4 Cara Membuat Chatbot WhatsApp Tanpa Aplikasi Dan Gratis

Juragan pernah tidak mendapatkan balasan chat dengan whatsApp bot? Malah saya baru dengar istilah itu min. Oala, itu artinya juragan tidak mengetahui terkait bot wa yang sudah banyak digunakan oleh para pebisnis.

Chat bot whatsApp atau chatbot wa merupakan robot chat yang dibuat oleh pengguna untuk menjawab dan membalas otomatis berdasarkan kata kunci yang telah dibuat sebelumnya.

Adanya robot whatsApp ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan atau pembeli saat mengirimkan pesan kepada perusahaan kita. Tentu saja hal ini sangat cocok bagi anda yang sedang jualan di wa.

Untuk membuat Bot wa gratis juragan bisa menggunakan aplikasi tambahan, Namun kita harus selektif dalam memilihnya karena biasanya ada yang berbayar ada juga yang gratis, selain itu instal aplikasi tambahan biasanya akan memakan ruang di hp kita. 

Bagi juragan yang tidak ingin ribet jangan khawatir karena mimin akan membagikan cara membuat chat bot whatsApp Business gratis tanpa aplikasi tambahan.

Cara Membuat Bot WhatsApp Bisnis Tanpa Aplikasi 

Cara Membuat Chatbot WhatsApp
Gambar: Membuat Chatbot WhatsApp

Jika juragan masih membalas pelanggan dengan cara manual maka mimin jamin juragan akan kewalahan jika menerima pesanan dalam jumlah banyak. terkadang ada beberapa chat pelanggan yang tertindih di dan tidak terbaca.

Namun jika juragan sudah menggunakan aplikasi whatsapp  bisnis juragan tidak perlu khawatir karena sudah terdapat fitur robot whatsApp yang dapat membalas pesan secara otomatis di wa.

Adapun cara membuat bot chat di whatsApp sebagai berikut:

1. Download Aplikasi WhatsApp Bisnis

Langkah pertama yang harus juragan lakukan untuk memulai cara bikin bot wa adalah menginstal aplikasi whatsApp bisnis di aplikasi play Store atau App store di hp.

Namun bagi juragan yang sudah memiliki WA Business silahkan lewati langkah pertama ini, dan langsung masuk pada langkah ke kedua.

2.  Daftar Akun WA Bisnis

Setelah anda mendownload aplikasi selanjutnya silahkan juragan daftar akun terlebih dahulu sebelum memulai langkah selanjutnya.

Adapun yang perlu juragan siapkan saat mendaftar akun adalah nomor hp dan juga nama bisnis yang juragan tekuni. Usahakan nomor hp digunakan dalam keperluan bisnis semata.

3. Melengkapi Data WhatsApp Business

Setelah juragan selesai membuat akun selanjutnya silahkan lengkapi data yang diperlukan seputar bisnis yang anda miliki. Usahakan diisi dengan detail sehingga pelanggan lebih mudah saat mengunjungi toko yang telah anda buat.

Jika ketiga langkah tersebut sudah juragan lakukan silahkan di skip saja langsung ke langkah ke empat.

Baca juga: Cara Membuat Link Grup WhatsApp Untuk Mengundang Peserta Baru

4. Membuat Chatbot di wa

Langkah keempat adalah inti dari pembahasan mimin ini yakni cara membuat bot wa. Chat bot whatsApp ini gratis untuk anda lakukan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah berikut ini.

Masuk pada wa bisnis kemudian pilih titik tiga> Fitur Bisnis>Salam> Silahkan juragan isi sapaan otomatis saat ada pelanggan mengirim pesan pertama kali.

Setelah itu silahkan juragan kembali ke fitur bisnis kemudian pilih chat cepat dan buatkan kata kunci kemudian jawabannya yang anda inginkan.

Bagi juragan yang ingin hasilnya lebih maksimal mimin sarankan untuk menggunakan aplikasi whatsApp  Business Api karena memiliki lebih banyak fitur bisnis yang lengkap. Hanya saja untuk memiliki whatsApp Api juragan harus mendaftarkan dulu ke pihak whatsApp terlebih dahulu.

Demikian cara membuat bot whatsApp free di hp tanpa tambahan aplikasi tambahan dan gratis untuk juragan gunakan, semoga membantu dan selamat mencoba semoga dengan adanya fitur bot chat wa ini bisnis juragan lebih lancar.

Teruslah pantau situs juragan baca ini karena setiap harinya akan memposting artikel yang akan menjadi kiblat bacaan berkualita.