Cara Mudah Menemukan Potensi Diri Untuk Meraih Sukses

Menemukan Potensi Diri

Apa potensi yang anda miliki?

Jujur, banyak sekali orang yang kesulitan menjawab pertanyaan ini, walau pertanyaannya sederhana tapi membutuhkan jawaban yang benar-benar tepat dan sesuai dengan potensi diri yang kita miliki, sehingga membuat banyak orang kesulitan menjawabnya.

Namun tenang sobat, pada tulisan kali imi saya akan memaparkan bagaimana cara mudah menemukan potensi diri untuk meraih sukses.

saya berharap anda ketika membaca tulisan ini jangan di skip-skip karena akan menyulitkan anda menemukan potensi diri yang sedang anda cari selama ini.

Apa Itu Potensi Diri?

Pengertian Potensi Diri

Sebelum kita masuk kepembahasan inti, perlu kita ketahui apa itu potensi diri, potensi diri berasal dari dua kata yaitu potensi dan diri.

Kata potensi berasal dari bahasa Ingris yaitu potency yang memiliki dua arti pertama, kesanggupan; tenaga, kedua, kekuata, kemungkinan.

Sedangkan kata diri memiliki arti jiwa dan raga seseorang yang menyangkut dirinya sendiri.
potensi diri menurut Endra K Pihadhi, potensi adalah kemampuan, energi, atau kemampuan yang terpendam yang dimiliki yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Menurut Sri Habsari potensi diri adalah kemampuan atau kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dan ditunjang dengan sarana yang baik.

Dari kedua pendapat tersebut dapat kita simpulkan potensi diri merupakan kekuatan dan kemampuan seseorang yang masih terpendam dan bisa dikembangkan dengan cara mengasahnya sehingga dapat diwujudkan dalam bentuk nyata.

Tips Mencari dan Memaksimalkan Potensi diri

Daftar Isi
Mengetahui Alasan Menemukan Potensi Diri

Mengetahui Jenis-jenis Potensi Diri

Langkah-langkah Menemukan Potensi Diri

Jangan Meremehkan Potensi Diri

Tentukan Tujuan Hidup Anda

Singkirkan Penghalang Sukses

Menata Pola Fikir

Mengetahui Alasan Menemukan Potensi Diri

Sebenarnya anda sendiri sudah bisa memberi alasan kenapa harus menemukan potensi diri yang kita miliki.

Bukannya begitu? Namun jika anda masih kebingungan mencari alasan. Saya akan mencoba memberi sedikit alasan kenapa anda harus menemukan potensi dirinya.

Jika anda menemukan potensi dirinya anda dapat dengan mudah menentukan tujuan hidup anda, selain itu menemukan potensi diri juga akan mempermudah anda membangkitkan motivasi diri.

Selanjutnya, Menemukan potensi diri akan membuat anda menjadi orang yang lebih tekun dan tidak mudah menyerah.

Untuk alasan yang terakhir menemukan potensi diri adalah cara terbaik menghargai diri anda sendiri.

Baca Selengkapnya : Alasan Mengapa Anda Harus Menemukan Potensi Diri

Mengetahui Jenis-jenis Potensi Diri

Setiap diri terlahir dengan potensinya masing-masing. Jadi, setiap orang memiliki potensi yang sangat beragam.

Satu orang pandai bermain sepak bola, belum tentu bisa bermain bulu tangkis, sedangkan orang yang pandai bermain bulu tangkis belum tentu bisa bermain bola volly dan begitu seterusnya.

Namun pada tulisan ini saya akan menjelaskan tentang potensi secara umum yang dimiliki oleh manusia yaitu potensi raga dan potensi Qalbu.

Baca Selengkapnya: Mengetahui Jenis Potensi Diri dan Contohnya

Langkah-langkah Menemukan Potensi Diri

Setelah kita mengetahui tentang jenis-jenis potensi diri selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengetahui langkah-langkah untuk menemukan potensi yang kita miliki.

Mengetahui jenis potensi diri merupakan teori dedangkan langkah-langkah menemukan potensi diri adalah bentuk usaha yang kita lakukan

Ketika usaha kita sudah sesuai maka kita akan dengan mudah menemukan potensi yang kita cari selama ini,

Untuk mengetahui langkah-langkah potensi diri silahkan anda baca selangkapnya di tulisan ini: Langkah menemukan Potensi Diri, Untuk Hidup Lebih Baik

Jangan Meremehkan Potensi Diri

Setelah kita menemukan potensi diri kita, sikap yang harus kita tunjukkan adalah rasa yakin dan penuh percaya diri terhadap potensi diri kita.

Jangan sampai anda malah meremehkan potensi diri anda. Karena ketika anda meremehkan potensi diri yang dimiliki maka anda akan lebih kesulitan untuk menentukan masa depan.

Baca selengkapnya : Cara Tidak Meremehkan Potensi Diri

Tentukan Tujuan Hidup Anda

Sikap paling tepat ketika kita menemukan potensi diri adalah menentukan tujuan hidup sesuai dengan potensi yang kita miliki.

Ketika impian atau tujuan hidup yang kita tatapkan sesuai dengan kemampuan dan kekuatan kita maka saya yakin anda akan mati-matian untuk mencapainya.

Namun menentukan tujuan hidup janganlah sembarangan dan usahakan tujuan yang anda tetapkan bersifat abadi dan jangka panjang.

Untuk cara menentukan tujuan hidup silahkan anda baca selengkapnya di:Cara Menentukan Tujuan Hidup Dan Cara Meraihnya

Singkirkan Penghalang Sukses

Setelah kita menenukan tujuan hidup dan kita sudah berkomitmen untuk meraihnya ada beberapa hal yang terkadang hadir sebagai penghalang untuk meraih kesuksesan.

Penghalang sukses kita bisa berupa dua hal yakni ssuatu yang berada dalam diri kita, seperti rasa malas, kurang percaya diri, takut mengambil resiko dan lain sebagainya.

sedangkan penghalang sukses yang hadir dari luar diri kita bisa berupa lingkungan yang kurang baik, doktrin dari orang yang salah dan lain sebagainya.

Baca selanjutnya: Cara menyingkirkan Duri Penghalang Kesuksesan

Menata Pola Fikir 

Selain menyingkirkan penghalang kesuksesan kita ada langkah yang harus kita lakukan supaya semuanya berjalan dengan lancar yaitu menata pola fikir.

Pola fikir orang yang sempit saya ibaratkan seperti rantai gajah. yang mana jika se ekor gajah di ikat dengan rantai dalam waktu lama maka rantai itu akan terus menghantui fikirannya.

Walau rantai itu sudah dibuka sang gajah akan tetap berfikir jika kakinya masih terikat oleh rantai sehingga dia akan memilih pasrah tanpa berbuat apa-apa.

Saya rasa banyak di sekitar kita orang yang memiliki pola fikir sempit ini yang merasa hidupnya sudah final dan tidak bisa menjadi apa-apa.

Baca selengkapnya : Cara Mengenal 'Rantai Gajah' Yang Membuatmu Sulit Sukses