10 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka dan Keluar Sendiri

Ketika saya pulang dari kantor ada seorang ibu-ibu yang sudah paruh baya datang menemui saya sembari memegang hp dan berkata, WhatsApp saya kok tidak bisa dibuka dan keluar sendiri?

Melihat ibu yang sedang membutuhkan bantuan itu, saya menjelaskan jika terdapat banyak faktor yang menyebabkan whatsApp tidak bisa dibuka di hp android.

Ibu itu dengan penuh rasa ingin tahu mendengarkan saya yang menjelaskan layaknya seorang ahli IT hehe, kurang lebih seperti ini penjelasannya:

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Saya dengan sopan berkata kepadanya jika terdapat beberapa hal yang harus ibu ketahui kenapa WA tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada. 

Namun sebelum saya menjelaskan, saya mempersilahkan ibu itu duduk di ruang tamu dan saya buatkan teh hangat supaya rasa paniknya berkurang.

Ketika ibu lebih tenang saya katakan biasanya yang menjadi alasan whatsApp tidak bisa dibuka antara lain, hp yang ibu gunakan sudah tidak mendukung saat ibu menggunakan whatsapp versi terbaru.

Loh, berarti saya harus beli lagi dong?

Wah, sabar dulu dong bu, kan saya belum selesai menjelaskan alasan yang lainnya. Setelah ibu mengizinkan saya melanjutkan, kurang lebih seperti ini rangkuman penjelasan saya:

- Cache tidak pernah dihapus

- Memori Ponsel Penuh

- Aplikasi belum diperbarui versinya

- Jaringan internet tidak stabil

- Aplikasinya mengalami Gangguan

Cara mudah mengetahui apakah penyebab wa tidak bisa dibuka karena faktor aplikasi sedang mengalami gangguan dengan melihat apakah orang lain mengalami seperti yang ibu alami. 

Kemudian saya melihat WA, ternyata masih normal, itu mengartikan hanya ibu saja yang mengalami whatsapp tidak bisa dibuka hari ini.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka 

Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka dan Keluar Sendiri

Lantas bagaimanakah cara mengatasinya? Untuk memperbaiki kita harus melakukan banyak percobaan, hal ini karena kita tidak bisa memastikan faktor apa yang menyebabkan whatsapp bermasalah.

Bagi anda yang mengalami whatsapp tidak bisa dibuka dan suka keluar sendiri, coba anda lakukan beberapa hal ini:

1. Restart HP anda

Jika aplikasi tidak bisa dibuka karena alasan  proses yang sedang berjalan di latar belakang terlalu banyak sehingga membuat sistem tidak bekerja secara normal, maka merestart hp menjadi solusi supaya WA bisa dibuka kembali.

Adapun cara merestart sangatlah simpel dan sederhana yakni dengan cara menekan dan tahan  tombol power kemudian pilih restart maka hp akan memulai ulang.

2. Update WhatsApp

Mengupdate WA dari versi lama ke versi yang terbaru, perlu anda lakukan untuk mengatasi wa yang tidak bisa dibuka.

Bagi anda yang ingin memperbaharui aplikasi whatsapp bisa melalui aplikasi play store, App store atau dengan mengunjungi website resmi whatsapp yang ada di google.

3. Hapus Cache 

Cache yang dibiarkan menumpuk di aplikasi whatsapp akan mengganggu kinerja dari aplikasi tersebut termasuk tidak bisa dibuka saat ingin digunakan.

Olehkarenaya menghapus cache menjadi solusi dasar bagi anda. Adapun cara menghapusnya telah saya jelaskan pada artikel dengan judul ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Play Store

4. Hapus data WhatsApp

Menghapus semua data yang ada di Whatsapp akan menghilangkan riwayat obrolan yang pernah anda lakukan dengan orang lain melalui aplikasi whatsApp.

Namun cara ini dapat mengatasi aplikasi whatsapp tidak dapat dibuka dan keluar sendiri dengan mudah.

Adapun cara menghapus data aplikasi whatsapp sebagai berikut:

- Masuk pada pengaturan hp

- Pilih aplikasi

- Pilih whatsapp

- Kemudian pilih penyimpanan dan cache

- Hapus data yang ada.

5. Gunakan VPN

Cara selanjutnya coba anda gunakan VPN yang tersedia di google play store, mungkin cara ini akan membantu mengatasi masalah anda sekarang.

VPN adalah sebuah layanan yang dapat membantu anda untuk terhubung dengan internet melalui lokasi atau negara tertentu. Jika cara ini dapat membuka WA silahkan anda matikan atau tetap digunakan.

6. Memeriksa Koneksi Internet

Langkah ini tidak ada salahnya anda gunakan, cobalah anda cek jaringan internet yang tersedia apakah lancar atau tidak. Jika tidak lancar maka akan berdampak pada whatsApp yang anda gunakan.

Cara mengetahuinya sangat sederhana yakni dengan cara melihat youtube, FB dan layanan lainnya seperti Browser. Jika semuanya tidak berfungsi maka bisa disimpulkan jika permasalahannya adalah di paket data.

7. Hapus Memori

Memori internal yang sudah penuh maka akan berdampak pada semua aplikasi yang ada di hp anda, salah satunya berdampak pada WhatsApp yang tidak bisa dibuka di iPhone atau android.

Oleh karenanya silahkan anda hapus file yang sudah tidak dibutuhkan lagi, Namun jika ada data yang penting saran saya silahkan anda mepindahkan file dari hp ke flashdisk, supaya data aman,

8. Instal Aplikasi Whatsapp

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menghapus aplikasi WhatsApp kemudian instal ulang aplikasi di hp anda.

Cara ini biasanya potensi berhasilnya sangat besar. Namun, cara ini akan menghapus data dan chats penting anda. Oleh karenanya pikirkan dulu sebelum melakukan tindakan ini.

 9. Mengembalikan Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Jika semua cara di atas masih belum bisa mengatasi Whatsapp tidak bisa dibuka, maka perlu anda atur ulang ponsel anda ke pengaturan awal alias pengaturan pabrik.

Langkah ini tidak hanya berdampak pada aplikasi whatsApp saja tapi ke semua aplikasi dan file yang ada di hp anda akan hilang.

Penutup

Demikianlah cara mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka karena memori penuh atau karena alasan lain.

Semoga membantu dan Whatsapp anda bisa dibuka kembali seperti milik ibu yang datang kepada saya tadi.