6 Langkah menemukan Potensi Diri, Untuk Hidup Lebih Baik

Ilustrasi Orang Bertanya-tanya potensi dirinya


Sebelum anda membaca 6 Langkah Menemukan Potensi Diri Untuk Hidup Lebih Baik, silahkan terlebih dahulu anda mengambil alat tulis. 


Sudah anda siapkan? Oke, saya rasa anda orang hebat yang tidak mungkin menolak kebaikan yang sangat bermanfaat untuk diri ini. 


Banyak sekali di sekitar kita yang masih kebingungan menemukan potensi yang terpendam dalam dirinya, jika anda termasuk orang tersebut, jangan khawatir. Silahkan anda terus membaca sub pembahasan ini.


Menemukan potensi diri tidaklah mudah dan tidak terlalu sulit, tergantung kita mau bekerja keras dan sungguh-sungguh atau tidak. 


Kesungguhan kita dalam berupaya menemukan potensi diri dan mengembangkan potensi yang kita miliki  sangatlah berpengaruh terhadap masa depan kita yang lebih baik.


Jika anda menemukan potensi diri maka anda akan sukses, kenapa demikian? Karena orang yang mampu menemukan potensi dirinya, mereka tahu kelebihan dan kekurangannya. 


Dengan begitu, mereka akan fokus pada kelebihan dan memperbaiki kelemahannya. Bayangkan saja jika setiap hari kita selalu mengasah potensi diri, apakah tidak semakin tajam potensi kita? 


Dan bagi anda yang masih bingung menemukan potensi dirinya silahkan buka buku tulis yang disediakan tadi. Sudah anda buka? 


Oke, kita lanjutkan. Ada beberapa langkah sederhana untuk mengetahui potensi diri kita, dan saya menyimpulkannya ada 6 Langkah sederhana.

Baca Juga : Beranda Dakwah Mengetahui Jenis Potensi Diri dan Contohnya

6 Langkah Menemukan potensi diri

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal silahkan anda membaca sekaligus mengikuti instruksi yang saya berikan

Mengetahui apa yang anda sukai


Langkah pertama untuk menemukan potensi diri adalah mengetahui apa yang kita suka. Silahkan anda catat sesuatu yang anda sukai di dunia ini.  


Tahukah anda, sesutau yang kita sukai akan mendorong hati kita untuk mengerjakannya dengan tekun pantang menyerah, bahkan di kondisi seperti apapun kita akan berupaya melaksanakannya, seperti orang yang suka main sepak bola dia pasti akan mati-matian berupaya main sepak bola meski cuaca sedang hujan.


Potensi diri kita biasanya tersimpan di dalam sesuatu yang kita sukai, kenapa begitu? Karena sesuatu yang kita sukai akan menguras waktu kita untuk melaksanakan tanpa kenal lelah. 


Pertanyaannya sudahkah anda mencatat semua yang anda sukai? Jika sudah, silahkan anda amati dari sekian banyak hal yang anda catat, manakah yang paling dominan merubah hidup anda menjadi pribadi yang lebih baik? 


Jika anda sudah menemukan jawabannya, tugas anda sekarang adalah mengasah sesuatu yang anda sukai dengan sungguh-sungguh. 


Baca Juga : Alasan Mengapa Anda Harus Menemukan Potensi Diri


Mengetahui keahlian
anda


Saya yakin setiap mahluk diciptakan di muka bumi ini lengkap dengan keahliannya masing-masing. Silahkan anda tulis keahlian yang paling dominan yang anda miliki, misalnya anda memiliki keahlian di bidang otomotif, olahraga atau mungkin keahlian anda di bidang bisnis.


Sudah anda catat keahlian anda? Jika sudah. Selamat anda memiliki modal paling berharga untuk menemukan potensi diri anda. Silahkan asah keahlian yang anda miliki lalu poles hingga menghasilkan kesuksesan anda.

 

Baca Juga    : Berfikir Besar Awal Dari Kesuksesan Yang Besar


Kenali sesuatu yang membuat anda nyaman


Langkah selanjutnya menemukan potensi diri adalah mengenali sesuatu yang membuat kita nyaman. Adakah aktivitas yang membuat anda nyaman ketika mengerjakannya? membuat anda mampu betah berlama-lama dengan pekerjaan itu? 


