20+ Contoh Program Kerja Osis Bidang Olahraga

membuat program kerja osis bidang olahraga jangan sampai sembarangan karena olahraga menjadi salah satu bidang...

Membuat program kerja osis bidang olahraga menjadi suatu keharusan bagi juragan yang sedang mengikuti osis khususnya di departemen atau divisi olahraga organisasi.

Tentu membuat program kerja osis bidang olahraga SMP maupun SMA sederajat tidak boleh sembarangan, karena bidang ini menjadi salah satu bidang yang sangat disukai oleh para siswa di sekolah.

Nah bagi juragan yang masih kebingungan membuat program kerja osis bidang seni dan olahraga, setidaknya setelah juragan mengklik postingan ini semua akan terasa lebih mudah.

Cara Membuat Program Kerja Osis di Bidang Olahraga

program kerja osis bidang olahraga

Bagaimana caranya supaya kita bisa membuat proker osis yang baik khususnya di bidang olahraga? Sebenarnya ada beberapa langkah yang harus juragan lakukan. Baca juga: 80+ Program Kerja MPK yang Menarik Lengkap Semua Komisi.

1. Diskusikan dengan Anggota sesama divisi Olahraga

Langkah pertama untuk membuat program kerja osis bidang olahraga adalah berdiskusi dengan sesama anggota osis khususnya yang ditempatkan di bidang olahraga.

Kanapa langkah ini penting, karena dengan adanya diskusi sesama anggota kita akan mendapatkan banyak informasi terkait kegiatan yang bisa dilakukan.

2. Minta masukan pada guru olahraga sekolah

Jika setelah diskusi masih ada kendala juragan bersama dengan anggota bidang olahraga yang lain mimin sarankan untuk meminta masukan pada guru olahraga yang ada di sekolah.

Langkah ini selain untuk mencari referensi kegiatan juga bisa dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan guru yang telah mengajarkan kita.

Baca juga: 500+ Nama Angkatan Osis Yang Keren Serta Artinya

3. Melihat minat Siswa

Apapun usulan dari guru dan teman sesama satu bidang usahakan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan harus sesuai dengan minat siswa yang ada di sekolah.

Jika mayoritas siswa menyukai olahraga futsal maka jangan mengadakan olahraga yang tidak disukai oleh siswa di sekolah. Intinya apapun minat siswa di sekolah maka harus juragan susun menjadi program kerja osis.

4. Mencari referensi di Internet

Setelah juragan sudah melakukan langkah di atas namun masih belum menemukan program yang menarik juragan bisa mencari referensi dengan menggunakan internet.

Salah satu referensi terkait contoh program kerja bidang olahraga osis telah mimin tulis di bawah ini. Baca juga: 

Contoh Program Kerja Osis Seksi Bidang Olahraga

Nah untuk mempermudah juragan dalam membuat program kerja maka pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan beberapa contoh program yang bisa juragan laksanakan.

Adapun program tersebut antara lain: 15 Tugas Wakil Ketua Osis Yang Perlu Diketahui

Turnamen Futsal Antar Kelas

Program kerja pertama yang bisa juragan lakukan adalah mengadakan turnamen futsal antar kelas di sekolah, tentu kegiatan ini akan lebih pas jika dilakukan pada saat kenaikan kelas atau saat agustusan.

Kompetisi Bulu Tangkis Sekolah

Selanjutnya program yang bisa juragan agendakan adalah bulu tangkis sekolah, adapun yang menjadi peserta bisa antar siswa atau semua elemen yang ada di sekolah seperti guru dan admin sekolah.

Pelatihan Renang untuk Siswa Pemula

Olahraga renang menjadi salah satu olahraga yang memiliki manfaat yang besar, jika juragan menjadi anggota osis khususnya bidang olahraga maka mengadakan pelatihan renang menjadi salah satu hal yang bisa dicoba dengan catatan di sekolah ada kolam renang atau dekat dengan tempat pemandian.

Hari Olahraga Sekolah (HOS) dengan berbagai jenis perlombaan

Jika juragan ingin mengadakan lomba secara serentak maka menggelar kegiatan HOS ini sangat penting, selain bertujuan untuk menyeleksi bakat siswa kegiatan ini juga bisa menjadi alat untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.

