mendapatkan lebih banyak peluang.

Semakin banyak peluang yang anda dapat, maka bukan anda yang bekerja untuk uang melainkan uanglah yang akan bekerja untuk anda. Ingatlah ini baik-baik peluang jauh lebih berharga daripada sebuah uang.

Peluang datang pada kita lewat dua cara. Pertama, peluang datang tidak kita sangka sebelumnya. Pernahkah anda bertemu dengan teman anda tiba-tiba ia menawarkan bisnis atau apapun yang akan menambah produktifitas hidup anda? 

Jika jawabannya pernah, itulah yang saya maksud pada point pertama ini. Namun peluang yang datang secara tiba-tiba itu terkadang tidak sesuai dengan kemampuan yang kita miliki (kita tidak siap menerima peluang tersebut). 

Disinilah tugas kita adalah selalu waspada dengan cara mempersiapkan diri kita untuk menyambut peluang-peluang yang datang.

Kedua, peluang yang kita persiapkan. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki rencana hidup kedepan. Contohnya, seorang yang ingin menjadi pengusaha sukses maka ia akan menciptakan peluangnya sendiri. ia akan merencanakan langkah-langkah yang akan dilaluinya. 

Tentu hal ini sangat berbeda dengan cara pertama, pertama kita hanya menunggu peluang datang dari orang lain sedangkan cara kedua kitalah yang menciptakan peluang itu.

Tentu saja kita tidak ingin hidup hanya di bawah bayang-bayang orang lain. menunggu orang lain memberi peluang bagi kita, sudah selayaknya kita sebagai pemuda menciptakan lebih banyak peluang baik bagi diri maupun orang lain.

Baca juga: Juallah Diri Anda untuk Meraih Kesuksesan

Langkah-langkah Menciptakan Peluang dalam Hidup

Berikut tiga langkah untuk menciptakan peluang dalam hidup.

Jangan Menutup Diri

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, ada orang yang memiliki kepribadian tertutup, ada yang memiliki kepribadian terbuka dan ada pula orang yang memiliki kepribadian campuran dari keduanya.

Orang yang memiliki kepribadian tertutup cenderung berdiam diri, tidak suka bergaul, dan sulit kenal dengan orang lain. 

Sedangkan kepribadian terbuka mereka cenderung aktif, suka bergaul dengan orang lain, dan cenderung memiliki banyak teman, sedangkan kepribadian campuran merupakan gabungan dari keduanya, di suatu waktu ia bisa tertutup dan di lain waktu ia bisa terbuka.

Perlu saya sampaikan, orang yang memiliki banyak teman ia akan lebih banyak mendapatkan peluang untuk sukses.

Mencari Informasi

Informasi merupakan sesuatu yang sangat mudah kita dapatkan di zaman sekarang ini, poin kedua ini sebenarnya bisa kita dapat dengan mudah, kita tinggal membuka handphone kemudian mencari informasi lowongan kerja atau apapun yang berkaitan dengan kemampuan anda. 

Selain informasi dari media kita juga bisa mendapatkan informasi dari teman-teman kita. Semakin sering anda mencari informasi di media massa, dan semakin banyak anda memiliki teman maka semakin banyak pula anda akan mendapatkan peluang.

Mempersiapkan Kualitas Diri

Langkah yang tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan diri kita untuk menjemput peluang itu, apalah artinya kita memiliki peluang banyak jika tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

Oleh karena sebelum kita mendapatkan banyak peluang alangkah lebih baiknya jika kita mempersiapkan diri kita. Sehingga peluang yang datang pada kita mampu kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Usai anda membaca tiga langkah tersebut. Saya ingin tegaskan, Sebenarnya tugas kita sederhana sekali, ketika kita tidak siap menjalankan peluang yang ada, maka saat itulah kita dituntut untuk mempelajarinya atau membenah diri kita menjadi lebih siap.

Di saat kita mendapatkan atau sedang merencanakan kesuksesan kita, maka jangan sia-siakanlah hal itu. Ingat! Sekali anda menyia-nyiakan peluang anda, maka orang lain akan selangkah lebih maju dari anda.