Jika ada, silahkan anda catat lalu asahlah, karena jika kita mengasahnya dengan baik pekerjaan tersebut, bukan tidak mungkin hal itu akan membuka sesuatu yang anda cari selama ini yakni potensi diri anda.

 

Perlu saya tegaskan, yang dimaksud di sini bukanlah sesuatu yang tidak bermanfaat seperti pacaran, nongkrong tidak jelas dan lain sebagainya. 


Namun yang saya maksud adalah sesuatu yang positif yang membuat anda semakin berkembang. Karena sesuatu yang negatif meskipun anda nyaman itu hanya membawa anda pada jurang kehancuran.


Baca Juga    : Setiap Diri Adalah Seorang Pemimpin 

 

Bertanya pada orang terdekat


Pembaca yang budiman, jika anda merasa kesulitan menilai diri sendiri atau anda termasuk orang yang tidak adil menilai diri anda. 


Silahkan anda minta orang terdekat anda untuk menilainya, tanyakan pada mereka potensi apa yang terdapat pada diri anda. apakah semua orang bisa anda minta penilaian? 


Tentu jawabannya tidak. Anda cari orang yang paling dekat yang tahu tentang hidup anda dan orang itu mampu menilai diri anda secara Objektif. 


Janganlah anda protes apa yang disampaikan oleh mereka, karena mereka melihat dari keseharian anda. Namun catat dan renungkan setiap pendapat yang mereka lontarkan.


Baca Juga    :Cara mengenali Perbedaan Seorang Pemenang dan Pecundang, anda yang mana?

 

Temukan sesuatu yang mudah anda kuasai


Setiap diri ini memiliki daya tangkap yang berbeda. Saat saya SMA saya memiliki teman yang sangat sulit memahami pelajaran Matematika tapi sangat pintar pelajaran Bahasa Indonesia adapula yang kesulitan belajar Bahasa Indonesia tetapi menguasai pelajaran Matematika dan ada lagi yang kesulitan menguasai pelajaran yang bersifat teori tetapi sangat cepat menguasai saat diajarkan tehnik bermain sepak bola di lapangan.

 

Silahkan anda renungkan apakah yang membuat anda begitu mudah menguasai sesuatu? Jika anda sudah temukan, silahkan anda tulis di buku yang sudah anda sediakan.  


Kemudian tekuni hal itu. Jika anda merasa begitu mudah menghitung bisa jadi anda calon bendahara yang handal, jika anda begitu mudah belajar ilmu agama bisa jadi anda adalah calon penceramah terkenal.


Baca Juga    : 8 Cara Mengenal Diri , Maka Mengenal Tuhan

 

Mengelompokkan aktivitas


Langkah yang terakhir untuk menemukan potensi diri  adalah mengelompokkan aktivitas harian, mingguan atau bahkan bulanan anda. 


Caranya adalah silahkan anda tulis kegiatan yang anda lakukan di hari ini seperti habis bangun tidur sampai menjelang tidur, lalu koreksi kegitan apakah yang paling sering anda lakukan di hari ini. 


Baca juga    : AYO JADI MAHASISWA ‘KUPU-KUPU’


Lalu kegiatan setiap hari anda kelompokkan menjadi evaluasi mingguan anda dan hasil evaluasi mingguan anda gunakan untuk menjadi bahan evaluasi bulanan anda. 


Dari serangkaian aktivitas tersebut manakah kegiatan yang paling sering menyita waktu anda? Apapun jawaban anda kemungkinan terbesar potensi diri anda terdapat pada hal tersebut.

Jika anda sudah menulis semua petunjuk di atas dari apa yang anda sukai hingga hasil pengelompokan aktivitas. Sekali lagi coba anda lihat hasil keseluruhannya, adakah jawaban yang sama? 

Jika ada, silahkan anda asah hal tersebut karena kemungkinan terbesar potensi yang selama ini anda cari memang terdapat di sana.