Turnamen Bola Basket 3-on-3

Selain itu, jika di sekolah juragan mayoritas siswa menyukai olahraga Basket tentu menyelenggarakan kegiatannya menjadi kewajiban bangi juragan sebagai anggota pengurus osis.

Pelatihan Yoga dan Meditasi untuk Siswa

Yoga adalah salah satu cabang olahraga yang melatih siswa untuk tenang dan sabar. Jadi sangat cocok jika juragan membumikan olahraga yoga di sekolah.

Kompetisi Lari 5K atau 10K

Kegiatan yang tak kalah pentingnya adalah mengadakan lomba lari antar siswa, terlebih saat masuk pada bulan agustus, tantu lomba ini sangat cocok jika diadakan oleh juragan.

Program Jalan Sehat Mingguan

Mungkin selain program diatas juragan bisa menjadwalkan agenda olahraga mingguan yakni jalan sehat bersama dengan semua pengurus osis. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kekompakan juga bisa menyehatkan tubuh dan mental pengurus osis.

Perayaan Hari Olahraga Nasional

Merayakan hari olahraga nasional sangat cocok jika kita sambut dengan beberapa lomba yang dilakukan oleh osis. Untuk jenis lomba juragan bisa memilih salah satu saran yang telah mimin bagi diatas.

Kompetisi Tenis Meja Sekolah

Kompetensi tenis meja ini biasa akan sangat cocok jika diikuti oleh para guru, namun tidak menutup kemungkinan siswa juga tertarik dengan lomba ini.

Pemeliharaan Lapangan Olahraga Sekolah

Program yang tak kalah pentingnya adalah melaksanakan pemeliharaan lapangan sekolah, seperti melakukan bersih-bersih lapangan dan kegiatan lainnya.

Program Donasi Alat Olahraga untuk Siswa Kurang Mampu.

Sebagai warga indonesia yang baik kita harus menjadi pelopor dalam membantu sesama terlebih saat membantu teman kita yang kesulitan ekonomi, seperti melakukan open donasi untuk membeli perlengkapan olahraga.

Turnamen E-sport atau Mobile Legends.

Sekarang ini dunia digital sudah sangat marak, mimin jamin hampir semua siswa tahu yang namanya game mobile legend, nah oleh karena itu alangkah lebih baiknya jika juragan menggelar lomba mobile legends

Pelatihan Pencak Silat atau Taekwondo.

Menguasai ilmu bela diri menjadi suatu hal yang wajib kita lakukan, nah mengadakan pelatihan pencak silat atau taekwondo menjadi salah satu hal yang tepat.

Program Senam Pagi untuk Siswa dan Guru.

Sebelum melaksanakan proses belajar mengajar alangkah lebih baiknya jika semua siswa dan guru olahraga bersama terlebih olahraga senam, namun mimin sarankan ini berlangsung sekitar 1 minggu sekali. 

Kompetisi Renang Antar Sekolah

Mengadakan lomba jika hanya lingkup sekolah mungkin biasa, jika juragan suka hal yang menantang mimin sarankan untuk mengadakan lomba yang diikuti oleh berbagai manca sekolah seperti lomba renang misalnya.

Pemilihan dan Pelatihan Tim Sepak Bola Sekolah.

Jika sekolah juragan tidak memiliki tim yang solid atau timnya belum dibentuk, alangkah lebih baiknya jika juragan bersama dengan guru olahraga membuat tim dengan cara menyeleksi siswa yang hobinya sama.

Penyelenggaraan Acara Fitness dan Kesehatan.

Mengadakan acara fitnes dan kesehatan juga dapat juragan lakukan, hanya saja biasanya ini agak sedikit kesulitan terkait alat.

Program "Olahraga Sehat" dengan Seminar Kesehatan dan Nutrisi.

Selain program kesehatan secara langsung, juragan juga bisa mengadakan seminar, contoh seminar dengan tema olahraga sehat.

Akhir Kata

Itulah contoh program kerja organisasi bidang olahraga yang bisa mimin bagikan untuk juragan, tentu saja semua program yang akan juragan pilih harus disesuaikan dengan kebutuhan dan fasilitas sekolah.

Teruslah belajar berorganisasi, karena dengan belajar engkau akan menjadi orang yang terus berkembang. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam menyusun program kerja bidang olahraga osis.

Saya adalah Saya