Indikator Aspek Administrasi Laporan Keuangan dan Akuntansi BUM Desa

Bumdes yang sehat adalah bumdes yang laporan keuangannya jelas dan dilakukan secara berkala. Maka dari itu hal ini penting untuk...

Bumdes yang sehat adalah bumdes yang laporan keuangannya jelas dan dilakukan secara berkala. Maka dari itu hal  ini penting untuk dijadikan penilaian dalam pemeringkatan BUM Desa.

Tentu saja kita sebagai Pelaksana operasional wajib menyiapkan laporan berkala (Laporan Semesteran dan Tahunan) yang memuat pelaksanaan rencana program kerja BUM Desa/BUM Desa bersama.

Jika anda tidak melakukan hal ini akan ada dua kemungkinan. Pertama, Melakukan pelanggaran. Kedua, BUM Desanya tidak jalan hehe.

Indikator Aspek Administrasi Laporan Keuangan

Indikator Aspek Administrasi Laporan Keuangan dan Akuntansi
 Indikator Aspek Administrasi Laporan Keuangan dan Akuntansi

Adapun yang menjadi Indikator dalam aspek AdministrasiLaporan keuangan dan akuntansi adalah : 

1. Laporan Semesteran

 laporan semesteran pelaksanaan pengelolaan Usaha BUM Desa/BUM Desa Bersama untuk diajukan kepada penasihat dan pengawas.

2. Laporan Tahunan 

Dalam laporan tahuanan sudah ditelaah oleh pengawaspenasihat dan pengawas bumdes/Bumdesma

3. Tersedia media untuk menampung masukan 

Dalam konteks ini yang tersedia diantaranya adalah testimoni, keluhan, pengaduan dan saran. Hal itu dilakukan dengan mekanisme penerimaan masukan.

Demikianlah indikator administrasi laporan keuangan dan akuntansi yang bisa saya berikan semoga bermanfaat dan semoga BUM Desanya bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Baca juga: 

Saya adalah Saya