5 Cara Mengatasi Gagal Mengunduh Gambar di WhatsApp

Gagal Mengunduh Gambar di WhatsApp - Disaat anda sedang rindu dengan kekasih atau sanak saudara, kemudian anda memintanya mengirim gambar sebagai pelebur rasa, namun gambar yang dikirim ke Whatsapp gagal dan tidak bisa di unduh. Bagaimana perasaanmu?

Tak perlu anda jawab, karena mimin bertanya hanya basa-basi saja. Mimin tahu perasaan anda pasti mangkel, darah naik hingga ke ubun-ubun dan lain sebagainya hehe.

Namun setelah anda mengklik tulisan ini, semua rasa itu akan segera hilang dan lenyap dari muka bumi ini, Kenapa demikian? Karena mimin akan membagikan tutorial  mengatasi gagal mengunduh gambar di Whatsapp.

Namun sebelum kita membahas lebih jauh anda harus tahu apa penyebab gagal mengunduh file di Whatsapp.

Baca juga: Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa GbWhatsApp

Penyebab Gagal Mengunduh Gambar di WA

Cara Mengatasi Gagal Mengunduh Gambar di  WhatsApp
Cara Mengatasi Gagal Mengunduh Gambar di  WhatsApp

Perlu tidak mimin jelaskan terkait ini? Jika perlu akan mimin teruskan. Bagaimana?  Dari cara anda diam sudah jelas jika pembahasan ini sangat anda butuhkan hehe.

Sebenarnya terdapat banyak faktor yang menyebabkan kita selalu gagal mengunduh gambar atau video yang orang lain kirimkan pada kita melalui aplikasi whatsApp.

Adapun penjelasannya sebagai berikut ini

1. Memori anda penuh

Alasan yang sering terjadi kenapa wa tidak dapat mengunduh karena tidak ada penyimpanan internal. Mungkin karena terlalu banyak file sampah dan gambar yang tidak diperlukan masih ada di memori anda.

2. File sudah kadaluarsa

Penyebab selanjutnya adalah file sudah kadaluarsa, biasanya orang yang mengirim file dalam waktu yang lama dan belum anda download, sehingga menyebabkan file kadaluarsa dan tidak bisa anda unduh di wa.

3. Koneksi Internet yang tidak stabil

Hal yang perlu dipastikan sebelum mengambil langkah tertentu saat gagal mengunduh gambar di whatsApp android adalah memastikan jaringan di lokasi anda stabil dan tidak dalam gangguan. Atau jangan-jangan anda tidak punya kuota hehe.

4. Tanggal dan waktu tidak diatur dengan benar.

Penyebab yang biasanya jarang orang sadari adalah tanggal dan waktu yang tidak diatur dengan benar di telepon. Jika ini dibiarkan maka anda tidak akan bisa masuk ke server whatsapp untuk mengunduh gambar, video dan file lain yang ada. 

5. Whatsapp tidak diperbaharui

Coba anda pastikan apakah whatsapp yang anda pakai merupakan aplikasi versi lama atau versi terbaru? Jika anda masih menggunakan versi lama maka kemungkinan yang menyebabkan gagal mengunduh dan wa tidak bisa kirim dokumen.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka dan Keluar Sendiri

Langkah-langkah Mengatasi Gagal Mengunduh Gambar di Whatsapp

Gagal Mengunduh Gambar di  WhatsApp
 Gagal Mengunduh Gambar di  WhatsApp

Ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalah tersebut, namun sebelum memutuskan langkah tertentu silahkan anda pastikan apa yang menjadi penyebabnya.

1. Hapus file di WA dan Android

Jika gagal mendownload gambar atau video adalah karena penyimpanan tidak cukup, silahkan anda hapus file yang ada di memori internal atau di kartu SD yang ada di hp anda.

Selain menghapus file melalui  memori internal anda juga melakukannya melalui aplikasi whatsapp sendiri dengan cara:

Buka aplikasi whatsapp>pilih titik tiga (pojok kanan atas)> Setelan > Penyimpanan dan Data> Kelola penyimpanan> Hapus file yang tidak dibutuhkan.

2. Minta Dikirim Ulang

Jika yang menjadi penyebab adalah file sudah kadaluarsa, sedangkan anda tidak dapat mengunduh silahkan minta untuk dikirim ulang.

Jika file kirimnya melalui grub, anda memiliki opsi lebih banyak yakni meminta orang yang sudah mengunduh untuk mengirimkan untuk anda.

3. Pindah ke lokasi atau Ganti Kartu

Bagi anda yang memiliki jaringan kurang stabil silahkan anda cari tempat yang mendukung untuk mengunduh gambar dan file lain yang anda butuhkan.

Saran mimin beli kartu provider yang jaringannya dapat dijangkau dari lokasi anda. Jangan terpengaruh iklan murah dan lain sebagainya. Buat apa juga kuota murah tapi tidak bisa dipakai, iya kan?

Tapi jika alasannya anda tidak punya kuota yang ingin mengunduh. Iya kerja dan gajinya buat beli paketan hehe.

4. Setel Ulang Pengaturan Ponsel

Gagal mengunduh dari wa ke memori internal telepon juga bisa disebabkan oleh pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai, untuk mengatasi hal ini anda haya perlu melakukan langkah berikut ini.

Masuk ke pengaturan telepon>sistem>tanggal dan waktu> kemudian atur sesuai dengan waktu sekarang.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Play Store

5. Update Aplikasi WhatsApp

Jika langkah di atas sudah dilakukan, namun masih belum bisa mengunduh gambar di whatsapp. Silahkan anda update aplikasi whatsApp ke versi terbaru di hp anda.

Caranya bisa anda lakukan melalui google play store, app store dan website resmi whatsApp.

Setiap penyebab memiliki cara penyelesaiannya masing-masing. Jika cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah anda. Itu artinya anda butuh memperbaharui sistem ponsel anda kemungkinan hp anda sudah tidak bisa mendukung whatsApp dengan versi terbaru. 

Demikianlah pemaparan dari mimin terkait cara mengatasi gagal mengunduh gambar di whatsApp dengan mudah dan simpel. Semoga bermanfaat jika tidak bermanfaat itu artinya anda tidak membaca tulisan ini hehe.