Cara Memilih LCD HP Terbaik Menurut Tukang Service

“Memilih lcd hp tidak boleh sembarangan mas” itulah nasehat yang dilontarkan oleh tukang service hp ketika saya sedang menyervis hp...

Memilih lcd hp tidak boleh sembarangan mas” itulah nasehat yang dilontarkan oleh tukang service hp ketika saya sedang menyervis hp adik saya yang sudah retak layarnya.

Menurutnya jika kita menggunakan lcd hp dengan kualitas biasa, kemungkinan retak dan rusak kembali sangat besar. Kemudian saya bertanya kepadanya Bagaimana cara kita memilih lcd hp yang terbaik?

Mendengarkan pertanyaan itu ia tersenyum kemudian berkata “Ada banyak hal yang harus kita ketahui sebelum mengganti lcd” belum selesai menjawab ia pergi mengambil beberapa LCD yang dimilikinya.

Jenis LCD Hp yang Umum Digunakan

Cara Memilih LCD HP Terbaik Menurut Tukang Service
Memilih LCD HP Terbaik 

Sebelum ia menerangkan tentang merek lcd yang dipegangnya, Tukang service itu berkata jika ada banyak jenis lcd yang biasa digunakan sekarang.Dari perkataannya dapat saya rangkum seperti ini:

Ada 5 jenis LCD yang umum digunakan oleh para pengguna hp di antaranya TFT-LCD, TPS-LCD, AMOLED, OLED dan Super AMOLED.

Karena penasaran saya bertanya kepada tukang service, apa yang membedakan jenis lcd tersebut? Dengan sopan dia menjawab dan menjelaskan tentang jenis lcd yang disebutnya

Jadi seperti ini mas,  TFT-LCD itu singkatan dari Thin Film transistor liquid Crystal Display jenis lcd ini sangat umum digunakan untuk mengontrol aliran cahaya lcd ini menggabungkan transistor dengan menggunakan kristal cair dan membentuk gambar.

Kedua IPS-LCD, IPS itu bukan kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan Sosial lo mas ucapnya sembari tertawa. IPS itu kepanjangan dari In Plane Switching, LCD ini jika dibandingkan dengan TFT-LCD lebih baik dari segi sudut pandang yang lebih luas serta memiliki warna warna yang lebih akurat.

Ketiga AMOLED, jika dibandingkan dengan dengan TFT-LCD dan IPS-LCD. AMOLED kontras warnanya lebih tinggi dengan warna hitam yang lebih dalam.

Keempat OLED, sama halnya dengan AMOLED, LCD ini menggunakan material organik untuk membentuk gambar. dan kelebihannya hampir sama dengan AMOLED.

Kelima Super AMOLED, Jika kita mengamati dari bahasa yang digunakan kata super berarti lebih baik. yang berarti lcd super amoled akan lebih baik dibandingkan dengan lcd amoled biasa.

Baca juga: Cara Membuat X Banner di Canva Agar Tidak Pecah

Rekomendasikan Merek LCD HP Terbaik

HP retak

Setelah panjang lebar menjelaskan tentang jenis lcd kemudian ia menjelaskan tentang merk lcd hp yang dipegangnya.

1. Merek LCD Crown

Bagi anda yang memiliki kantong tipis namun ingin memperbaiki hp yang lcd-nya retak maka merek ini sangat cocok bagi anda, harganya yang murah di kisaran  100 ribu sampai 250 ribuan saja. 

Menurut tukang service sebelum kita memutuskan untuk menggunakan lcd ini alangkah lebih baik jika kita mencoba terlebih dahulu karena biasanya ada beberapa lcd yang kualitasnya perlu dipertanyakan.

Baca juga: Cara Membuka file Corel Beda Versi Secara Online

2. Diamond 

Jika anda mencari merek hp yang kualitasnya lebih baik daripada crown maka jawabannya ini mas, ucapnya sembari menunjuk lcd merk diamond tersebut.

Harganya sebenarnya beda tipis dengan merk crown, tergantung dari jenis hp yang ingin diganti lcd-nya.

Baca juga: Cara Cek Hp Infinix Asli atau Palsu Bagi Orang Awam

3. Merek Y8

Merek selanjutnya yang saya rekomendasikan untuk anda adalah y8. Merek ini terbilang sangat bagus jika dibandingkan dengan merek sebelumnya.

Bagi anda yang ingin menggunakan merek ini anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 200 ribu sampai 400 ribu saja.

4. Merek LCD Hp N8

Jika anda tidak cocok dengan merek y8 anda bisa menggunakan merek N8, LCD merk ini memiliki kualitas yang sama baiknya seperti merek y8. Harganya juga relatif sama yakni 200 ribu sampai 400 ribuan saja.

5. Merk LF

Merk terakhir yang saya rekomendasikan untuk anda adalah LF,  menurut cerita tukang service merek ini hampir tidak pernah mengalami kerusakan setelah melakukan penggantian LCD.

Walau secara kualitas merek ini memiliki pixel dan dip yang sama seperti merek y8 dan N8 dengan pesona contras dan kualitas lebih baik.

