Cara membuat Gambar watermark di Ms. Word Tanpa Ribet

Membuat gambar watermark MS. Word - Pernahkah anda membaca sebuah jurnal dan di belakang tulisannya terdapat gambar atau logo yang dijadikan watermark? Jika iya. Apakah anda sekarang tertarik untuk membuatnya?

Baiklah, jika anda ingin membuat dan belum mengetahui caranya maka simak langkah-langkah yang akan saya bagikan ini.

Selain untuk jurnal biasanya gambar watermark ms. Word digunakan untuk keperluan pembuatan proposal, makalah dan lain sebagainya.

Hal itu berfungsi untuk memberikan klaim jika tulisan yang dibuat merupakan hasil dari produk sebuah instansi atau lembaga tertentu.

Selain itu adanya gambar watermark pada tulisan kita akan mempercantik tampilan sehingga akan membuat betah bagi pembaca.

Apa Itu Gambar Watermark Ms. Word?

Seperti biasa sebelum kita ke pembahasan inti yakni cara memberi gambar watermark di Ms. Word alangkah lebih baiknya jika kita pemanasan terlebih dahulu dengan cara memahami apa itu watermark microsoft word serta fungsi penggunaanya.

Watermark merupakan istilah lain dari markah tinta. Istilah ini memiliki arti sebagai sebuah tanda atas kepemilikan pada karya atau dokumen dengan cara dimasukkan pada file tersebut.

Tentu saja tindakan ini bertujuan untuk mempertegas akan hak cipta sebuah dokumen yang dibuatnya. Mimin yakin juragan sudah tidak asing lagi dengan istilah watermark ini.

Fungsi Watermark di Word

Untuk mengetahui fungsinya secara detail mimin akan mengajukan pertanyaan pada juragan dan jawab dengan jujur. Karena jawaban yang juragan lontarkan akan secara otomatis menjelaskan akan fungsi dari adanya tindakan pemberian watermark.

Bagaimana perasaan juragan capek -capek mengerjakan karya, baik dalam bentuk tulisan, foto atau video, tapi tiba-tiba ada orang yang meng klaim jika karya tersebut miliknya, anda marah atau tidak?

Jika juragan sebagai seorang manusia pasti jawabannya akan marah bin mangkel iya kan? Nah adanya watermark pada microsoft word bertujuan untuk melindungi hak cipta, sekaligus sebagai penegas jika file itu adalah milik dari juragan atau instansi yang juragan miliki.

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Watermark

Walaupun memiliki fungsi yang sangat vital namun adanya watermark pada gambar atau dokumen tentu akan ada dampak positif dan negatifnya yang kemudian mimin sebut dengan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Adanya watermark pada karya yang kita buat akan melindungi hal itu dari adanya pencurian yang tidak bertanggung jawab selain itu hal ini bisa menjadi pengenal bagi publik akan pemiliknya sehingga mereka akan lebih menghargai akan jerih payah juragan.

Kekurangan

Untuk kekurangannya sangat beragam salah satunya adalah karya yang kita miliki akan lebih kurang enak dilihat karena terdapat logo atau teks yang kita jadikan watermark. Selain itu walaupun kita sudah memberikan watermark terkadang tidak dapat memastikan karya kita aman dari pencurian, karena biasanya orang melakukan langkah atau cara menghapusnya. Ditambah lagi juragan membutuhkan banyak waktu untuk memasang watermark di dokumen yang dibuatnya.

Nah bagi juragan yang ingin membuat gambar watermark di ms word dengan mudah dan menarik silahkan lanjut membaca postingan yang mimin tulis di bawah ini.

Cara Memberi Gambar Watermark Ms. Word yang Menarik

Berikut akan kami jelaskan cara membuat gambar watermark di Ms. Word yang menarik untuk dilihat.

Baca juga: Cara Cepat Menyalin Tulisan Buku Ke Word Tanpa Mengetik

Buka Tulisan di Ms. Word

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin membuat gambar watermark di Ms. Word adalah pilih salah satu tulisan yang anda ingin kasih gambar watermark di Ms. Word.

Pilih Design

Setelah anda masuk pada lembar kerja Ms, Word selanjutnya silahkan anda pilih menu design yang berada di sebelah kiri atas.

Pilih Watermark

Kemudian silahkan anda pilih watermark yang terdapat di sebelah kanan atas tunggu hingga tampil opsi pilihan pada watermark.

Pilih Custom Watermark

Setelah anda masuk pada opsi pilihan silahkan anda tekan custom watermark yang berada di paling bawah.

Pilih Picture Watermark

Setelah masuk ke opsi berikutnya silahkan anda Picture watermark kemudian pilih gambar yang didinginkan dengan cara mengklik select picture.

Kemudian yang harus anda lakukan adalah menentukan besar  kecilnya gambar yang diinginkan dengan cara ketik angka sesuai keinginan, tapi jika anda tidak ingin ribet silahkan pilih auto pada kolom scale setelah setingan selesai kemudian klik ok.

Akhir Kata

Demikianlah postingan mimin tentang cara membuat gambar watermark MS. Word tanpa harus ribet yang bisa mimin bagikan, Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan MS. Word.

Untuk bisa mempraktikan ini anda harus melakukannya secara langsung dengan cara membaca dan menerapkannya di laptop milik anda. Jangan lupa pantau terus situs kesayangan kita yakni juraganbaca.com.