Baca juga: Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk Tanpa Ribet

Cara Memilih LCD Terbaik dan Bagus

Lcd hp terbaik

Setelah orang tersebut bercerita tentang merek yang terbaik selanjutnya saya bertanya kepadanya bagaimana cara memilih LCD Hp yang baik dan bagus?

Mendengar pertanyaan ini, dia balik bertanya kepada saya “kenapa mas, mau jadi tukang service juga ta?” Ucapnya dengan nada bercanda.

Setelah saya menjelaskan tujuan saya bertanya ia pun melanjutkan penjelasannya sembari menjawab pertanyaan yang saya ajukan.

menurut cerita yang disampaikan, untuk memilih lcd yang baik kita harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya.

Baca juga: Cara Edit Foto Ganti Wajah Orang Lain Online Tanpa Aplikasi

1. Memperhatikan ukuran layar hp

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat ingin membeli lcd atau layar hp adalah mengetahui ukuran layar hp anda. Jangan sampai anda salah memilih terkait hal ini.

2. Resolusi 

Selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli lcd hp adalah melihat resolusi layar hp anda, semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus hasil gambar yang ditampilkan.

3. Mengetahui teknologi layar

Selanjutnya yang harus anda ketahui dan anda perhatikan sebelum membeli lcd hp adalah teknologi yang digunakan oleh lcd tersebut, untuk hal ini saya sarankan anda menggunakan OLED atau AMOLED.

4. Selanjutnya Lihat dan perhatikan kerapatan pixel nya

Perlu anda ketahui, jika anda ingin memiliki layar hp yang bagus dengan tampilan gambar dan video yang jernih maka carilah yang memiliki kerapatan pixel yang tinggi.

5. Harga LCD

Selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli lcd hp adalah harga yang ditawarkan, jangan sampai anda bawa uang pas-pasan namun ingin membeli yang kualitasnya super.

Tapi jika anda memiliki uang lebih, maka saya sarankan anda membeli merek yang terbaik supaya hasilnya lebih memuaskan.

Baca juga: Cara Mudah Merubah Warna Baju Online di Google

6. Merk LCD

Poin yang tak akalah pentingnya yang harus anda pertibangkan sebelum membeli lcd adalah merk. Sesuai yang saya paparkan di atas silahkan anda pilih salah satu merk yang sesuai dengan kantong dan keinginan kalian.

Menurut tukang service tersebut jika anda kesulitan dalam memahami hal itu lebih baik pasrahkan pada tukang service dengan memberi tahu baget keuangan yang siap anda bayarkan.

Setelah pertanyaan sudah selesai dijawab kemudian saya tertarik untuk pamit pulang, Namun sebelum saya beranjak dari tempat, tukang service hp itu memanggil dan menyampaikan hati-hati kalau mau beli lcd khawatir keliru sama yang kw bukan yang asli.

Mendengar kalimat itu saya tertarik untuk bertanya kembali, bagaimana cara mengetahui LCD hp asli atau palsu.

Baca juga: Cara Menampilkan Layar HP Vivo di Laptop Tanpa Kabel

Memahami LCD Hp asli dan KW

Mendengar pertanyaan saya, dia menjawab dengan penuh semangat. Menurutnya jika kita ingin membeli lcd hp yang orisinil kita harus membelinya di service center resmi sesuai dengan hp yang anda miliki.

Jika hp anda merk samsung maka pergi ke samsung dan begitu seterusnya. Namun urusan harga tentu saja berbeda dengan lcd yang beredar di pasaran. Biasanya harganya berkisaran 1 jutaan rupiah.

Jika anda bertanya apa yang membedakan antara lcd original dengan lcd kw maka jawaban kurang lebih seperti ini:

1. Harga LCD

bagi anda yang ingin membeli lcd hp orisinil tentu saja anda harus mengeluarkan uang yang lebih besar, karena harganya pasti lebih mahal dibandingkan lcd hp yang kw.

2. Waktu Pemakaian

Bagi anda yang menggunakan lcd kw biasanya waktu pemakaiannya relatif pendek. Sedangkan jangka waktu lcd orisinil lebih lama dan lebih awet jika anda gunakan.

3. Kualitas LCD

Selanjutnya yang membedakan antara keduanya adalah kualitas yang dimiliki, jika lcd yang anda gunakan adalah yang orisinil maka kualitaskan akan lebih baik dari pada yang kw. 

Setelah menjelaskan hal itu saya kemudian pamit pulang untuk yang kedua kalinya, dari penjelasan tukang service tersebut akhirnya saya memahami cara memilih lcd hp terbaik dengan mudah.

Cerita itu akhirnya saya rangkai menjadi sebuah tulisan sebagaimana yang telah anda baca ini. Semoga bermanfaat dan semoga awet lcd yang akan anda beli nantinya.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa informasi seputar cara memilih LCD hp terbaik menurut tukang service yang ahli dibidangnya. Tentu informasi ini akan sangat bermanfaat bagi juragan yang sedang ingin membeli lcd hp.

Semoga postingan mimin ini terus  bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam memilih merk lcd hp yang paling bagus.

Saya adalah Saya